5 Cara Mendapatkan Respek di Tempat Kerja

Seperti yang dikatakan Clint Eastwood “Hargai usaha kita, hargai diri juga sendiri. Harga diri mengarah pada adanya kedisiplinan diri. Ketika kita bisa memiliki keduanya, itulah suatu kekuatan yang nyata.Bisa jadi formula itu juga berhasil untuk kita.

Luangkan waktu sejenak untuk membayangkan bagaimana pekerjaan kita jika rekan kerja, atasan, bawahan, dan klien kita memperlakukan kita dengan lebih hormat. Apakah kita membayangkan akan memperoleh banyak uang? Apakah kita membayangkan hubungan yang lebih memuaskan dengan berbagai orang tersebut?

1. Tentukan Nilai Yang Kita Miliki

Orang biasanya diukur berdasarkan kekuatan dan kompetensinya. Pikirkan tentang apa yang membuat kita menjadi orang yang lebih baik dan kuat.

Tuliskan aspek-aspek yang ingin kita raih dan beberapa hal yang ingin kita tinggalkan. Hanya dengan mencantumkan aspek-aspek tersbut niscaya dapat memberikan momentum luar biasa bagi kita untuk menuju atau menjauh dari hal yang kita tetapkan.

2. Temukan Minat Kita

Jika kita memiliki minat dan hasrat tertentu, maka itu akan sangat membantu untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Pekerja atau pegawai yang bersemangat cenderung akan memperdalam keterlibatan mereka di sekitar kantor, sehingga mereka mendapatkan rasa hormat dan persahabatan yang signifikan dari orang lain.

3. Ketahui Tujuan Kita

Sebelum kita melangkah lebih jauh, lebih bijak apabila kita mampu mengetahui tujuan kita berada di kantor. Jika tujuan kita misalnya untuk melayani klien kita lebih baik daripada perusahaan lain, maka perjuangkan tujuan itu. Ketahanan dan sikap positif niscaya akan ikut muncul juga.

4. Bayangkan Seperti Apa Masa Depan Kita

Mulailah meluangkan waktu dan membayangkan bagaimana jadinya ketika kita mencapai puncak untuk mendapatkan lebih banyak rasa hormat, persahabatan, dan kesuksesan di kantor.

Latihan membuatnya menjadi lebih sempurna. Untuk bisa meraihnya secara maksimal, tarik napas dalam-dalam, singkirkan pikiran negatif di pikiran kita dan mulailah menjadikannya suatu realitas mental yang kuat.

5. Jangan Egois dan Pahami Sekitar Kita

Pernahkah kita memperhatikan ketika kita melihat gambar atau foto dengan banyak orang di dalamnya, kita selalu melihat diri kita sendiri terlebih dahulu? Manusia (di dalam kantor, di luar kantor – di mana saja) sangat melibatkan diri sendiri.

Orang lain akan tersanjung dan merespons dengan lebih baik sebagai pemimpin dan individu ketika kita berhenti berfokus pada diri sendiri dan mulai menunjukkan minat yang tulus pada mereka.

Kesimpulan

Mengikuti langkah-langkah di atas bisa jadi sulit, tetapi anggaplah itu sebagai latihan diri untuk kehidupan yang lebih baik. Dengan pelatihan ekstensif tentang diri kita dan interaksi kita dengan orang lain, maka kita akan menjadi lebih dihormati baik secara profesional maupun pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *