USB 4: Apa Saja Yang Perlu Diketahui?

Generasi baru USB akan lahir. USB Promoter Group belum lama ini mengumumkan standar baru untuk USB, yaitu “USB 4”, yang mungkin akan dirilis akhir tahun ini. USB 4 menawarkan kecepatan transfer yang lebih cepat, manajemen penyimpanan video yang lebih baik, dan kompatibilitas opsional dengan Thunderbolt 3.

“Tujuan utama USB 4 adalah untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dengan menggabungkan data, tampilan, dan pengiriman daya melalui kabel dan konektor yang user friendly dan kuat,” kata Brad Saunders, Ketua USB Promoter Group.

Samapi saat ini tipe USB yang ada adalah versi USB 3.2, dua jenis tipe USB 3.1 dan sejumlah tipe konektor lainnya. Jadi suatu gagasan tentang standar baru USB mungkin sebuah terobosan yang luar biasa. 

USB 4 ini diklaim dapat meningkatkan kecepatan transfer data hingga 40 Gbps. Sebenarnya kecepatan 40 Gbps itu telah tersedia bagi pengguna Thunderbolt 3 selama beberapa tahun belakangan. Spesifikasi USB 4 lengkap akan dipublikasikan pada paruh kedua tahun ini, tetapi kemungkinan belum ada perangkat yang menggunakan teknologi itu pada satu setengah tahun ke depan.

USB 4

Standar USB 4 yang baru akan memiliki tiga manfaat utama yaitu:

  • Kecepatan Maksimum mencapai 40 Gbps: Dengan menggunakan kabel dua jalur, beberapa perangkat akan dapat beroperasi hingga 40 Gbps, kecepatan yang mirip dengan Thunderbolt 3.
  • Kompatibel dengan perangkat Thunderbolt 3: Tidak semua implementasi tipe USB ini juga akan bekerja dengan perangkat Thunderbolt 3, tetapi hanya sebagian saja.
  • Alokasi Sumber Daya yang Lebih Baik untuk Video: Jika menggunakan port USB 4 untuk mentransfer video dan data pada saat yang sama, port akan mengalokasikan bandwidth yang sesuai. 

Menggunakan Port Tipe-C

Ini sebenarnya sudah tak terbantahkan lagi, USB 4 hanya akan beroperasi melalui model konektor tipe-C. Jangan berharap melihat perangkat atau hub USB 4 dengan port tipe selain C. Karena standar baru pengiriman data yang cepat hanya berfungsi pada port Tipe-C.

Tiga Kategori Kecepatan USB 4

Meskipun diklaim dapat mencapai kecepatan hingga 40 Gbps, namun tidak semua perangkat USB atau host akan mendukung standar itu. Saunders mengatakan bahwa akan ada tiga kategori kecepatan: 10 Gbps, 20 Gbps, dan 40 Gbps.

Diharapkan perangkat yang lebih kecil dan lebih murah seperti smartphone dan Chromebook untuk menggunakan salah satu kecepatan yang lebih rendah. Sedangkan untuk PC atau laptop mungkin bisa menggunakan kecepatan yang maksimal.

Hebat dalam Berbagi Bandwidth Antara Video dan Data

USB ini diklaim memiliki kemampuan untuk secara dinamis menyesuaikan jumlah sumber daya yang tersedia saat kita mentrasfer video dan data melalui koneksi yang sama. Misalnya saja umpan video membutuhkan sekitar 12,5 Gbps. Dalam hal ini, USB 4 akan mengalokasikan sisa 27,5 Mbps ke drive cadangan.

Spesifikasi USB 3.x saat ini tidak memberikan cara yang baik untuk membagi sumber daya. Sehingga kekurangan itu coba dijembatani dengan adanya USB 4.

“Dengan USB SuperSpeed, kami tidak memiliki cukup fleksibilitas dalam arsitektur yang benar-benar bisa mengelola dua bandwidth [data dan video] yang berbeda tersebut secara bersama-sama dengan satu konektor,” kata Saunders.

Kompatibel dengan tipe USB sebelumnya

USB 4 diklaim tetap akan kompatibel dengan perangkat dan port USB 3 dan USB 2. Namun Perangkat USB 4 tidak akan dapat mentransfer maksimal pada 40 Gbps dikoneksikan ke port USB 3.2 dan port USB 2.

Kabel Lama Akan Bekerja Lebih Maksimal

Dengan adanya USB 4, kinerja kabel USB yang kita gunakan akan mencapai titik maksimalnya. Misalkan kita memiliki kabel USB 3.1 dengan kecapatan 5 Gbps, maka kecepatan 5 Gbps akan tergunakan sepenuhnya.

Biaya Pembuatan yang lebih tinggi daripada USB 3.2

Kendala lain dari tipe USB ini adalah adanya biaya tambahan untuk memproduksi USB 4 ini. Untuk membuat tipe USB 4 memerlukan komponen yang lebih mahal daripada USB saat ini yaitu USB 3.2.

“Saya pikir ini tidak akan semurah teknologi SuperSpeed ​​dalam hal biaya material aktual untuk pengembang produk,” kata Saunders. Saunders juga menambahkan bahwa ia berharap biaya produksi bisa turun kedepannya. Well, dengan harga yang mungkin cukup mahal bisa jadi implementasi awal tipe USB ini hanya akan ada di PC atau Laptop kelas atas dulu.

baca juga: 4 Langkah Optimalisasi Website

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak yang belum kita ketahui tentang USB 4. Spesifikasi resminya saja mungkin akan dirilis pada kuartal empat tahun 2019. Jadi untuk implementasi ke perangkat mobile, PC, atau notebook akbisa jadi akan ada di akhir tahun 2020, atau malah di tahun 2021 dan seterusnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *