Siapa Sih Olga Ladyzhenskaya, Icon Google Doodle Hari Ini

Hari ini merupakan hari ulang tahun ke-97 Matematikawan Uni Sovyet Olga Ladyzhenskaya yang diperingati oleh Google Doodle. Google menggambarkan logo elips yang digunakan untuk memberikan penghormatan kepada karyanya yaitu persamaan eliptik linear dan kuadearin dan ditambah animasi wajahnya.

                              Google Doodle Olga Ladyzhenskaya

Olga Aleksandrovna Ladyzhenskaya, menurut Wikipedia, lahir di Kologriv, 7 Maret 1922 dan Dia dikenal karena karyanya yaitu persamaan diferensial parsial (terutama masalah ke-19 Hilbert) dan dinamika fluida. Ia berjasa memberikan bukti kuat pertama tentang metode konvergensi beda hingga untuk persamaan Navier-Stokes

Ladyzhenskaya lahir dan besar di kota Kologriv. Sang ayah senantiasa mengajari Ladyzhenskaya untuk mencintai matematika sejak umur 6 tahun. Pada Oktober 1937 ayahnya ditangkap dan dipersekusi hingga tewas oleh NKVD karena dianggap sebagai musuh negara. Tetapi dengan semangat yang tinggi Olga muda bisa menyelesaikan sekolah menengah, walaupun kemudian ia dilarang masuk ke Universitas Leningrad karena alasan ayahnya musuh negara. Bersama sang Ibu Olga dan saudaranya mulai menjual sepatu, baji, celana dan sabun agar bisa bertahan hidup.

Karena ditolak Universitas leningrad, pada tahun 1943 ia pun memutuskan melanjutkan pendidikan di Universitas Nasional Moscow. Sewaktu zaman komunis, Ia diberi keleluasaan dalam hal riset dan pembelajaran tentang matematika di luar negeri, yaitu berupa diadakannya Kongres Matematika Internasional di Edinburg.

Setelah tahun 1953, kematian Stalin, Ladyzhenskaya menyelesaikan tesis doktoralnya dan diberikan gelar PhD yang telah lama ia cita-citakan. Ilmunya berasal dari seorang matematikawan Uni Soviet terkenal yaitu Ivan Petrovsky. Olga kemudian mengajar di sebuah Universitas di Leningrad dan kemudian berlanjut di Institut Steklov, untuk kemudian tinggal di Rusia hingga kehancuran Uni Sovyet.

Saat Medali Fields dinibatkan ke Klaus Roth dan René Thom pada tahun 1958, Olga Ladyzhenskaya masuk ke dalam nominasi penerima Medali tersebut. Ia sempat menjadi anggota Masyarakat Matematika di St. Petersburg sejak 1959, dan malahan menjadi presiden asiosiasi tersebut pada tahun 1990. Hobinya selain matematika adalah pecinta alam dan seni.

Baca juga: 7 Cara Orang Sukses Mengatur Waktunya

Lembaga internasional sangat mengapresiasi kontribusi Olga terhadap matematika . Sehingga kemudian Olga dihadiahi Medali Emas Lomonosov oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia pada tahun 2002.

Sebanyak 250 karya di bidang matematika dengan telah diciptakan Olga selama hidupnya. Penelitiannya bahkan sangat berguna hingga saat ini dan sangat bermanfaat di bidang oseanografi, ilmu kardiovaskular, aerodinamika, dan prakiraan cuaca. Sungguh Luar Biasa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *