Tips agar Inovatif dan Kreatif di Kantor

Selama ini kita salah paham, kreativitas kita anggap sebuah ‘hadiah’, yaitu pemberian yang tidak semua orang memilikinya. Namun sebenarnya hal itu keliru. Ya…kreativitas adalah sesuatu yang harus selalu kita latih dan kerjakan. Sama seperti otot yang berkembang apabila kita selalu dilatih.

Lalu bagaimana agar selalu inovatif dan kreatif di kantor?

Apa saja yang memacu kreativitas?

Sebelum kita melihat beberapa ide kreatif yang spesifik, mari kita berpikir sejenak tentang apa yang umumnya mendorong kreativitas.

Apa yang menyebabkan seorang Steve Jobs dan Elon Musks konsisten berinovasi?

Kreativitas adalah mencoba melihat sesuatu dari sudut yang berbeda dan mencoba menemukan perspektif baru. Seperti mencoba melangkah keluar dari gejolak mental pada diri kita dan mencoba melihat masalah dengan cara pandang yang baru.

Menjadi kreatif berarti mencoba memahami batasan apa yang secara tidak sadar kita patuhi, dan kemudian memberikan mereka kebebasan. Hal ini dapat memungkinkan kita untuk melakukan sesuatu, mengalami hal-hal atau mempertimbangkan hal-hal dengan cara yang sebelumnya tidak pernah dilakukan.

Inilah esensi kreativitas dan inovasi, dan mengguncang banyak hal untuk membebaskan diri Anda dari cara berpikir yang diterima adalah inti dari menjadi kreatif.

Di sisi lain Kita perlu berjuang melawan rutinitas, kecerobohan dan apatis, yang ternyata dapat menumpulkan proses kreatif kita.

Adapun tips agar kita lebih inovatif dan kreatif, patut dicoba hal-hal sebagai berikut:

Mencari Inspirasi di Luar

Jika kita sulit memperoleh kreativitas, salah satu cara paling sederhana dan paling ampuh untuk memperbaikinya adalah meninggalkan kantor dan berjalan-jalan. Jika otak Anda terjebak dalam rutinitas dan pengulangan, hanya dengan melihat beberapa pemandangan asing dapat membantu Anda membebaskan diri dari penjara mental yang Anda tanggung sendiri.

Ketika Anda melakukan ini, pastikan Anda mematikan ponsel Anda dan memberikan ruang pikiran dan waktu untuk bersantai. Jika Anda menghabiskan waktu berjalan menatap layar, sebaiknya Anda tetap di kantor – idenya adalah membiarkan pikiran Anda berkelana. Ketika Anda tiba kembali di kantor, Anda akan merasa lebih kreatif.

Anda dapat menjadikan ini kebiasaan jika pekerjaan Anda mengizinkannya – tetapi jangan mengubahnya menjadi rutinitas baru. Pastikan Anda memvariasikan jalan Anda, perhatikan dan catat hal-hal yang Anda lihat. Anda akan dengan cepat menyadari bagaimana ini dapat membantu meningkatkan kreativitas Anda.

Isilah waktu senggang dengan sesuatu yang produktif

“Waktu mati” adalah saat-saat seperti ketika Anda berada di kereta atau makan siang sendirian. Pikiran Anda tidak aktif, dan Anda hanya menunggu waktu berlalu. Saat ini, banyak orang telah mengembangkan refleks pada saat-saat seperti ini untuk meraih smartphone mereka.

Beberapa orang secara mekanis memeriksa email atau pesan, beberapa membuka Twitter atau Facebook, dan yang lain memiliki satu atau dua permainan tanpa pikiran untuk mengisi waktu.

Akan tetapi, jika Anda menghabiskan setiap menit waktu yang cukup untuk memasukkan informasi ke dalam otak Anda – sering kali informasi yang tidak berguna – Anda mengalami saat-saat ketika otak Anda dapat mengatur ulang pikiran dan memunculkan ide-ide baru.

Anda harus memberikan waktu istirahat bagi pikiran Anda untuk menjadi kreatif dan inovatif. Jika Anda mengisi waktu mati dengan membaca berita di telepon atau menggali lobak dari taman virtual, Anda secara efektif mengisi beberapa momen paling kreatif di otak Anda dengan white noise.



Memulai hari dengan Kreativitas

Kebiasaan buruk lain yang banyak dari kita sekarang miliki yang membunuh kreativitas adalah jatuh ke dalam rutinitas dari saat kita membuka mata kita.

Ketika alarm berbunyi di pagi hari, bahkan sebelum kami merangkak keluar dari tempat tidur, kami meraih telepon kami. Bagi kebanyakan dari kita, telepon kita mungkin adalah alarm kita. Sebelum kita menyadarinya, kita memeriksa pemberitahuan kita dan pikiran kita sudah tertuju pada alur usang kehidupan kita yang sangat terhubung.

Alih-alih ini, mengapa tidak memulai dengan memberikan otak Anda sesuatu yang berbeda dan merangsang ketika Anda pertama kali bangun? Biarkan ponsel Anda dimatikan untuk jam pertama hari itu dan berikan otak Anda sesuatu yang lain untuk dilakukan.

Dengarkan musik, baca buku, meditasi, yoga, buat minuman unik, atau apa pun yang dapat Anda pikirkan. Berikan pikiran Anda ruang untuk bernafas dan mengembang hal pertama di pagi hari – dan kemudian lihat seberapa jauh Anda menjadi lebih kreatif di kemudian hari.

baca juga: 6 Cara Memunculkan Kreativitas

Cari tempat yang Insipratif

Rutinitas muncul untuk bekerja dan melakukan hal lama yang sama di tempat lama yang sama adalah racun mematikan bagi kreativitas. Anda akhirnya melatih otak Anda untuk memikirkan hal-hal dengan cara yang sama, dan penggerindaan sehari-hari mengisi ruang yang dibutuhkan untuk pikiran orisinal.

Jawaban untuk ini adalah menyisihkan “waktu kreatif” di luar kantor. Biarkan diri Anda 45 menit sekali atau dua kali seminggu untuk duduk di kedai kopi dan hanya berpikir.

Anda harus menemukan tempat yang nyaman dan tenang, di suatu tempat Anda dapat duduk dan menyendiri dengan minuman Anda. Anda seharusnya tidak memiliki tujuan tertentu dan tentu saja Anda tidak boleh bekerja dengan Anda – tetapi pada saat yang sama, ini adalah “waktu kerja” dan Anda harus memfokuskan pikiran Anda pada pekerjaan.

Idenya adalah untuk memungkinkan pikiran Anda untuk rileks dan hanya berkeliaran. Anda mungkin akan menemukan beberapa wawasan atau ide baru yang mengejutkan.

Sesuai dengan tema mencampur hal-hal sebanyak mungkin, mungkin membantu Anda untuk mengubah lokasi untuk kegiatan ini daripada pergi ke tempat yang sama setiap kali – tetapi beberapa orang juga mungkin menemukan ritual pergi ke tempat yang akrab membantu menempatkan mereka dalam kerangka pikiran yang tenang dan kreatif.

Kelilingi Diri dengan Inspirasi

Bahkan jika Anda tidak bisa berjalan-jalan, menghabiskan waktu reflektif di kedai kopi atau mengatur ulang perabot kantor Anda, Anda masih dapat mengelilingi diri Anda dengan bahan inspirasional yang akan membantu menjaga pikiran Anda tetap pada langkahnya.

Selalu waspada terhadap materi baru dan merangsang dan menghiasi ruang kerja Anda dengan apa pun yang Anda temukan. Ini bisa berupa tajuk berita surat kabar, kutipan yang meriah, objek, foto, atau apa pun – terserah Anda.

Pastikan Anda terus mengganti semuanya juga – itu akan membuat ruang Anda segar, dan ini, pada gilirannya, akan membuat pikiran Anda segar. Di atas segalanya, jangan biarkan lingkungan Anda menjadi membosankan dan membosankan atau pikiran Anda akan mandek.

Bersinergi dengan orang lain

Kreativitas dan inovasi akan terhambat jika Anda bekerja sendirian, jadi mintalah seseorang untuk memunculkan ide.

Tergantung pada situasi kerja Anda, ini bisa mengambil bentuk yang berbeda. Satu ide mungkin untuk mengatur sesi curah pendapat khusus dengan mitra bisnis Anda atau kolaborator lain.

Gagasan lain yang lebih orisinal mungkin adalah memasangkan orang di kantor untuk jangka waktu tertentu sebagai “teman kreativitas” [1]. Untuk jangka waktu tertentu, mungkin satu bulan, Anda dapat menyisihkan waktu setiap minggu untuk keduanya untuk berbagi ide, bertukar pikiran, mengobrol, berdiskusi, dan umumnya menghasilkan ide-ide baru.

Setelah waktu yang ditentukan habis, putar pasangan untuk menjaga hal-hal tetap segar dan membantu menghasilkan lebih banyak kreativitas. Dengan cara ini, Anda dapat membuat orang-orang dengan keahlian dan pandangan berbeda bekerja sama; ide-ide baru akan dengan cepat mulai mengalir.

Bagaimana Anda mengatur ini dalam situasi kerja khusus Anda, tergantung pada Anda – jadilah kreatif!

bac juga: 4 Faktor yang Melejitkan Potensi Seseorang

Mencoba suasana baru

Ini bekerja dengan cara yang mirip dengan berjalan-jalan. Jika Anda selalu duduk di meja yang sama di tempat yang sama dan melakukan tugas yang sama, pindahkan meja Anda. Saat kreativitas Anda mengering, jika memungkinkan, coba atur ulang kantor Anda. Sesuatu yang sederhana seperti duduk di lokasi yang berbeda dapat memiliki efek yang besar. [2]

Tentu saja, ini mungkin tidak mungkin untuk semuanya, tetapi ada hal-hal lain yang dapat Anda lakukan. Pergi dan duduk di meja orang lain sebentar atau bertukar meja dengan seseorang. Duduk di sofa untuk mempertimbangkan masalah yang sulit.

Sangat menakjubkan bagaimana perubahan posisi atau pemandangan yang sederhana dapat membantu kreativitas Anda mulai mengalir lagi.

Membentuk tim yang heterogen

Jika kreativitas adalah tentang memiliki perspektif dan sudut pandang yang berbeda, maka masuk akal untuk mempekerjakan orang dari latar belakang yang berbeda dan dengan pengalaman yang berbeda.

Jika Anda bosnya, jangan hanya mempekerjakan orang dengan gambar Anda sendiri. Jika Anda mengisi kantor Anda dengan klon Anda dan perusahaan Anda dengan orang-orang yang berpikiran sama, kreativitas akan menderita.

Kebijakan perekrutan yang jauh lebih baik adalah mencoba membuat tim yang beragam. Ketika sampai pada diskusi dan menghasilkan ide-ide baru, Anda akan menuai hasilnya.

Mengontrol Negativitas

Pembunuh kreativitas lainnya adalah emosi negatif, jadi jika Anda ingin menjadi yang paling kreatif dan inovatif, jangan biarkan hal-hal negatif meredamnya.

Pikirkan tentang hal itu – bagaimana Anda bisa kreatif ketika pikiran Anda dipenuhi dengan pikiran tentang kemacetan lalu lintas, IT gagal dan sejumlah frustrasi harian lainnya.

Tentu saja, hidup selalu memuntahkan hal-hal baru yang membuat Anda gila – mulai dari mobil yang tidak akan mulai hingga komputer yang tidak dapat memuat. Namun, jika Anda ingin menjadi kreatif, Anda perlu mengelola emosi ini.

Dorong negativitas ke satu sisi, kompartementalisasikan dan cobalah untuk menempatkan diri Anda dalam jenis keadaan positif yang jauh lebih kondusif bagi kreativitas.



Selalu Ingin Tahu dan Belajar

Kreativitas di tempat kerja tidak terbatas hanya pada apa yang terjadi di tempat kerja. Jika Anda ingin menjadi individu yang kreatif dan inovatif, Anda perlu memperluas wawasan Anda. Cobalah menemukan cara untuk melangkah keluar dari dunia yang Anda kenal dan pelajari sebanyak mungkin bidang pengetahuan.

Ini adalah sifat yang dimiliki oleh banyak orang paling kreatif – mereka semua penasaran. Jika Anda memiliki pandangan yang terlalu sempit, Anda tidak akan dapat keluar dari pandangan dunia terbatas Anda dan membuat koneksi yang Anda butuhkan untuk memiliki pemikiran asli.

Baca, pelajari, dengarkan podcast, cari tahu sebanyak mungkin tentang sebanyak mungkin hal. Kita sekarang hidup di dunia di mana ini lebih mudah dari sebelumnya – jadi tidak ada alasan.

Buat Gagasan Gila dan Unik

Ada sebuah mazhab pemikiran yang mengatakan bahwa kita semua dilahirkan kreatif, tetapi kita kehilangannya ketika kita tumbuh dewasa. Sebagai anak-anak, kita penuh dengan ide-ide gila, tetapi ketika kita tumbuh menjadi orang dewasa, kenyataan dan pengalaman kita melemahkan kemampuan kita untuk berpikir di luar kotak.

Untuk memungkinkan kreativitas berkembang, dorong gagasan-gagasan paling gila tanpa memikirkan apakah mungkin. Ajukan pertanyaan seperti “apa yang akan kita lakukan jika tidak ada batasan?” Atau “apa yang akan kita lakukan jika kita tidak bisa gagal?”.

Gagasan yang Anda buat mungkin belum tentu berguna – tetapi pemikiran seperti ini akan memungkinkan kreativitas berkembang.

Manfaatkan Coworking Space

Jika rutinitas dan kebosanan menghancurkan kreativitas, mudah untuk melihat mengapa pertemuan yang berulang-ulang dan membosankan akhirnya menjadi sangat tidak produktif.

Sebuah jawaban sederhana untuk sedikit mengguncang adalah mengadakan pertemuan. [3] Anda mungkin mencoba ini seminggu sekali untuk memulainya, tetapi Anda akan segera melihat bagaimana tingkat energi, produktivitas, partisipasi, dan – di atas segalanya – kreativitas semuanya meningkat sangat besar. Setelah mencobanya beberapa kali, Anda pasti akan melihat manfaatnya.

Makan Makanan Bernutrisi

Kami mengatakan bahwa pikiran kreatif Anda seperti otot yang perlu berolahraga – dan jika ini benar, ia juga perlu diberi makan.

Seperti yang dikatakan oleh gym-goer yang berdedikasi, berolahraga saja tidak akan membantu Anda mengembangkan bisep dan enam paket impian Anda – Anda juga membutuhkan nutrisi yang tepat. Dan jika Anda ingin mengembangkan otot kreatif Anda, Anda perlu makan makanan otak kanan.

Beberapa makanan yang diprioritaskan termasuk makanan yang tidak diproses, ikan air dingin, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah segar dan sayuran dan … kopi!

Dan tip lainnya, jangan menjalani kehidupan seorang biarawan. Biarkan diri Anda menikmati beberapa suguhan seperti cokelat atau segelas anggur dari waktu ke waktu. Ini akan membantu Anda merasa bahagia dan positif – juga penting untuk kreativitas yang baik.

Kesimpulan

Kunci untuk memunculkan kreativitas adalah menjaga segala sesuatu tetap fresh. Berjuanglah melawan rutinitas, kebosanan, dan kenegatifan. Selalu berusaha untuk mencoba hal-hal baru dan tidak takut gagal akan sesuatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *