Tips Agar Produktivitas dan Fokus Terjaga

Kemampuan manusia untuk tetap fokus dan menyelesaikan tugas dengan lancar sama pentingnya dengan menghirup oksigen. Karena udara segar diperlukan agar kita hidup, fokus yang kuat sangat diperlukan untuk memastikan bisnis dan kehidupan kita tumbuh dan tujuan kita tercapai. Kemampuan untuk fokus secara langsung memengaruhi masa depan kesuksesan kita.

Contohlah semua orang yang sukses dan Kuasailah seni untuk selalu fokus pada setiap pekerjaan yang dikerjakan. Yang paling penting adalah bisa memahami, kecuali jika Anda tidak selesai dengan satu pekerjaan, jangan pindah ke pekerjaan lain sebelum selesai. Ketika satu pekerjaan belum selesai, bagaimana bisa pekerjaan lain dimulai? Jika filosofi dasar ada di benak kita, pastinya kita akan semakin dekat dengan tujuan kita.

Tips Agar Produktivitas & Fokus Terjaga

Tetapi kita adalah bagian dari dunia, di mana gangguan pasti ada di sekitar kita dan kita terkadang menjadi berubah arah dan tidak konsisten. Sederhananya, otak kita tidak dirancang untuk menangani banyak hal yang mungkin terlihat bisa dikerjakan. Karenanya fokus Anda mudah terganggu.

Jadi intinya, ketika kita bekerja gunakan keterampilan mengendalikan otak dan tidak membiarkan otak kehilangan arah. Di bawah ini beberapa tips agar kita tetap fokus di tempat kerja.



Memulai hari dengan Berolahraga

Nah, ini mungkin terdengar monoton bagi kita tetapi itu memang salah satu cara yang paling efektif. Berolahraga tidak hanya akan memberikan stimulus ke otak tetapi juga menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. Kita juga harus ke gym, berkeringat selama berjam-jam. Intinya adalah memulai hari dalam mode aktif, jadi latihan sederhana 20-30 menit lebih dari cukup untuk membuat fokus Anda kuat. Berolahraga bisa berupa  bersepeda, berenang, dan yoga atau hanya berlari, apa pun yang cocok untuk kita.

Baca juga: Kiat Agar Potensi Maksimal Kita bisa dicapai

Berilah Waktu untuk Setiap Tugas

Kita lebih tahu berapa banyak waktu ideal yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas kita. Aturlah porsi waktu untuk setiap aktivitas yang kita lakukan. Hal ini memungkinkan kita merencanakan hari dengan efektif dan efisien.

Tetapkan deadline

Jika kita bisa melakukan ini, maka kita benar-benar menuju ke arah yang benar. Sejujurnya, memompa diri sendiri itu tidaklah membantu tetapi terkadang berkerja di bawah tekanan dengan deadline dapat membantu kita mencapai tujuan. Beri waktu kita sendiri, ukur kemampuan kita dan tingkatkan level ketepatan waktu kita. Percayalah, pada akhirnya, kita akan terkejut melihat bagaimana fokus dan produktivitas kita telah berkembang.



Fokus terjadap Aturan ‘Two-Minute Rule’

Pengusaha Steve Olenski berbicara tentang penerapan “two-minutes rule”. Bagaimana hal itu dapat membantu kita? Intinya adalah menyelesaikan pekerjaan hanya dalam waktu dua menit. Sekarang kita bertanya-tanya, mengapa kita tidak melakukan ini sampai saat ini? Menurut Olenski, menyelesaikan tugas-tugas kecil ini tidak memakan waktu lama kemudian ditinggalkan untuk nanti. Dia sendiri mengikuti aturan ini, yang membuatnya menjadi salah satu ahli strategi konten online paling berpengaruh.

baca juga: 8 Alasan Kuat untuk ‘Mencintai’ Musuh Anda

Punya Tujuan Harian

Memiliki rencana besar itu hebat, dan kemudain itu mengubah jalannya permainan. Tetapi tidak ada hal besar yang dapat dicapai tanpa menyusun rencana yang lebih kecil. Sasaran yang besar membutuhkan lebih banyak waktu, jadi mulailah berfokus pada sasaran yang lebih kecil yang perlu dilakukan setiap hari. Tuliskan rencana untuk hari itu. Mencapai tujuan-tujuan kecil ini akan menyemangati otak Anda untuk sukses dan ketika Anda mencapainya, itu akan menjadi stimulan penting setiap harinya.



Tidur yang Cukup

Ketika tubuh dan otak Anda belum cukup tidur, bisa jadi akan mengacaukan seluruh hari kita. Pastikan kita tidur berkualitas selama 8 jam setiap malam. Untuk mendapatkan fokus maksimal, kita perlu tidur yang layak. Ini bukan tentang jam tetapi lebih ke kualitas tidur yang kita dapatkan. Shut down otakmu, biarkan kecemasanmu dan kegelisahanmu beristirahat sejenak untuk malam ini.

Source: https://www.entrepreneur.com/article/328095

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *