7 Ciri Kepemimpinan Visioner yang Menjamin Keberhasilan

Suka atau tidak suka, kesuksesan karier berkorelasi langsung dengan seberapa hebat bos atau pemimpin kita. Kepemimpinan yang visioner dan berkualitas memungkinkan kita lebih mudah mengerjakan sesuatu, mendapat perhatian, dan kemajuan.

Meskipun tidak ada jalan pintas menuju suatu kesuksesan, tetapi ada kiat-kiat yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Mari kita simak ide-ide segar dari para pemimpin sukses di masa kini.

Berikut ini 7 ciri kepemimpinan visioner yang akan membuat kesuksesan dapat diraih dalam waktu singkat.

Kepemimpinan Hebat

1. Bantu Orang Lain Berkembang

Jika ingin sukses, kita harus bisa memastikan bahwa orang yang bekerja untuk dengan kita akan melakukan yang terbaik. Pastikan semua satf kompeten dan profesional mengerjakan tugasnya masing-masing.

Pemimpin yang memprioritaskan adanya suatu pengembangan terhadap jajaran stafnya akan memiliki kinerja yang lebih efektif. Pemimpin seperti ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas.

Jadi, prioritaskan tim dan kerjakan apa yang mereka butuhkan.

2. Gunakan Asumsi

Organisasi cenderung berpegang teguh pada apa yang berhasil saja. Sesekali diperlukan untuk melihat kebelakang dalam rangka melakukan pembenahan untuk kedepannya.

Jeffrey Pfeffer berpendapat bahwa para pemimpin yang sukses mampu melihat dan melampaui asumsi yang telah dibuat bersama. Para pemimpin yang memiliki kepemimpinan hebat, tidak yakin dengan adanya laporan yang memberi tahu mereka pada apa yang sudah mereka ketahui.

Nyatanya, Para pemimpin sukses selalu menjaga pikiran mereka dan mendengarkan apa masukan dari Tim dan pelanggan. Pertanyaan yang mereka disampaikan adalah: “Apakah itu terasa benar?”

3. Fokus pada Hasil

Bagaimana sih kita tahu jika sudah melakukan pekerjaan dengan baik? Ya, tentunya ada banyak cara untuk menjawab pertanyaan itu tetapi para pemimpin sukses selalu fokus pada hasil yang mereka dapatkan.

Pemimpin sukses mengajari kita cara untuk fokus pada hasil paling penting sehingga dapat melihat adanya peningkatan terhadap apa yang diperlukan dengan melalui langkah-langkah obyektif. Dari tindakan tersebut kemudian kita dapat membidik dan mendorong kinerja ke tingkatan yang baru.

4. Kerja Sama Tim dan Kolaborasi

Suatu kesuksesan bisa jadi merupakan wujud dari sekumpulan orang yang bertanggung jawab untuk bagaimana belajar melakukan berkolaborasi dan bekerja sebagai tim. Dalam kebanyakan kasus, kesuksesan tidak murni dari upaya satu orang saja.

Kita dapat belajar bagaimana menjadi pemimpin yang diinginkan semua orang. Lakukan yang terbaik dan biarkan setiap kesuksesan menjadi milik tim serta biarkan setiap kegagalan menjadi milik kita.

5. Menginspirasi dan Memotivasi

Inspirasi dan Motivasi adalah kunci keberhasilan seorang yang memiliki kepemimpinan hebat.

Penting untuk menetapkan arah yang akan akan diikuti orang lain. Namun, daripada hanya mengarahkan orang lain ke arah itu, lebih baik membuat mereka sanggup melakukan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Para pemimpin sukses biasanya menghabiskan waktunya dengan terlibat dengan orang banyak dan bergaul dengan tim mereka. Mereka memebeberkan visi mereka dan menciptakan antusiasme dan komitmen di dalam Tim. Langkah kecil pertama adalah tetapl menjadi positif dan memberikan dorongan kepada setiap orang yang kita jumpai.

6. Suka Bereksperimen

Bagaimana eBay dan Apple sukses? Apakah para pemimpinnya punya rencana?

Ternyata CEO eBay Meg Whitman menceritakan kisah yang sungguh berbeda. Perbedaan yang dilakukan eBay adalah terus mencoba dan mengubah hal-hal kecil menjadi ikut bisa “bekerja”.

Pemimpin sukses akan memahami bahwa sulit untuk dapat memprediksi apa yang terjadi masa depan. Hal yang perlu terus dilakukan adalah terus melakukan pengujian dan eksperimen dan belajar membuat hal yg tidak bekerja menjadi ikut bekerja.

7. Jujur dan Katakan Apa Adanya

Salah satu kualitas yang dari kepemimpinan yang visioner adalah mereka memiliki integritas. Mereka melakukan apa yang sudah mereka katakan dan berpegang teguh pada standar yang lebih tinggi.

Berkata jujur dan apa adanya menegaskan bahwa kita selalu terbuka dan bukan hendak menutup-nutupi kondisi yang sebenarnya.

Kesimpulan

Setiap pemimpin pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengetahui sifat kepemimpinan mana yang harus dikembangkan berarti mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang diri kita sendiri.

baca juga: 10 Tips Menjadi Pemimpin yang Berkualitas

Setiap orang memiliki keunikan tersendiri dan tantangan yang berbeda satu sama lain. Namun, satu hal yang dapat yakini adalah bahwa jika terus menerusĀ  mengembangkan 7 sifat kepemimpinan di atas, niscaya kita akan mengikuti jejak beberapa pemimpin paling sukses di dunia.

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *