9 Cara Menemukan Passion Kita

Jika kita ingin melakukan sesuatu yang bisa mengubah hidup kita, maka cobalah melakukan sesuatu yang kita sukai atau sesuai dengan passion yang kita miliki, sambil mendapatkan penghasilan dari melakukan hal tersebut.

Jika kita enggan untuk bekerja, kurang motivasi, atau bosan melakukan pekerjaan yang berulang-ulang, maka sudah waktunya untuk kita mulai melakukan sesuatu yang baru.

Cobalah melakukan sesuatu yang baru dan tentunya kita sukai sehingga kita sadar akan potensi maksimal yang kita miliki.

Bekerja bukanlah hanya semacam pekerjaan sebagaimana banyak orang menyebutnya, tetapi sesuatu yang terasa menyenangkan, menarik dan mengasyikkan. Ya hal itu bukanlah “pekerjaan” tetapi gairah atau passion.

Jika kita memiliki pekerjaan yang tidak kita sukai, atau bahkan benci, ini akan terdengar seperti mimpi buruk bagi kita. Dan jika Anda tidak pernah berusaha menemukan apa yang kita sukai, maka perubahan tidak akan pernah mungkin terjadi.

Tapi apabila kita berani bermimpi, berani membayangkan kemungkinan, dan berani untuk benar-benar mencari apa yang kita sukai, dan itu bukan hanya kemungkinan, tetapi menjadi suatu probabilitas.

Jadi apa yang harus dilakukan? Bagaimana menemukan gairah atau passion di dalam hidup? Simak tips berikut:

1. Tanyakan ke diri sendiri, Apakah ada sesuatu hal yang kita suka?

Tanyakan ke diri sendiri apakah hobi kita, atau sesuatu yang kita gemari saat masih kecil, tetapi tidak pernah menganggapnya sebagai sesuatu hal yang mungkin?

Apakah kita hobi membaca buku, mengkreasikan sesuatu, mengumpulkan sesuatu, membuat sesuatu, membuat atau membangun, mungkin ada cara bisa kita lakukan sembali sambil mencari nafkah. Terus gali potensi minat dan passion kita.

Jika kita sudah tahu apa yang kita sukai, maka kita sudah maju selangkah dari sebelumnya. Sekarang kita hanya perlu berpikir kreatif dan meneliti kemungkinan memperoleh penghasilan sembari membuat suatu karya.

2. Cari Tahu Lebih Lanjut

Sebagian orang, ketika bersemangat tentang sesuatu, maka akan mencari tahu seluk beluk sesuatu atau hal tersebut selama berjam-jam. Mulai dari mencari refensi berupa buku atau artikel hingga browsing di internet.

Terus perbanyak referensi dan ilmu yang berkaitan dengan passion kita. Jangan tutup pikiran, kita harus lebih terbuka menerima berbagai referensi agar sudut pandang kita semakin luas.

3. Brainstorming

Cobalah keluarkan selembar kertas, dan mulailah menuliskan ide. Apa pun yang terlintas dalam pikiran, tulislah itu.

Lihatlah di sekitar kita, di sekeliling kita, carilah inspirasi dan tulislha hal itu. Jangan ragu misalnya ada ide buruk pada tahap ini. Tulis semuanya, dan cobalah evaluasi nanti.

4. Jelajahi Kemungkinan di Sekitar Kita

Tanyakan ide kepada orang lain. Lihat apa yang orang lain temukan sebagai hasrat yang mereka sampaikan. Carilah Internet untuk mendapatkan ide-ide yang menarik.

Semakin banyak kemungkinan yang bisa kita temukan, semakin besar peluang kita untuk menemukan gairah dan passion sejati kita.

5. Jangan Berhenti dari Pekerjaan Sebelumnya

Jika kita menemukan passion, hasrat dan gairah kita, jangan langsung memutuskan keluar dari pekerjaan yang kita geluti sehari-hari. Yang terbaik adalah tetap bekerja sembari meneliti kemungkinan yang bisa diambil.

Jika kita dapat melakukan passion kita sebagai pekerjaan sampingan, dan meningkatkan penghasilan selama beberapa bulan atau satu tahun, itu lebih baik.

Hal itu akan memberikan kesempatan kita untuk menabung, sambil mempraktikkan keterampilan yang kita butuhkan.

6. Coba saja dulu

Yang terbaik adalah benar-benar menguji ide baru yang kita temui sebelum mencoba berpindah karier. Lakukan dulu itu  sebagai hobi atau pekerjaan sampingan pada awalnya, sehingga kita dapat melihat apakah itu benar-benar panggilan sejati yang kita miliki.

Kita mungkin merasa bersemangat tentang hal itu selama beberapa hari. Tetapi apakah semangat itu bisa bertahan selama beberapa bulan?

Jika iya, maka kita sudah lulus tes ini, dan mungkin kita telah menemukan passion kita sesungguhnya.

7. Perbanyak Riset

Ketahui sebanyak mungkin tentang hasrat dan passion yang kita miliki. Jika itu hanya hasrat sementara, maka mungkinkita sudah melakukan ini.

Bagaimanapun, lakukan penelitian lebih mendalam. Perbanyak referensi dan carilah informasi sebanyak mungkin.

Temukan orang yang sudah berpengalaman dan yang melakukan apa yang ingin kita lakukan dan tanya mereka tentang suka duka menjalani profesi itu.

Berapa banyak penghasilan mereka? Pelatihan dan keterampilan apa yang dibutuhkan? Bagaimana cara memulainya? Rekomendasi apa yang penting untuk pemula?

8. Berlatih dan Berlatih

Kita harus senantiasa mengasah diri kita agar beranjak dari pemula menjadi ahli atau pro. Jika kita ingin mendapatakan penghasilan dari kegiatan itu, tentu kita harus memiliki keterampilan profesional.

Ketika kemampuan dan keahlian kita meningkat, maka karya kita akan jauh lebih baik lagi, sehingga otomatis penghasilan pun akan meningkat.

Berlatihlah dengan waktu yang cukup dan wajar. Jika itu sudah menjadi passion kita, maka kita tak akan kenal lelah melakukannya.

9. Jangan Pernah Berhenti Mencoba

Mungkin kadang kita tidak dapat menemukan gairah atau passion kita pada awalnya. Kemudian kita menyerah beberapa hari kemudian dan berujung pada kegagalan.

Jangan Menyerha, teruslah mencoba, selama waktu yang lama jika perlu, dan maka kita akan menemukan “jawabannya” pada akhirnya.

Jika kita merasa bosan, Coba mulai lagi dan temukan semangat baru. Mungkin ada lebih dari satu passion di dalam hidup kita, jadi jelajahi semua kemungkinan yang ada.

Menemukan gairah atau passion tetapi belum berhasil mencari nafkah di hal itu? Tetaplajh yakin dan jangan menyerah. Selalu ada banyak cara untuk memperoleh penghasilan dari hal itu.

Teruslah mencoba, dan coba lagi, sampai kita berhasil. Sukses itu tidak mudah dna butuh proses, jadi menyerah lebih awal adalah cara pasti untuk gagal.

Teruslah berusaha, dan yakinlah kita akan meraih kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *