Cara Menghasilkan Pendapatan dari Blog

Konten memiliki banyak tujuan, termasuk meningkatkan nilai situs web, menumbuhkan loyalitas pelanggan, menarik pelanggan baru melalui sindikasi berkelanjutan, dan meningkatkan peringkat situs di mesin pencari. Namun, tujuan akhir dari setiap strategi konten adalah untuk meningkatkan pendapatan dan basis konsumen. Selain itu, perlu dicatat bahwa konten memiliki tujuan konversi. Konten menetapkan lintasan eksplisit yang mengubah pembaca menjadi pembeli.

Definisi yang tepat dari “konversi” dapat bervariasi tergantung pada sifat perusahaan Anda. Namun demikian, terlepas dari format yang Anda pilih, mengubah pembaca Anda menjadi pelanggan adalah proses yang dapat diukur dan langsung menghasilkan peningkatan pendapatan. Membuat konten yang dioptimalkan untuk konversi bisa menjadi tantangan, terutama bagi mereka yang baru di bidang ini. Namun, dengan menggunakan strategi berikut, Anda dapat mencapai tujuan ini secara efektif.

Sampaikan langsung kepada audiens yang Anda tuju.

Untuk membujuk pembaca secara efektif agar melakukan pembelian, Anda harus menyapa mereka secara langsung sebagai audiens yang Anda tuju. Hal ini membutuhkan penyusunan tulisan Anda untuk mengilhami merek Anda dengan aura keakraban, keandalan, dan keramahan. Kendala umum dalam hal ini adalah kurangnya pemahaman mengenai identitas atau karakteristik audiens target. Meskipun banyak bisnis yang percaya bahwa mereka melayani semua orang, kenyataannya mereka harus memfokuskan upaya mereka pada satu atau dua kelompok demografis yang berbeda dan menyesuaikan konten mereka.

Hindari penjualan.

Mempromosikan konversi berbeda dengan tindakan pemasaran. Dalam penjualan langsung, seseorang didekati dengan presentasi yang tujuan utamanya adalah membujuk mereka untuk membeli produk. Dengan menerapkan pengoptimalan konversi, Anda menghasilkan lingkungan yang secara inheren memotivasi lebih banyak orang untuk menyelesaikan pembelian. Calon pembeli akan segera dimatikan oleh konten yang mempromosikan produk dan layanan Anda; sebagai gantinya, berkonsentrasilah untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi dan biarkan pengguna Anda menentukan apakah mereka tertarik untuk membeli dari Anda.

Perkuat posisi otoritas Anda.

Konsumen lebih cenderung melakukan pembelian dari sumber yang memiliki reputasi baik, dan membangun kepercayaan merek menjadi semakin menantang. Salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap suatu merek adalah dengan memanfaatkan kontennya sebagai sarana untuk meningkatkan otoritasnya. Konsumen akan lebih percaya diri untuk melakukan pembelian dari Anda jika mereka menganggap Anda sebagai otoritas di bidangnya. Untuk mencapai hal ini, Anda perlu memilih dengan cermat subjek yang selaras dengan ceruk target Anda dan mempelajari secara mendalam, sehingga menunjukkan pengetahuan Anda yang komprehensif tentang materi tersebut. Selain itu, akan lebih menguntungkan jika Anda menyajikan konsep-konsep baru, sehingga menjadikan diri Anda sebagai “pemimpin pemikiran” dalam persepsi audiens Anda.

Meminjam dari otoritas orang lain.

Sayangnya, promosi diri sendiri atas keahlian seseorang hanya efektif sampai batas tertentu. Seseorang dapat mempercepat pertumbuhan otoritas yang mereka rasakan dengan mengambil otoritas orang lain. Salah satu pendekatan yang mudah adalah dengan memasukkan kutipan dari eksekutif industri terkenal lainnya ke dalam blog Anda. Hal ini tidak hanya menunjukkan penelitian Anda, namun juga membangun hubungan antara merek Anda dan reputasi mereka. Metode yang lebih sederhana untuk membangun otoritas Anda melalui reputasi orang lain adalah dengan mengutip fakta dari sumber yang memiliki reputasi baik atau terkemuka; jika memungkinkan, sertakan juga testimoni. Anda akan berada dalam kondisi yang sangat baik.

Tambahkan unsur emosi.

Tingkat konversi konten Anda meningkat ketika konten tersebut mengandung nada emosional. Apakah Anda memilih emosi tertentu atau tidak, tergantung pada sifat merek Anda dan topik yang Anda selidiki. Dalam keadaan tertentu, menggunakan simpati atau membangkitkan antusiasme untuk mempercepat konversi dapat menjadi manjur. Strategi lain yang umum digunakan adalah dengan menggunakan rasa takut – misalnya, menunjukkan bahwa pembaca mungkin rentan jika tidak ada produk Anda. Namun, berhati-hatilah; ketergantungan yang berlebihan pada daya tarik emosional dapat menyebabkan kesan tidak bijaksana atau agresif.

Gunakan istilah-istilah tindakan yang tegas untuk merangsang tindakan.

Gunakan kata-kata tindakan menjelang ajakan bertindak untuk meningkatkan kemungkinan audiens Anda akan mematuhinya. Meskipun ungkapan-ungkapan yang menipu seperti “klik di sini” dan “bertindak sekarang” tidak mungkin efektif di abad ke-21, frasa seperti “baca lebih lanjut” dan “mulailah” tetap menjadi alternatif yang layak. Sebaliknya, menggunakan segala bentuk bahasa pasif dapat membuat orang mengabaikan ajakan bertindak Anda, sehingga berdampak negatif pada tingkat konversi Anda.

Hilangkan semua sumber gangguan.

Tujuan utama Anda adalah meyakinkan pengguna Anda untuk melakukan konversi, jadi hindari mengalihkan perhatian mereka dengan opsi lain saat Anda menyajikan ajakan bertindak. Misalnya, jika Anda menyimpulkan artikel Anda dengan ajakan bertindak yang mengarahkan pembaca ke formulir pendaftaran, hindari menyertakan arahan ke situs eksternal atau, dalam kesalahan yang lebih mengerikan, arahan ke bagian lain dari situs Anda. Jumlah opsi yang berlebihan dapat menyebabkan pengunjung menjadi bingung atau menavigasi tanpa tujuan di seluruh situs, daripada diarahkan ke peluang konversi spesifik yang ada.

Tingkatkan tingkat keluar dengan menghubungkan halaman Anda.

Penting juga untuk menyebutkan bahwa meningkatkan jumlah total konversi dapat dicapai dengan mengurangi rasio pentalan dan membuat pengunjung tetap berada di situs web Anda lebih lama. Salah satu strategi untuk mencapai hal ini adalah dengan menautkan halaman Anda dengan erat, yang secara efektif dapat mengurangi rasio pentalan. Dengan memasukkan hyperlink ke konten tambahan atau bagian lain dari situs web Anda di dalam tubuh konten, Anda dapat mempertahankan minat mereka untuk durasi yang lebih lama, sehingga mencegah mereka untuk pergi. Meskipun secara umum lebih baik mengarahkan pengunjung ke halaman yang berbeda daripada mengarahkan mereka ke arah konversi, menghubungkan halaman Anda berfungsi sebagai strategi manajemen risiko.

Menerapkan strategi ini dapat secara signifikan meningkatkan tingkat konversi konten Anda. Sangat penting untuk tidak mengabaikan komponen penting dari pengoptimalan konversi, yaitu analisis dan penyesuaian. Terapkan strategi Anda selama satu bulan sambil mengevaluasi hasil dari usaha Anda. Selanjutnya, revisi beberapa aspek, lanjutkan implementasi selama sebulan, dan nilai hasilnya sekali lagi. Secara bertahap, terapkan lebih banyak perubahan yang terlihat efektif sambil menghilangkan perubahan yang tidak efektif. Anda hanya akan mencapai kesempurnaan dalam strategi konversi berbasis konten dengan menganalisis dan merevisinya secara bertahap.

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *