Rahasia Cepat Terampil Belajar Dalam Segala Hal

Otak bisa jadi adalah aset terkuat yang kita miliki, jadi mengapa tidak belajar sebanyak yang kits bisa? Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh, seperti bisa beradaptasi dengan perubahan yang tidak diantisipasi.

Sebagai contoh, menjadi pelajar seumur hidup akan mengambil kehilangan pekerjaan, perubahan tanggung jawab kerja, dan / atau kemajuan teknologi jauh lebih mudah daripada rekan-rekan mereka yang kurang terlatih. Namun, manfaat belajar sepanjang hayat ternyata jauh melampaui kemampuan beradaptasi.

Banyak orang yang menganggap diri mereka sebagai pembelajar seumur hidup. Banyak juga yang merasakan keterampilan baru yang membuat mereka lebih berpengetahuan luas dan mampu.

Secara keseluruhan, dengan belajar secara terus-menerus akan dapat mengarah pada peningkatan pribadi, kepercayaan diri, dan perspektif baru dalam kehidupan. Dengan begitu banyak hal yang dapat dipelajari dalam waktu sesingkat itu, apa cara paling efektif untuk mempelajari keterampilan baru?

Tetapkan Tujuan

Cara yang terbaik adalah menetapkan tujuan. Coba ikuti Prinsip Pareto, yaitu 20% dari upaya atau usaha akan menghasilkan 80% dari hasil yang kita inginkan. Memahami tujuan akhir kita adalah langkah pertama dan terpenting untuk mempelajari apa pun.

Mengetahui apa yang kita inginkan akan membuat kita lebih maju, terutama ketika tantangan dan gangguan muncul. Untuk menentukan tujuan pastikan tujuan itu konkret dan mudah dicapai. Buat daftar dan periksa kemjuan yang diraih untuk membangun momentum.

Setelah kita tahu apa yang kita inginkan, kita harus menguraikannya untuk lebih memahami hasil tujuan dari tujuan kitaa. Mulailah dengan melakukan riset terhadap keterampilan yang ingin kita kuasai tanpa melupakan tujuan awal dan tujuan keseluruhan kita.

Selain itu, daftarkan semua komponen yang terlibat untuk mencapai tujuan itu, tidak peduli seberapa kecil ini. Dengan berpikir secara analitis sejak awal dapat membantu kita untuk jangka panjang.

Pratices Makes Perfect

Semakin nyaman kita mengetahui dan mengenal sesuatu, maka semakin mudah otak kita melakukan pekerjaan itu. Lebih jauh lagi, menguasai keterampilan menyebabkan peningkatan aktivitas di bagian otak kita yang tidak terlibat dalam kinerja. Setiap kali kita mempelajari sesuatu yang baru, reaksi otak kita akan berubah dan bertambah.

Melakukan berbagai aktivitas dapat meningkatkan kekuatan sinapsis otak ketika kita mempelajari keterampilan baru, sehingga stimulasi berulang dua neuron secara bersamaan dapat menciptakan hubungan baru di antara mereka. Setelah koneksi baru dikembangkan, menstimulasi satu akan mengaktifkan yang lainnya.

Hal itu akan secara dramatis dapat mengubah pikiran dan sikap kita, membuat kita mampu melihat melampaui apa yang sudah kita ketahui sebelumnya. Dapat juga dikatakan bahwa semakin banyak kita belajar, semakin baik pemahaman kita tentang dunia. Sehingga pada saatnya nanti kita mampu keluar dari zona nyaman kita dan bersiaplah untuk peluang baru.

Sebelum mengenali sesuatu, dekonstruksi apa saja masalahnya. Tanyakan kepada diri sendiri: bagaimana saya bisa memecah apa yang perlu saya ketahui? Setelah itu lakukan proses seleksi. Tanyakan pada diri kita: langkah apa yang harus kita fokuskan terlebih dahulu untuk mencapai hasil yang paling ideal?

Kemudian, selaraskan tugas ke dalam urutan yang sesuai. Tanyakan pada diri diri kita: urutan apa yang paling mudah untuk mempelajari langkah-langkah ini? Akhirnya, pertimbangkan situasi kita. Tanyakan kepada diri kita: apa akibatnya jika saya tidak dapat menyelesaikan tugas?

Mulai dari sini, kita harus memiliki pemahaman yang sempurna tentang apa yang kita inginkan dan bagaimana cara mendapatkannya. Satu-satunya cara yang perlu dilakukan adalah berlatih. Tips yang penting adalah fokus hanya pada tugas, dan menghindari gangguan sebanyak mungkin. Selanjutnya, bagilah waktu latihan menjadi beberapa periode yang terkonsentrasi, beberapa kali sehari atau seminggu. Akhirnya, visualisasikan diri apa yang mencapai tujuan kita.

Nilai dari Belajar Seumur Hidup

Pembelajaran seumur hidup telah banyak membuat orang memiliki teman dan koneksi baru, merasa lebih terlibat dalam komunitas mereka, dan menjadi lebih terbuka untuk mengambil peluang secara sukarela.

Di luar ini, dengan menjadi pembelajar seumur hidup juga membuat peningkatan diri seperti peningkatan memori, kecerdasan emosional, dan peningkatan keterampilan dalam berbahasa.

Banyak orang bahkan merasakan peningkatan kepercayaan diri karena mempelajari hal-hal baru dan membuat kita merasa siap untuk menghadapi tantangan dan usaha yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *