Kiat-kiat untuk Membaca lebih Produktif

Kebiasaan membaca adalah sesuatu yang positif dan berguna, tetapi tidak semua orang membaca dengan cara yang sama. Beberapa orang dapat memperoleh manfaat yang luar biasa dari buku yang mereka baca sedangkan yang lainnya tidak.

Berikut ini adalah beberapa tips agar waktu yang dihabiskan untuk membaca bisa menjadi lebih produktif.

1. Buatlah Catatan

Kiat untuk Membaca lebih Produktif

Ketika kita membuat catatan, hal itu dapat membantu kita memilah apa yang dirasa penting dan membantu kita untuk mengingatnya selalu. Catatan bisa dituliskan di media apapun yang disukai, buku harian, note’s kecil atau pada aplikasi catatan harian.

Menggunakan aplikasi  seperti Evernote, Colornote, DevonTHINK bisa juga membantu dan mungkin lebih simpel dan praktis untuk mencari apa yang telah kita catat. Walaupun ada sebagian orang yang lebih suka mencatatnya di atas kertas. Tidak ada salahnya untuk membuat catatan dari apa yang telah dibaca agar tujuan membaca lebih produktif tercapai.

2. Jangan takut tak tuntas membaca

Ketika kita berkomitmen untuk membaca buku, sangatlah sulit untuk berhenti sampai kita menuntaskan apa yang telah kita baca. Selain itu karena terlalu banyaknya literatur atau buku yang ada, pastikan kita memilih bacaan yang tepat dan jelas apa yang ingin kita peroleh dari buku bacaan tersebut.

Terkadang setelah kita membaca setengah bagian dari buku bacaan, kita merasa ada waktu yang lebih baik apabila membaca buku bacaan lain. Jadi, jangan takut untuk tidak menuntaskan suatu buku bacaan, apabila kita merasa ada buku bacaan lain yang mungkin memberikan informasi yang lebih akurat seperti yang kita inginkan.



3. Cari Variasi Bacaan

Terkadang kita tidak ingin berhenti untuk menuntaskan buku bacaan yang sedang dibaca. Tapi penting untuk memberikan kepada diri kita variasi topik dan tema bacaan yang bervariasi, yang jarang kita sentuh.

Kita cenderung untuk masuk ke dalam kebiasaan intelektual membaca bacaan yang memiliki topik yang sama. Cobalah untuk memilih buku secara acak atau sengaja mencari sesuatu yang berbeda dari apa yang biasanya dibaca. Hal itu bisa jadi akan memberikan kita sebuah perspektif yang berbeda dalam rangka membaca yang lebih produktif.

4. Reviu Buku yang telah dibaca

Membaca buku adalah satu kegiatan, tetapi mengingat kembali pengetahuan dari apa yang kita baca adalah hal yang lain. Jika ingin mengingat apa yang telah dibaca, luangkan waktu untuk mereviunya. Di sinilah catatan-catatan kita sebelumnya sangat membantu.

Idealnya, kita ingin mereviu berbagai hal dengan interval waktu yang mungkin semakin meningkat. Saat kita selesai membaca buku, buatlah jadwal, bisa berupa harian, mingguan, atau bulanan untuk selalu melihat apa yang telah dicatat. Hal tersebut akan membantu kita untuk lebih memantapkan pengetahuan ke dalam otak kita dan membuatnya lebih mudah diingat apabila kita memerlukannya suatu saat nanti.

baca juga: 7 Karakteristik dari Pola Pikir yang Produktif

5. Diskusikan apa yang telah dibaca dengan orang lain

Kiat untuk Membaca lebih Produktif

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pengetahuan lebih banyak apa yang telah kita baca adalah berdiskusi dengan orang lain. Jika kita dapat berbicara dengan orang secara langsung, itu sangatlah bagus. Selain itu bisa juga melalui forum-forum yang relevan  di dunia maya yang lebih luas menjangkau berbagai karakteristik orang.

Berdiskusi bisa jadi sebuah sarana yang efektif untuk mendapatkan feedback apa yang telah kita baca dalam kaitannya untuk membaca lebih produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *