5 Tips Cara Membuat Video YouTube bagi Pemula

YouTube memiliki jutaan pemirsa di seluruh penjuru dunia yang tentunya siap menunggu konten-konten terbaik yang mungkin bisa kita hasilkan. Tetapi sebelum bisa meraih kesuksesan di Youtube, kita perlu tahu terlebih dahulu cara membuat video YouTube.

Asumsikan saja kita seorang pemula yang tidak tahu apa-apa tentang membuat video YouTube.

Untungnya, dasar-dasarnya bisa dipelajari.

Jadi, inilah tips utama bagi Youtuber pemula.

1. Rancang Jadwal Pembuatan Video

Buatlah Rencana Membuat Pembuatan Video

Sebelum membuat video YouTube, kita harus memahami subjek dari video kita. Cari tahu apa yang ingin kita sampaikan, dan kepadan siapa nanti kita menyampaikannya.

Apakah video dibuat untuk menghibur? Atau semacam argumen untuk meyakinkan orang lain? Atau mungkin mungkin bermaksud memberikan ilmu pengetahuan.

Cobalah untuk menempatkan diri pada posisi pemirsa ketika menonton konten video yang kita hasilkan.

Cari tahu apa yang membuat orang lain bisa tertarik mengklik dan menonton video YouTube kita. Jika kita mampu menemukan apa saja daya tarik video kita, tentunya itu adalah langkah maju untuk meraih kesuksesan.

Tidak semua video memerlukan pendekatan yang sama.

Jika video harus panjang dan bertele-tele, buatlah sebuah naskah skrip walaupun mungkin memakan waktu, tetapi dengan adanya narasi akan memperkaya isi video yang dihasilkan.

Baca naskah yang sudah dibuat dan pastikan relevan, ringkas, dan mengalir dengan baik.

Pertimbangkan juga untuk membuat naskah mentah, seperti daftar poin-poin yang ingin dibahas. Dengan adanya rambu-rambu yang jelas, akan menambah ketertarikan audien video kita.

Pada saatnya nanti kita akan mengembangkan suara dan gaya kita sendiri, dan menyusun cara  tentang cara terbaik untuk mengisi pembukaan di video YouTube (ajakan men-subscribe, menekan lonceng dll).

2. Tentukan dan Pahami Audiens

Tentukan dan Pahami Audiens

Salah satu aspek terpenting dari cara membuat video YouTube adalah memahami audiens. Jika ingin video Anda berkinerja baik, kita harus bisa berbicara kepada audiens yang kita sasar.

Jenis video yang dibuat akan menentukan siapa yang akan menontonnya. Berikan pemikiran serius tentang berapa lama durasi video yang diinginkan.

Salah satu aspek terpenting dari kesuksesan YouTube adalah buatlah video seringkas dan sepadat mungkin. Penonton YouTube menginginkan sesuatu yang unik yang membuat mereka penasaran.

3. Pelajari Dasar-Dasar Membuat Video

Pelajari Dasar-Dasar Membuat Video

Kita perlu mempelajari beberapa keterampilan dan keahlian dalam menghasilkan sebuah video. Gunakan software editing video seperti adobe premier pro atau software lainnya.

Untuk merekam video mungkin kita cukup menggunakan smartphone kita saja.

Untuk hasil yang lebih baik bisa menggunakan kamera DSLR atau kamera yang mendukung resolusi 4K. Namun sebagian besar konten Youtube saat ini masih ditonton pada resolusi  1080p kebawah.

4. Unsur Audio dan Suara juga Penting

Unsur Audio dan Suara juga Penting

Saat membuat video YouTube, faktor video atau tampilan tidak melulu selalu dominan, faktor audio juga sangatlah penting.

Audio menjadi dasar narasi video kita, sementara video sering kali bersifat pelengkap saja. Jadi kita harus selalu memikirkan hubungan antara audio dan video.

Banyak cara untuk merapikan video yang buruk, tetapi ada sedikit yang dapat dilakukan apabila audionya yang buruk. Itulah mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa kualitas audio jelas dan jernih.

Walaupun kualitas suara yang lumayan mungkin cukup baik, satu cara mudah untuk meningkatkan kualitas produksi audio secara keseluruhan adalah dengan berinvestasi pada mikrofon yang memadai.

Jika berbicara langsung ke kamera, kita mungkin tidak ingin bergantung pada mikrofon bawaan dalam kamera. Gunakan mikrofon eksternal seperti mikrofon lavalier, yang dijepitkan di baju kita yang berguna untuk menangkap kata yang diucapkan dengan jelas.

Tidak ada yang salah dengan menggunakan mikrofon ini pada PC atau Laptop untuk merekam suara. Kita akan lebih nyaman dengan mikrofon yang terpasang di meja.

Jika kita merekam langsung ke komputer, Anda harus menggunakan editor audio yang memadai untuk melakukannya. Audacity adalah salah satu software yang mumpuni, bagus dan tentunya gratis.

5. Gunakan Software Editor Video

Gunakan Software Editor Video

Jadi, ketika sudah punya file video dan audio, yang selanjutnya dilakukan adalah mengedit semuanya bersama-sama menggunakan software editor. Pilihan software tergantung kemampuan kita masing-masing.

Di Mac ada aplikasi iMovie. iMovie adalah editor video gratis yang menyederhanakan proses pengeditan video.

Untuk Windows mungkin bisa menggunakan Wondershare Filmora. Software ini memiliki banyak fitur dan gratis.

Selain itu ada Da Vinci Resolve yang umumnya digunakan oleh colorists profesional untuk membuat cuplikan, tetapi dilengkapi dengan editor video non-linear yang memiliki fitur lengkap.

Jika memiliki kemampuan finansila lebih gunakanlah Adobe Premiere Pro. Final Cut Pro juga salah satu software yang patut dipertimbangkan.

Apapun aplikasinya, hal terpenting adalah mempelajari cara menggunakannya dengan benar. Dan di YouTube banyak tutorial dan tips video dalam hal pengeditan video yang bisa kita manfaatkan untuk dipelajari.

baca juga: Ingin Membuat Channel Youtube? Perhatikan 7 Hal ini

Buat, Upload, dan Terbitkan

Buat, Upload, dan Terbitkan

Setelah karya video selesai dibuat, saatnya untuk mengunggah dan mempublikasikan video YouTube untuk pertama kalinya.

Selamat, kamu telah berhasil.

Sekarang kita tahu aspek-aspek apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam membuat video YouTube.

Buat dan unggahlah konten video secara teratur.

Konsistensi adalah kunci kesuksesan. Buat video sesuai kemampuan, tingkat keahlian, dan waktu luang  yang kita miliki.

Buatlah jadwal penerbitan video yang realistis untuk dipenuhi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *