Cara Mengembangkan dan Mengenali Diri

Saat ini, kebanyakan orang menyukai gagasan tentang perbaikan diri atau sering dikenal resolusi. Ya, bisa jadi itu menjadi nge-trend saat ini.

Tetapi sebelum Kita dapat meningkatkan diri, Kita harus tahu dulu siapa diri Kita, apa keinginan Kita, dan mengapa sangat penting untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu.

Begitu Kita tahu siapa diri Kita, apa yang diperjuangkan, dan apa yang diinginkan, maka Kita bisa melanjutkan proses perbaikan diri.

Artikel ini akan mengungkap alasan utama mengapa Kita harus meluangkan waktu untuk mengenal diri sendiri, cara mengenal diri sendiri, dan akhirnya bagaimana mencari perbaikan diri.

Mengapa Anda Harus Mengenal Diri Sendiri

Banyak orang hidup tanpa paham secara jelas tentang diri mereka sendiri. Ada perbedaan antara keinginan untuk menjadi seseorang dan kemudian tindakan yang menciptakan seseorang. Mudah untuk memberi tahu orang-orang tentang siapakah Kita, tetapi bisakah Kita benar-benar masuk ke dalam pembicaraan?

Orang-orang akan mempercayai Anda ketika mereka melihat gambar yang sempurna di kantor Anda, tetapi jika Anda pulang ke cerita yang berbeda, itu tidak masalah.

Pada akhirnya, pendapat yang paling penting adalah pendapat kita tentang diri kita sendiri. Sebuah kebohongan akan mereduksi diri Kita, membuat Anda kewalahan, dan emosi yang tidak terselesaikan akan muncul kembali.

Mungkin Anda memilih jalur tertentu bertahun-tahun lalu dan sekarang Anda merasa stuck. Anda melihat ke cermin dan Anda tidak mengenali diri Anda sendiri. Minggu ini sepertinya tidak ada habisnya dan ini baru jam 7 pagi pada hari Senin pagi.

Ini hanya contoh. Itu tidak berarti bahwa hanya orang yang tidak bahagia yang perlu mengenal diri sendiri dan mencari peningkatan diri. Bahkan jika hidup Anda benar-benar hebat seperti kelihatannya, selalu ada baiknya memeriksa diri sendiri.

Itu wajar untuk berubah sepanjang hidup, tetapi terlalu banyak orang takut bereaksi terhadap perubahan ini atau menyadari bahwa jalan yang mereka pilih mungkin tidak benar lagi.

Perubahan itu menakutkan, tetapi bahkan lebih menakutkan untuk mengabaikan emosi  dan tidak bereaksi terhadapnya. Baik atau buruk – perubahan adalah satu-satunya yang konstan. Jika Anda mengenal diri sendiri sekarang, maka Anda akan dapat menangani perubahan dengan lebih baik. Jelas, Anda tidak selalu dapat mengendalikan apa yang terjadi pada Anda, tetapi Anda dapat mengontrol bagaimana Anda bereaksi terhadapnya.



Tidak ada batasan waktu untuk mengenal diri sendiri atau peluang. Ingat bahwa:

“Peningkatan diri dan kesuksesan sering terjadi bersama. Tetapi itu tidak selalu berarti mereka hal yang sama.

Anda bisa berada di puncak permainan Anda ke dunia luar, tetapi masih merasa perlu untuk mengenal diri sendiri dan mencari perbaikan diri.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk mengenal diri sendiri, karena begitu Anda melakukannya, maka Anda akan siap untuk apa pun yang terjadi selanjutnya. Saat Anda mengenal diri sendiri, jalan baru tidak akan terasa menyeramkan karena Anda sudah tahu apakah Anda berencana belok kiri atau kanan.

Cara Mengenal Diri Sendiri

Jadi, sudah beres. Adalah ide yang baik untuk mengetahui orang ini yang Anda bangun setiap pagi dan melihat saat menyikat gigi. Orang di cermin semacam itu terlihat sama, tetapi entah bagaimana tampaknya berbeda dari waktu ke waktu. Inilah pertanyaan jutaan dolar: dari mana Anda memulai?

Sayangnya, tidak ada jawaban cepat (atau solusi) untuk ini. Ini bukan matematika. Tidak ada yang benar atau salah. Anda tidak dapat menemukan halaman dengan semua jawaban rahasia dan ujian.

Kebanyakan orang akan mendapatkan perasaan yang lebih baik tentang siapa mereka dari waktu ke waktu hanya dengan melihat kembali tindakan, reaksi, dan keputusan mereka sebelumnya. Tetapi Anda juga dapat memilih untuk mengambil bagian aktif dari kemajuan saat ini.

Berikut adalah beberapa tindakan aktif yang dapat Anda lakukan untuk mengenal diri sendiri.

1. Tingkatkan Kesadaran Diri

Ini semua tentang Anda sekarang. Biarkan dunia luar ada dengan sendirinya. Ini bukan tentang tetangga Anda atau lelaki dari sekolah tinggi yang memposting foto cerah lainnya dari Dubai. Ini bukan tentang mereka.

Luangkan waktu untuk melihat diri Anda sendiri. Apa yang selama ini kau lakukan? Bagaimana Anda bereaksi terhadap situasi tertentu? Apa yang membuatmu tersenyum?

Dan jika Anda terus kembali membandingkan diri Anda dengan orang tertentu, tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda begitu terpaku pada mereka. Cari tahu sendiri. Anda layak mengetahui.

2. Hadapi Rasa Takut

Ini mungkin tampak jelas, tetapi untuk beberapa alasan Anda terus menghindari satu hal itu.

Banyak orang membiarkan rasa takut menghalangi mereka meskipun mereka tahu jauh di lubuk hati mereka memiliki kemampuan untuk menghadapinya. Tentu saja mudah untuk dikatakan, tetapi jika Anda berhasil mengatasi kelemahan Anda, itu akan mengubah Anda menjadi lebih baik. Anda akan belajar darinya, dan Anda akan tahu lebih banyak tentang karakter Anda.

3. Fokus pada Kekuatan

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk fokus pada apa yang Anda kembangkan dan memeliharanya. Ini akan membantu Anda menjadi lebih sukses, tetapi Anda juga akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang diri Anda karena kekuatan kami adalah bagian besar dari siapa kami.

Bahkan jika Anda telah berlari ke arah dinding untuk sementara waktu dan kepala Anda benar-benar mulai sakit – Anda akan selalu memiliki beberapa kekuatan dalam diri Anda yang dapat Anda kembalikan. Kembali dan fokus pada mereka dan lihat ke mana mereka akan mengarahkan Anda. Mungkin bakat akan berubah menjadi karier. Mungkin sifat karakter akan berubah menjadi jalur atau hubungan baru.



Sekarang, mari kita beralih ke cara melangkah lebih jauh dan mencari perbaikan diri.

Ryan Holiday berkata: [2]

“Anda tidak bisa belajar jika Anda merasa sudah tahu. Anda tidak akan menemukan jawaban jika Anda terlalu sombong dan percaya diri untuk mengajukan pertanyaan. Anda tidak bisa menjadi lebih baik jika Anda yakin Anda adalah yang terbaik. “

4. Cara Mencari Peningkatan Diri

Sangat penting untuk meninggalkan ego dan menyadari bahwa Anda tidak akan pernah maju, jika Anda tidak menerima bahwa Anda bukan yang terbaik. Anda selalu bisa menjadi lebih baik. Mungkin saat ini Anda yang terbaik dalam pekerjaan Anda, tetapi Anda tidak boleh berhenti bersaing dengan diri sendiri. Ini bukan tentang memberikan tekanan tanpa akhir pada diri Anda. Ini tentang menjaga diri Anda bergerak.

Mungkin Anda melakukan pencarian jiwa dan Anda menyadari bahwa Anda memang memilih jalan yang benar. Itu hebat, tetapi itu tidak berarti Anda tidak harus berusaha meningkatkan diri. Atau mungkin Anda baru sadar bahwa Anda menginginkan kehidupan yang sama sekali berbeda. Anda berhenti dari pekerjaan, membeli anjing, dan pindah ke kota baru. Hebat, tapi Anda belum selesai.

Setelah Anda memberi tahu diri sendiri bahwa Anda telah melakukan apa yang ingin Anda lakukan, maka Anda akan bertemu dengan tembok yang sama yang membuat Anda terpukul.

Peningkatan diri bukan tentang merendahkan diri. Peningkatan diri adalah tentang mengangkat diri Anda lebih tinggi. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan menerima bahwa Anda bukan yang terbaik. Anda selalu bisa menjadi lebih baik. Bahkan (atau mungkin terutama) jika Anda hanya bersaing melawan diri sendiri.

5. Pola Pikir dan Komitmen

Peningkatan diri dapat diterapkan pada apa saja dari mempelajari keterampilan baru, belajar untuk mengatasi kemarahan Anda, atau menempatkan diri Anda dalam situasi baru yang membuat Anda takut. Beberapa orang perlu mengubah pemandangan mereka sepenuhnya. Beberapa orang hanya perlu menghadiri rapat setiap hari Kamis. Yang lain mungkin perlu mengikuti kelas bela diri untuk merasa memegang kendali lagi.

Terkadang hidup bukan tentang mendapatkan atau mencapai. Terkadang hidup hanyalah tentang kehilangan dan melepaskan.

Orang-orang mampu melakukan (hampir) semua yang dilakukan orang-orang yang mereka kagumi. Anda tidak dapat membatasi diri dengan mengatakan Anda tidak dapat melakukan hal tertentu, karena Anda adalah Anda. Semuanya bermuara pada pola pikir dan komitmen. Kenali diri Anda dan tentukan tujuan yang jelas.

Aristoteles pernah berkata:

“Kami adalah apa yang kami lakukan berulang kali. Maka, keunggulan bukanlah tindakan, melainkan kebiasaan. “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *