Cara Ampuh Menjadi Blogger Terkenal

Membuat blog merupakan pekerjaan yang sebenarnya tidak terlalu menuntut waktu, bisa dilakukan bebas atau santai. Tapi ada juga blogger profesional yang bekerja fulltime hanya untuk menulis di blog. Kesimpulannya, menjadi blogger terkenal tergantung kepada kemampuan dan kesanggupan kita masing-masing.

Sebenarnya, sangat bagus melihat banyak orang yang mampu melihat peluang dan motivasi untuk selalu tetap nge-blog. Meskipun ada juga sebagian penulis yang kemudian beralih ke bidang lain sehingga passion menulisnya menjadi luntur.

Sebenarnya untuk menemukan dan merangkai kata-kata terkadang sulit. Terkadang inspirasi juga sulit muncul untuk membuat suatu postingan di blog.

Walaupun kita meyakini diri sendiri bahwa kita sangat suka menulis, tapi akan ada hari di mana kita akan merasa terlalu lelah untuk berpikir secara jernih sehingga akhirnya melakukan kegiatan yang mungkin tidak produktif.

Sebenarnya memiliki waktu yang cukup untuk blogging bukan cuma masalah apakah jadwal kita padat atau tidak.

Mungkin ada waktunya kita mengevaluasi lagi apa saja prioritas harian. Jika ingin menjadi blogger yang lebih produktif. Sudah sepatutnya untukĀ  belajar mengatur waktu lebih baik lagi.

Berikut adalah beberapa teknik untuk membantu kita agar menjadi blogger yang sangat produktif dan terkenal.

1. Buat Jadwal dan Tepati

Buat Jadwal dan Tepati

Setiap orang memiliki tingkat dan waktu produktivitas sendiri-sendiri.

Mungkin sebagian orang merasa lebih produktif di pagi hari, sebagian lagi di malam hari.

Sehingga menetapkan jadwal dan waktu produktif sangatlah mutlak untuk dilakukan.

Cobalah untuk mengidentifikasi waktu yang paling produktif dan momen dimana kita akan tetap selalu termotivasi untuk menulis.

Sehingga dengan adanya jadwal, kita kan mendapatkan momentum yang tepat untuk selalu konsisten menulis di blog

Jadi buatlah jadwal reguler dan selalu menaatinya.

2. Terus Menulis

Blogger Terkenal

Kebanyakan orang mengganggap, memulai sesuatu adalah setengah dari awal perjuangan. Mungkin terkadang kita sangat menggebu-gebu untuk menulis di blog, hany saja tidak ada ide bagus yang muncul di pikiran kita, akhirnya kita stuck di suatu titik.

Solusinya adalah hanya dengan menulis, menulis, dan menulis lagi.

Menulis adalah mekanisme motorik yang perlu dilatih setiap hari. Semakin banyak menulis, semakin terasa mudah. Jadi jangan pernah berhenti menulis.

Dengan banyak latihan, cepat atau lambat kita akan menjadi terbiasa dan bahkan menjadi kebiasaan rutin sehari-hari.

Menulis bebas tidak selalu meminta menuntut adanya sebuah topik yang spesifik.

Tulis saja apa saja yang muncul di dalam pikiran untuk sekedar me-refresh-kan otak dan tentu saja kita akan punya artikel dalam waktu singkat.

Namun pastikan alur pemikiran tetap sinkron dan abaikan saja kesalahan tata bahasa dan ejaan saat sedang menulis.

Biarkan menulis secara alami dan mengalir hingga selesai.

Nah, sekiranya sudah selesai barulah kita mulai mengeditnya.

3. Hindari Gangguan

Hindari Gangguan

Beberapa orang terbiasa menulis di kondisi yang bising dan ramai serta mampu berkonsentrasi walaupun ada gangguan, tetapi sebagian lagi tidak.

Jika sangat mudah terganggu, maka cobalah untuk berpindah ke lingkungan yang tenang di mana bisa fokus untuk menulis.

Untuk sementara jauhi dulu gangguan-gangguan baik itu notifikasi aplikasi smartphone, televisi dan lain sebagainya.

Ketika kita perlu fokus pada menulis suatu karya, pilih tempat di mana ada sedikit gangguan dan untuk sementara non aktifkan gadget kita.

4. Buatlah Garis Besar-nya

Buatlah Garis Besar-nya

Ketika berbicara tentang kegitaan menulis blog.

Merencanakan sutau garis besar artiny adalah mencoba untuk memecah artikel menjadi beberapa kategori.

Misalnya, jika ingin menulis konten dengan 1000 kata tentang kiat-kiat blogging, kita bisa membuat delapan sub-topik yang akan membuatnya lebih mudah.

Kenapa?

Karena dengan adanya pemecahan kategori, seakan-akan kita hanya akanĀ  menulis artikel ringkas sekitar 100 kata saja.

Jadi usahakan buatlah kategori-kategori dan cobalah fokus dari kategori satu ke kategori lainnya.

Kita tahu betapa sulitnya untuk mulai menulis, apalagi menemukan topik yang tepat. Akan tetapi dengan membuat garis besar akan membuat penyelesaian suatu artikel akan lebih mudah dikelola dan dikerjakan.

5. Gunakan Bantuan Aplikasi

Gunakan Bantuan Aplikasi

Saat ini banyak aplikasi catatan yang sangat bermanfaat bagi kita untuk menyimpan ide-ide yang muncul tiba tiba. Salah satunya Evernote.

Evernote adalah aplikasi yang bisa gunakan untuk merangkai pikiran dan gagasan yang terkadang masih mentah atau berantakan. Aplikasi ini juga bisa meng-cut dan mengatur segala jenis informasi yang ditemukan secara online. Aplikasi ini bagus juga untuk digunakan saat melakukan penelitian.

Aplikasi yang tidak kalah menarik adalah Trello. Trello hampir mirip dengan Evernote, tetapi perbedaannya adalah orang lain dapat melihat dan merespons apa yang kita tulis. Sehingga akan ada kolaborasi dari orang lain yang mungkin bisa membantu kita mengerjakan suatu pekerjaan atau proyek.

Aplikasi yang mungkin juga membantu adalah Stayfocused. Stayfocused membantu memblokir “gangguan” online seperti Notifikasi Facebook atau Twitter selama waktu tertentu sehingga kita bisa tetap fokus pada kerjaan kita.

Kunci untuk produktivitas adalah apabila semakin terorganisir akan menjadi lebih baik. Salah satu cara untuk mengorganisir adalah dengan memanfaatkan secara optimal aplikasi-aplikasi online yang ada pada saat ini.

6. Pakai Prinsip Pareto 80/20

Blogger Terkenal

Pinsip atau aturan 80/20 artinya 80 persen adalah hasil yang kita kerjakan dari 20 persen adalah hal-hal yang sudah kita lakukan.

Jadi pada dasarnya, apa pun yang dirasa tidak layak dilakukan harusnya bisa ditinggalkan.

20% adalah upaya, 80% adalah hasil.

Ingat, blogging bukan hanya tentang menulis.

Ada juga komentar pembaca, aspek pemasaran, dan aspek analitik untuk memonitor postingan di blog.

Jadi sebelum membuat jadwal menulis di blog, tetapkan berapa waktu yang akan dihabiskan untuk menulis. Kemudian lakukan evaluasi terus menerus apakah waktu tersebut cukup dan efektif sehingga perlu dilakukan perbaikan dan penyesuaian.

Fokuslah pada hal-hal yang akan menghasilkan hasil yang bagus dan relevan dalam rangka mendukung menjadi blogger terkenal.

baca juga:7 Kiat Meningkatkan Produktivitas

Cobalah untuk bekerja lebih cerdas, bukan hanya sekedar bekerja lebih keras. Niscaya menjadi blogger terkenal bukan hal yang mustahil.

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *