5 Cara Meningkatkan Kinerja Kerja Pegawai Secara Tepat

Pertanyaan penting sebelum melanjutkan membaca artikel ini adalah Mengapa penting bagi kita untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja kita sebagai pegawai di tempat kerja?. Jika kita tahu jawaban atas pertanyaan tersebut, ini adalah awal yang baik karena kita akan dapat menilai dengan cepat strategi mana yang paling membantu kita untuk meningkatkan kinerja kita sebagai pegawai.

Bagi kita yang kesulitan menjawab pertanyaan “mengapa” , saya akan membahas 2 alasan umum mengapa produktivitas kerja menjadi turun, dan semoga dapat membantu untuk menjawab pertanyaan “mengapa”.

Mengapa Penting Mengetahui Alasan “Mengapa”?

Jika kita tidak tahu alasan mengapa kinerja kita menurun, maka sangat sulit bagi kita untuk mengetahui strategi apa yang akan membantu kita meningkatkan kembali produktivitas kerja.

Ketika kinerja kita  turun, maka secara tidak langsung kehidupan pribadi kita akan ikut terpengaruh. Sehingga kita tidak hanya berurusan dengan masalah produktivitas kerja yang buruk atau turun, tetapi juga harus menghadapi tantangan terhadap kehidupan pribadi yang kita jalani.

Disini yang perlu diperhaitkan adalah tidak ada perbaikan cepat tau instan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Apakah kita memiliki jawaban untuk pertanyaan mengapa atau tidak, setiap orang harus menghadapi dampaknya ke kehidupan pribadinya, dan di sinilah semua orang bekerja keras agar hal itu tidak terjadi.

Perasaan frustrasi, kebingungan, ketakutan, dan kepercayaan diri yang rendah perlu diatasi sebelum kita memulai pekerjaan apapun.

Mengapa Produktivitas Kerja Bisa Menurun

Secara umum ada dua penyebab utama penurunan produktivitas kerja. Antara lain sebagai berikut:

1. Kondisi Kerja yang Menantang

Ada banyak kondisi kerja yang menantang dan bisa memengaruhi produktivitas kerja kita. Antara lain perubahan yang konstan dan pergeseran tujuan, kepemimpinan yang tidak efektif dan manajemen yang buruk,  kurangnya penghargaan, keterlibatan staf yang rendah,  moralitas yang rendah, adanya intimidasi di tempat kerja dan lain sebagainya.

Jika kita harus menghadapi kondisi kerja yang demikian, yang mungkin bisa dilakukan adalah pertimbangkan untuk mencari pekerjaan lain yang kondisi kerjanya lebih sesuai dengan kebutuhan dan mendukung produktivitas kita.

Jika kita tidak dapat berganti pekerjaan, artikel ini dapat membantu kita mempelajari cara mengatasi lingkungan kerja yang berat.

Begitu kita memiliki pekerjaan yang kondisi kerjanya sudah membaik, barulah kita bisa fokus menerapkan 5 strategi yang disajikan di dalam artikel ini.

2. Tantangan di dalam Kehidupan Pribadi

Ada banyak tantangan dalam kehidupan pribadi kita yang dapat memengaruhi kinerja dan produktivitas kerja kita. Beberapa dari tantangan ini adalah peristiwa yang di luar kendali kita.

Contohnya saat kehilangan orang yang kita sayangi bisa merupakan tantangan hidup yang berdampak besar pada prestasi kerja. Tetapi yang harus dilakukan adalah mencoba mengambil satu langkah pada satu waktu dan terus bergerak maju. Jika kitamenemukan diri kita berada dalam situasi di mana kondisinya berbalik 180 derajat, cobalah berbaik hati kepada diri sendiri dan ingatlah untuk maju selangkah demi selangkah. Satu-satunya langkah yang penting adalah langkahmu berikutnya.

Akan tetapi jika kita mendapati diri kita harus menghadapi tantangan pribadi yang memang dapat kita kendalikan, di mana kita memiliki opsi untuk bagaimana bereaksi, maka yang harus kita lakukan adalah memilih untuk mengambil tindakan yang tepat dan kemudian melakukannya.

Strategi untuk Meningkatkan Kinerja Kerja Sebagai Seorang Pegawai

Tidak ada formula ajaib atau instan untuk meningkatkan prestasi kerja. Namun, berikut adalah 5 strategi yang sering digunakan oleh pekerja yang berkinerja tinggi untuk mempertahankan produktivitas kerja yang tinggi secara konsisten. Jika kita berkomitmen dan secara konsisten menerapkan 5 strategi ini di dalam kehidupan kita, niscaya performa kerja kita akan meningkat.

Tugas kitaa adalah menentukan bahan (strategi) mana dan berapa banyak yang kita butuhkan untuk membuat resep yang tepat bagi kitaa untuk meningkatkan kinerja kita sebagai pegawai di kantor.

1. Perjelas Tujuan

Memiliki gagasan dan ide yang jelas tentang apa yang ingin kita capai akan memberikan kita arah dan tujuan yang jelas pula.

Dengan adanya kejelasan memungkinkan kita unutk segera mengambil tindakan. Tuliskan tujuan yang ingin kita capai dalam jangka pendek dan panjang. Untuk setiap rangkaian tujuan, tentukan kerangka waktunya. Korelasikan dan sinkronkan dengan tujuan kita secara teratur, dan pastikan kita selalu mencatat kemajuan yang Anda buat serta mengevaluasi jika ada kemunduran.

baca juga: Tips Agar Produktivitas dan Fokus Terjaga

2. Rencanakan di Malam Sebelumnya

Jika kita tidak memiliki rencana tindakan harian maka kita akan lebih reaktif dan dapat menghadapi banyak gesekan-gesekan kecil di tempat kerja. Dengan tidak ada perencanaan yang jelas maka kita tidak tahu mana yang harus menjadi prioritas dan kita akan disibukkan dengan hal-hal yang kurang penting untuk dilakukan sehingga produktivitas kerja menjadi menurun. Luangkan waktu setiap malam untuk merencanakan apa yang ingin dicapai di hari berikutnya.

3. Buat Rencana Aksi Harian

Setelah Anda meluangkan waktu untuk merencanakan apa yang perlu kita lakukan setiap harinya, tulis rencana aksi tindakan dengan merinci waktu (time schedule) kapan tugas-tugas utama perlu diselesaikan segera.

Jangan habiskan 100% waktu untuk tujuan dan tugas yang harus kita selesaikan setiap hari. Alokasikan waktu seperlunya untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan rekan kerja kita. Jangan sampai karena kita terlalu fokus sehingga memutus koneksi dengan orang-orang yang ada di dalam kehidupan kerja kita. Memiliki hubungan yang baik di tempat kerja memberikan kontribusi yang signifikan bagi kita untuk dapat meningkatkan kinerja.

baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Saat Demotivasi

4. Ambil Tanggung Jawab Atas Segala Tindakan Kita

Terkadang kita tidak menyukai adanya perubahan dan mungkin melakukan segala daya upaya agar sesuatu yang mengubah hidup kita tidak terjadi. Semua keyakinan yang membatasi diri, ketakutan, dan pikiran negatif yang kita miliki di dalam pikiran bawah sadar kita akan berjuang keras untuk mencoba bertahan. Jangan dengarkan mereka.

Gunakan kekuatan akuntabilitas kita untuk membuat kita tetap di jalur yang tepat. Bagikan tujuan, ide, dan pengalaman Anda tentang cara meningkatkan kinerja kerja dengan tim dan rekan kerja. Berilah contoh perilaku yang kita inginkan sebagai karyawan berkinerja tinggi di tempat kerja. Perhatikan tanda-tanda atau sinyal yang mengancam kemajuan kita dan abaikan saja.

5.  Rayakan Kesuksesan

Mengelola pola pikir kita adalah kunci agar kita bisa tetap di jalur yang tepat dan bisa bergerak maju. Cara terbaik bagi kiat untuk menjaga momentum adalah dengan merayakan pencapaian kita baik untuk kecil maupun besar. Cobalah melakukan ini secara teratur karena hal itu bisa menjaga motivasi kita tetap tinggi.

Meningkatkan motivasi dan hasrat adalah faktor kunci bagi kita yang ingin terus maju dan berkembang sehingga mampu meraih kesuksesan suatu hari nanti.

baca juga: 5 Kebiasaan Harian Untuk Meningkatkan Produktivitas

Kesimpulan

Meningkatkan kinerja tidak berarti kita harus bangun pagi-pagi jam 4 pagi dan bekerja selama 14 jam sehari. Ini bukanlah perilaku orang yang berkinerja tinggi di tempat kerja.

Seorang yang berkinerja tinggi selalu fokus, memiliki rencana tindakan yang jelas, dan tahu apa yang perlu dilakukan dan bagaimana itu harus dilakukan. Seorang yang berkinerja tinggi memiliki hubungan kerja yang baik, seornag komunikator yang ulung, dan bekerja secara efisien dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *