7 Tips Mudah Mencari Kebahagiaan

Kebahagiaan adalah salah satu hal banyak dicari oleh kebanyakan orang. Demi mencari kebahagiaan banyak orang rela mencoba untuk beralih pekerjaan, pindah ke tempat lain, menekuni hobi mereka, dan mencoba hal-hal baru.

Namun jika tidak berhati-hati, kita mungkin akan mengalami efek paradoks akibat dari pencarian kebahagiaan itu sendiri. Tips di bawah ini bisa membuat kita membuka diri dan membiarkan kebahagiaan datang sendiri.

1. Kebahagiaan Tidak Dapat Didefinisikan

Kebahagiaan bisa menjadi sesuatu hal yang subjektif. Setiap orang memiliki definisi tersendiri tentang arti kebahagiaan. Disaat oleh sebagian orang suatu hal dianggap kebahagiaan, di lain sisi orang lain mungkin melihat sebagai kesedihan atau ketidakberuntungan.

Misalnya, banyak orang yang beranggapan memiliki gaji yang tinggi dan rumah yang mewah sebagai definisi kebahagiaan. Tetapi bagi orang lain, bisa berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu bersama mereka di rumah yang seadanya merupakan suatu kebahagiaan tersendiri.

Kebahagiaan dapat ditemukan dalam segala hal, tetapi kembali lagi tergantung definisi kebahagiaan yang kita kita anut.

2. Kebahagiaan Sebenarnya Sudah Ada Tanpa Kita Sadari

Kebahagiaan bisa saja sudah ada dan terjadi. Coba pikirkan saja apa yang kita rasakan ketika kita memeluk orangtua dan saudara kita atau ketika merasakan sedikit udara segar saat jalan-jalan di luar. Anggaplah semua hal yang menenangkan hati dan pikiran di setiap harinya sebagai suatu kebahagiaan.

Kita sering mengabaikan bagian kecil dari kebahagiaan di dalam hidup karena kita begitu fokus pada mendapatkan uang dan gelar yang kita yakini akan membuat kita bahagia.

Pada kenyataannya, kunci untuk menjadi bahagia adalah bagaimana kita menyadari bahwa kebahagiaan sudah ada di sekitar kita dan di dalam diri kita. Kita hanya harus menerimanya.

3. Selalu Membuka Diri

Kita tidak dapat menuangkan air ke gelas saat gelas itu tertutup rapat.  Demikian pula halnya kita, kita tidak akan bisa membiarkan kebahagiaan mengisi hidup kita jika kita senantiasa menutup diri dengan realita kehidupan.

Rasa sakit dan kesulitan akan selalu datang ke dalam hidup kita dari waktu ke waktu, dan mungkin itu bisa membuat kita menutup diri. Cobalah untuk melawan naluri itu. Hanya berjuang untuk melalui segala rasa sakit dan kegelapan, niscaya akan memberikan kekuatan dalam rangka menemukan sukacita dan kebahagiaan.

4. Ucapkan Rasa Terima Kasih

Coba kita pikirkan, kenapa anak-anak diwaktu kecil selalu diajarkan untuk selalu berterima kasih?

Itu karena kita semua tahu bahwa kita harus menunjukkan rasa terima kasih kepada mereka yang telah berbuat baik kepada kita. Sama halnya kita juga sebaiknya mengucapkan terima kasih kepada dunia di sekitar kita.

Berterima kasih atas segalanya pahit manis yang terjadi di dalam kehidupan. Sehingga pada akhirnya dunia sekitar akan jauh lebih respek dan saling menghargai.

5. Tenangkan Pikiran

Seringkali kita membiarkan emosi dan pikiran kita menentukan perilaku dan pola pikir kita. Sebuah kegiatan perenungan semacam meditasi atau bermuhasab diri akan banyak membantu. Meditasi membantu kita menjadi lebih membumi, penuh perhatian, dan damai.

Dengan menjadi lebih membumi dan sadar akan diri sendiri, niscaya kita akan lebih mudah menemukan kebahagiaan di sekitar kita. Luangkan waktu sekitar 10 menit sehari untuk mulai merasakan manfaat dari meditasi.

6. Introspeksi Diri

Orang-orang yang bahagia dengan diri mereka sendiri dan kehidupan mereka terus-menerus berusaha untuk mencoba menjadi orang yang lebih baik. Mencari sumber daya dan orang-orang yang dapat membantu kita mencapai kebahagiaan sangat perlu dilakukan.

Memperbaiki diri akan membantu meningkatkan kesadaran diri sehingga memberi kemampuan untuk mengetahui bidang mana yang mebuat kita kurang bahagia sehingga kita dapat memperbaiki dan meningkatkannya.

7. Kita Tidak Bisa Selalu Bahagia

Belum tentu saat kita berhasil meraih apa yang kita anggap sebagai kebahagiaan lantas kita akan otomatis bahagia atau mungkin bahagia sesaat saja. Kita tidak bisa setiap hari memperoleh kebahagiaan.

Kebahagiaan itu adalah hal yang istimewa karena merupakan sesuatu yang tidak dapat kita alami sepanjang waktu. Yang terjadi adalah, kita setiap hari berusaha menemukan potongan-potongan kebahagiaan  bahkan di tempat dan situasi yang tak terduga.

baca juga: 5 Cara yang Membantu Mengatasi Depresi

Kebahagiaan itu layakanya udara di sekitar kita. Kita tidak selalu bisa melihatnya, dan tidak selalu jelas posisinya dimana. Tetapi kita harus tetap mencari kebahagiaan itu sendiri.

Tetapi jika kita hanya duduk diam dan tidak melakukan suatu usaha apapun, jangan harap kebahagiaan akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *