Update Terbaru Playstation 5

Ada kabar gembira bagi penggemar Playstation. Sony akan menghadirkan Playstation baru yang akan didesain ulang dan akan dirilis pada tahun 2020, mungkin akan disebut Playstation 5 atau PS5.

Menurut pembesut utama dari Playstation, Mark Cerny, dia telah memberikan beberapa kabar yang menarik, termasuk kapan tanggal perilissan dan info tentang pemutakhiran Stik DualShock baru dan canggih.

Kapan PS5 resmi dirilis dan berapakah harganya?

Di sebuah blog PlayStation, Presiden Sony Interactive Entertainment Jim Ryan mengonfirmasi tanggal perilisannya yaitu sebelum hari Natal di tahun 2020. Dan mungkin akan bersamaan dengan peluncuran Xbox terbaru yaitu Xbox Scarlett.

Mark Cerny juga menjelaskan bahwa Playstation 5 akan membuat para gamer sangat terbius dengan konsol ini karena berbagai fitur yang canggih. Sedangkan untuk harga, ada banyak spekulasi dan ditaksir harga konsol ini akan sedikit lebih mahal daripada PS4.

Lantas apakah Game di PS4 kompatibel dimainkan di PS5?

Pihak Sony telah mengklaim bahwa game-game versi PS4 dan PSVR akan bisa berfungsi di konsol game PS5 nantinya.

Sedangkan di dalam blog terkait konsol PS5, Jim Ryan menjelaskan bahwa “Pihaknya akan memberikan banyak pengalaman blockbuster seperti saat memainkan game Death Stranding, The Last of Us II, dan Ghost of Tsushima di PS4″. Game seperti Cyberpunk 2077 gameplay-nya lebih menarik lagi di PS5.

Selain itu juga belum ada informasi apakah konsol PlayStation 5 itu akan ditawarkan dan dijual secara online. Dan juga apakah ada opsi streaming untuk menyaingi Google Stadia.

Seperti kita ketahui PS4 sudah lama menawarkan layanan streaming melalui PlayStation Now. Dan baru-baru ini Playstation dan Microsoft sebagai rival terdekat telah membentuk kemitraan terkait wadah cloud gaming.

Spesifikasi Playstation 5

Mark Cerny mengungkapkan bahwa konsol PS5 akan ditanamkan chip atau CPU 8-core Zen 7nm seri Ryzen AMD, dan kartu grafis atau GPU dari varian Navi Radeon.

PS5 juga akan memiliki dukungan TV 8K, dengan refresh rate layar sebesar 120Hz dan juga ada dukungan audio 3D. Cerny juga mengungkapkanĀ  tentang adanya kemampuan tracing ray dari konsol ini.

Sehingga spesifikasi PS5 diklaim hampir mirip dengan spesifikasi Xbox Scarlett, yaitu memiliki prosesor AMD Ryzen, chipset Navi dan mendukung resolusi 8K serta refresh rate sebesar 120Hz.

Lalu apa itu tracing ray?

Tracing ray merupakan teknik rendering canggih yang diandalkan selama bertahun-tahun oleh tim visual efek pada dunia perfilman di Hollywood. Alat ini mencoba mensimulasikan bagaimana cara cahaya memantul dari suatu objek sehingga menghasilkan grafis yang sangat hidup dan lebih realistis.

Tracing ray pada saat sebenarnya sudah diaplikasikan pada banyak PC gaming generasi terbaru yaitu dengan kemampuan GPU dari kartu grafis Nvidia RTX. Cerny juga menjelaskan tracing ray akan dibenamkan di dalam perangkat GPU PS5 nantinya.

Lalu apa lagi yang menarik dari PS5?

PS5 sudah dikonfirmasi akan memiliki sebuah solid-state drive, sehingga membuat loading saat membuka layar akan menjadi lebih cepat. Demonstrasi kemampuan solid-state drive ini sudah dicoba pada game Spider-Man besutan Marvel.

Sebelumnya pada PS4 Pro, membutuhkan waktu 15 detik untuk menampilkan layar sedangkan di PS5 kemungkinan hanya membutuhkan 0,8 detik. Wow…sangat cepat bukan.

Sistem optical drive juga sanggup memutar Blu-ray 4K. Untuk media penyimpanan dibenamkan storage sebesar 100GB.

PS5 diklaim memungkinkan para gamer mengontrol dan mengatur porsi game mana saja yang ingin diinstal. Mungkin nantinya para gamer bisa memilih untuk menginstal secara parsial dari keseluruhan game dan juga bisa menghapus secara parsial porsi game tertentu jika tidak diperlukan.

Fitur haptic controllerĀ 

Kontroler atau stik Playstation, belum resmi dinamakan sebagai DualShock 5, akan tetapi diklaim memiliki beberapa fitur yang menarik. Pihak Sony menyebut fitur baru itu dengan “adaptive triggers“.

Fitur itu akan membuat gameplay semisal menembak busur dan anak panah, menekan pelatuk untuk menarik panah, akan memiliki sensasi sentuhan yang berbeda dibanding dengan saat menembakkan senapan. Sensasi mengendarai kendaraan off-road melalui medan terjal berbatu juga akan lebih realistis.

Menurut blog Sony “Dengan adanya haptic feedback, kita akan benar-benar bisa merasakan jangkauan feedback yang lebih luas.

Jadi gameplay menabrak tembok sewaktu balapan mobil terasa jauh berbeda dibandingkan saat melakukan tackle di game sepakbola. Tekstur saat berlari melalui ladang rumput atau berlari melewati lumpur akan bisa dirasakan secara nyata oleh player.

Stik PS5 diklaim akan menggunakan konektor USB Type-C untuk pengisian daya baterai. Dan mungkin bobot stik akan menjadi lebih berat daripada DualShock 4 dan lebih ringan daripada stik Xbox terkini.

Untuk desain konsol PS5, dipastikan bahwa gambar PS5 yang dibocorkan oleh kit dev di website Gizmodo diklaim sebagai penampakan PS5 yang akurat.

baca juga: Apex Legends: 13 Tips biar jago

Detail lain yang menarik

Kompatibilitas dengan game PS4 dan PSVR sudah dikonfirmasi, dan akan difasilitasi dengan sebuah headset baru. PSVR 2 dikabarkan akan menjadi nirkabel dan juga memiliki fitur eye tracking.

Pada stik Playstation akan disematkan sebuah lubang kecil yang bisa jadi adalah sensor untuk asisten Artificial Inteligence (AI) yang digerakan oleh suara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *