Cara Trending di Youtube, Simak 5 Faktor Berikut

Sebagai pemilik channel Youtube, kira perlu paham bagaimana Youtube memberikan peringkat sehingga kita dapat membuat konten kita  lebih sering muncul dan mudah dicari oleh orang lain.

Jadi bagaimana sih YouTube memberikan peringkat ke video?

Di bawah ini akan coba dijelaskan beberapa faktor yang menentukan peringkat oleh YouTube.

1. Kata Kunci Video

Tidak ada mesin pencari yang bisa bertahan tanpa memperhatikan kata kunci atau keyword. Dan YouTube termasuk di dalamnya.

Salah satu faktor peringkat terbesar yang dipertimbangkan oleh YouTube adalah kata kunci video. Kata kunci yang dimaksud adalah kata kunci yang digunakan, disebutkan, dan diberi tag di video yang kita buat.

Seberapa baik kata kunci mendeskripsikan video, itulah yang membantu algoritme YouTube memahami video tersebut. Dan semakin baik algoritme memahami konten video, semakin tinggi peringkat video tersebut.

Tempat yang tepat untuk menempatkan kata kunci yaitu:

  • Di dalam deskripsi channel kita
  • Di dalam deskripsi video
  • Di dalam judul video
  • Disebutkan di dalam konten video itu sendiri
  • Di dalam transkrip video
  • Di dalam tag video

2. Judul video

Dengan melihat judul video yang sedang kita lihat, kita akan dapat dengan mudah mengetahui apa yang diharapkan pada video atau konten tersebut bahkan sebelum mengklik judulnya. Itu adalah kekuatan sebuah judul.

YouTube sangat menekankan pada judul video karena itulah yang membantu algoritma google memahami apa yang akan diberikan video kepada pengguna.

Secara umum, judul yang lebih pendek biasanya bekerja paling baik. Jadi disarankan menghindari judul yang terlalu panjang dengan cara apa pun karena sebagian besar browser pencari tidak menyertakannnya, dan YouTube juga mempertimbangkan hal ini.

3. Deskripsi Video

Sekarang YouTube telah menerima lebih dari 300 juta jam unggahan video setiap menitnya.

Dengan angka tersebut, jelas bahwa pihak Youtube tidak dapat mengecek satu per satu setiap video untuk dapat mengetahui dengan ketepatan dan kesesuaian masing-masing video.

Namun, mereka dapat menggunakan bantuan deskripsi tekstual. Dan di situlah ruang 250 kata yang diberikan untuk setiap video masuk.

Setiap pembuat konten memiliki maksimal 250 kata untuk memberi tahu YouTube tentang isi video mereka. Semakin tepat dan akurat deskripsi Anda, semakin mudah YouTube memberi peringkat pada SERP-nya.

Untuk lebih tepatnya, kami sarankan untuk menempatkan “Kata Kunci Utama” di 25 kata pertama dari deskripsi dan kemudian mengadopsi penggunaan kata kunci alternatif (kata-kata yang artinya mirip dengan kata kunci utama) di seluruh deskripsi lainnya.

3. Jumlah Yang Ditonton

Berapa banyak orang yang menonton atau telah menonton video kita?

Itu adalah hal lain yang diperhatikan oleh YouTube.

Faktanya, faktor ini pernah menjadi faktor peringkat terpenting di YouTube. Dulu, ketika video memiliki lebih banyak penayangan daripada yang lain, secara otomatis peringkatnya lebih tinggi dari mereka.

Meskipun banyak hal telah berubah baru-baru ini, dan sekarang lebih banyak ditekankan pada jumlah waktu menonton, jumlah penayangan masih menjadi faktor yang sangat penting.

Inilah alasan mengapa beberapa content creator bekerja ekstra untuk “membeli” penayangan organik YouTube untuk video mereka. Mereka tahu bahwa begitu YouTube melihat bahwa konten mereka memiliki lebih banyak penayangan daripada pesaingnya, YouTube secara otomatis akan memberi peringkat lebih tinggi.

4. Tagar

YouTube membutuhkan semua alat bantuan yang dimilikinya untuk memahami suatu konten video. Inilah mengapa mereka menambahkan fitur “tag” atau tagar ke deskripsi video.

Setelah kita menyiapkan video untuk publikasi, YouTube mengharapkan kitaa untuk menambahkan beberapa tag ke deskripsi video untuk membantu mereka lebih memahami tentang konten yang kita buat

Sekarang, tag harus sangat relevan dan terhubung dengan konten video Anda yang sebenarnya.

Semakin relevan tagar yang kita buat, semakin mudah YouTube menemukan dan memahami video kita. Dan akhirnya, semakin tinggi posisi ranking video kita.

Untuk menemukan tag terbaik untuk video kita, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Jadikan tag pertama kita sebagai kata kunci target dan urutkan sisanya menurut kepentingannya.
  2. Gunakan beberapa kata kunci umum yang mendeskripsikan topik secara menyeluruh.
  3. Gunakan beberapa kata kunci spesifik yang mendeskripsikan topik yang kita bahas dalam video kita

Dengan bantuan tagar atau tagline, YouTube dapat dengan mudah memberi peringkat video ini untuk kueri penelusuran yang berkaitan dengan video yang kita buat.

5. Kualitas video

Bayangkan katika kita melihat dua video ini membicarakan subjek yang sama di YouTube; mana yang ingin kita klik?

Pada akhirnya kita memilih memutuskan untuk melihat video yang memiliki resolusi yang bagus dan jernih. Mengapa? karena tampilannya lebih jernih, lebih bersih, dan memiliki kualitas visual yang lebih baik.

YouTube-pun juga merasakan hal yang sama.

Google sangat menekankan pada kualitas konten, YouTube juga sangat mengutamakan kualitas video yang dihasilkan.

Sebelum memberi peringkat pada video, mereka terlebih dahulu memeriksa kualitasnya untuk menentukan bahwa video tersebut berkualitas rendah atau definisi tinggi (HD). Seperti yang diharapkan, video definisi tinggi (HD) berkualitas tinggi memiliki peringkat yang lebih tinggi dan lebih baik daripada video berkualitas rendah.

YouTube tahu bahwa orang ingin menonton video yang paling jernih dan paling bersih. Jadi, mereka memfilter hasil penelusurannya untuk menampilkan video berkualitas tinggi terlebih dahulu sebelum video berkualitas rendah.

6. Gambar Thumbnail

Hanya dengan melihat thumbnail video, pengguna dan algoritme Youtube seharusnya dapat mengetahui tentang video itu.

Ini adalah hal yang diimpikan YouTube. Menjadi platform video dan visual, impian YouTube adalah membatasi kebutuhan terhadap konten tekstual.

Karena itu, mereka sangat menekankan pada penggunaan gambar mini atau thumbnail yang tepat di dalam video.

Inilah sebabnya mengapa kita harus berusaha sebaik mungkin untuk membuat gambar mini atau thumbnail yang paling deskriptif dan menawan untuk video kita.

Meskipun YouTube membantu orang-orang secara otomatis membuat gambar mini atau tumbnail untuk video kita dengan mengambil screenshoot video kita, tapi alangkah baiknya kita membuat sendiri untuk gambar thumbnail kreasi kita sendiri.

7. Waktu Tonton

Waktu tonton adalah durasi waktu yang dihabiskan penonton untuk menonton sebuah video.

Waktu tonton mungkin merupakan faktor peringkat YouTube yang terbesar.

Fastor ini yang digunakan YouTube untuk memisahkan dua atau lebih hasil video yang terkait di semua bidang untuk memberikan peringkat.

Artinya, ketika dua atau lebih video memiliki judul, gambar mini, jumlah penayangan, kualitas video, deskripsi, dan tag yang cukup baik, YouTube akan memeriksa mana yang memiliki waktu tonton paling lama dan kemudian memberi peringkat yang sesuai.

Ide di balik logika ini adalah jika orang-orang menonton video tertentu lebih lama daripada video lain dengan konten serupa, kemungkinan karena video ini lebih menarik daripada video lain. Oleh karena itu, video itu berhak mendapatkan posisi yang lebih tinggi di peringkat tersebut sehingga pemirsa lain dapat dengan cepat melihatnya dan mendapatkan manfaat dari video tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *