Hidup Terasa Membosankan? Simak Tips berikut

Hidup Terasa membosankan? Ingin melakukan hal baru tapi takut memulainya? Simak Kutipan dari Penulis legendaris Steven Pressfield “Menulis itu tidaklah sulit, tapi duduk untuk memulai menulis itu yang sulit”.

Ya… bisa jadi memulai adalah hal tersulit.

Oleh sebab itu perlu adanya komitmen dan kesanggupan untuk memulai sesuatu yang kita ingin lakukan.

Mungkin kekecewaan yang pernah terjadi membuat kita takut lebih wasawas dalam mengambil risiko. Dan menjadikan kita hanya menunggu dan melihat apa yang terjadi.

Faktor yang mengintimidasi kita adalah ketakutan.

Ketakutan akan menghambat pertumbuhan

Ketakutan akan mematikan potensi

Ketakutan akan menghapus impian

Ketakutan akan merusak hubungan

Tapi yang terpenting..

Ketakutan akan menghambat kita memulai sesuatu hal.

Memulai dan mengambil Langkah Pertama

Risiko inheren dalam mengambil langkah pertama ditemukan saat kegagaln terjadi, bukannya jika kegagalan terjadi. Dan misteri selanjutnya adalah berkaitan dengan seberapa lama kita sanggup mengembangkan pijakan atau langkah pertama yang sudah kita mulai.

Ibarat melihat perkembangan anak balita

Mungkin banyak orangtua yang khawatir dan takut melihat anak balitanya tiba-tiba jatuh dan menjadi memar saat bermain. Sehingga Si orang tua kemudian memutuskan untuk membawa anak balita tadi kemana pun mereka pergi.

Konsekuensinya adalah si anak balita tidak akan mengembangkan langkah mereka sendiri dan membangun kekuatan otot-otot mereka.

Anak balita tidak akan pernah mampu menopang berat badannya sendiri, mengembangkan keterampilan motorik dan pada akhirnya akan menghentikan sistem otot yang sehat dan normal.

Dan kembali lagi semuanya berawal dari ketakutan.

Ketakutan akan menghambat kemampuan untuk mengambil langkah maju ke masa depan.

Jadi pertanyaannya, Apakah lebih suka hidup secara “aman-aman” saja dan terjebak dalam trauma kegagalan di masa lalu? Atau mungkin mencoba mengambil langkah pertama berani mengambil resiko?

Intinya, keberanian mengambil resiko akan meningkatkan potensi maksimal kita.

Langkah Pertama: Keluar dari Zona Nyaman

Langkah pertama adalah berani keluar dari zona nyaman dan bertanggung jawab penuh terhadap kepustusan itu.

Jika muak dan lelah menjalani kehidupan yang biasa-biasa saja, berikut  ini adalah proses step by step memulainya:

1. Bertanggung jawab atas hidup diri sendiri

Jangan biarkan emosi mengendalikan Anda. Belajarlah untuk disiplin dan menahan emosi. Jangan percaya dengan apa yang dirasakan. Biarkan emosi meyakinkan kita terhadap sesuatu yang benar dan tindakan apa yang sesuai.

2. Raih kesempatan

Akan selalu ada alasan logis pembenaran untuk hidup yang aman-aman saja. Tetapi keberanian untuk melangkah maju demi meraih dan mencoba suatu kesempatan baru akan lebih membuat hidup terasa lebih hidup.

3. Lakukanlah, jangan banyak alasan

Semakin banyak alasan, semakin lama juga kita akan berani melakukan langkah pertama. Jangan banyak argumen terkait alasan-alasan. Jangan sia-siakan keberhasilan masa depan terhalang karena kegagalan di masa lalu.

Bangun dan mulailah lagi.

baca juga:Kegagalan Kunci Kesuksesan

4. Selalu Recharge ulang

Pada titik tertentu, kita akan lelah dan kehabisan motivasi. Kegembiraan yang awal sempat membahana lama kelamaan akan memudar. Sehingga kita perlu mengisi ulang lagi dengan motivasi dan semangat lain agar tidak goyah dan rapuh.

Intinya adalah tanamkan bahwa kita tidak pernah dirancang untuk membuat suatu pilihan dari sebuah ketakutan. Jika hidup terasa membosankan, buatlah terobosan dan kegiatan baru yang bisa bermanfaat terhadap kehidupan kita sehari-hari.

Mengambil langkah pertama seringkali yang paling sulit, tetapi itu adalah hal yang mutlak diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *