Tips Membuat Ruang Kerja di Rumah

Sebagai tempat untuk bekerja dari rumah atau work from home, rumah bisa dikondisikan senyaman mungkin untuk dijadikan ruang bekerja. Membuat ruang kerja di rumah selain menjadikan kita lebih fokus dan lebih nyaman sewaktu menyelesaikan pekerjaan. Berikut tips membuat ruang kerja di rumah:

1. Singkirkan Benda-benda yang Mengganggu saat Bekerja

Singkirkan Benda-benda yang Mengganggu

Jika bekerja dari rumah, kemungkinan besar kita banyak menggunakan komputer atau laptop kita. Selain menyiapkan alat yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan, penting untuk meminimalkan alat-alat yang tidak diperlukan di sekeliling kita.

Jangan hanya menutup gagang telepon atau mencabut kabelnya, tapi pindahkan barang-barang lain yang dirasa bisa menganggu fokus kita dalam bekerja di rumah misalnya tv atau konsol game.

2. Buatlah Senyaman Mungkin

Buat Senyaman Mungkin

Lingkungan berpengaruh terhadap produktivitas kita sewaktu bekerja dari rumah. Buatlah ruang tersendiri yang dapat membuat kita santai tetapi tetap bersemangat. Tetapi sebelumnya perhatikan hal-hal berikut:

Gunakan Penerangan yang Memadai

Bekerja di ruang yang minim cahaya tidak akan menjadikan kita produktif saat bekerja dari rumah. Ruang kerja yang redup dapat menyebabkan rasa kantuk dan rasa tegang di mata kita, terutama sewaktu membaca dokumen fisik.

Untuk memaksimalkan produktivitas, pastikan pencahayaan memadai. Pilih ruang dengan banyak cahaya alami dari luar. Apabila diperlukan tambahkan juga lampu meja .

Namun waspadalah, terlalu banyak cahaya juga bisa menyebabkan mata menjadi tegang. Jika mulai sakit kepala, penglihatan kabur, iritasi mata, atau rasa sakit di leher, cobalah menutup sedikit tirai atau mengurangi pencahayaaan.

Pilih Furniture yang Nyaman

Ya, berbaring di sofa atau berbaring di tempat tidur sangatlah nyaman. Tetapi usahakan bekerja di meja saja jika ingin lebih serius dan produktif.

Perabot di ruang kerja rumah cukup dan mendukung. Kursi harus membuat kita duduk dengan nyaman dan duduk dengan tegak. Meja harus memiliki cukup ruang atau space yang bisa digunakn untuk meletakkan barang yang dibutuhkan.

Tutup pintu

Pintu tertutup mengisyaratkan bahwa orang di ruangan itu tidak ingin diganggu. Menutup pintu juga bisa mengurangi kebisingan dan mencegah adanya gangguan, seperti televisi atau suara orang2 di dalam rumah. Sebisa mungkin, jauhkan gangguan visual dan pendengaran dari ruang kerja kita.

Maksimalkan Konektivitas

Karena bekerja di rumah sangat membutuhkan akses listrik dan internet, Tempatkanlah meja di dekat colokan listrik. Jika perlu tambahkan kabel roll agar koneksi ke listrik lebih banyak.

Usahakan kecepatan Wi-Fi di rumah cukup mumpuni. Pindahkan router agar lebih dekat, atau pindahkan meja lebih dekat ke router.

Jaga agar tetap bersih

Ruang kerja yang berantakan sangat tidak enak dipandang, mengacaukan konsentrasi dan membuat kita sulit menemukan barnag yang kita cari.  Ruang kerja yang bersih akan meningkatkan produktivitas ketika bekerja dari rumah. Terlebih dahulu, usahakan menyapu dan mengepel ruang kerja dan menambahkan pengharum ruangan agar suasa ruang kerja nyaman dan bersih.

Kualitas Udara yang Cukup

Saat bekerja di dalam ruang yang sama sepanjang hari, kualitas udara akan memengaruhi produktivitas kita. Udara kering dan berdebu dapat mengiritasi saluran pernapasan. Udara yang terlalu lembab dapat meningkatkan pertumbuhan jamur dan bakteri. Maka jika cuaca cerah, bukalah jendela, agar sirkulasi udara tetap terjaga.

3. Beri Tanda Jangan Diganggu

Beri Tanda Jangan Diganggu

Ketika bekerja dari rumah, gangguang-gangguan pasti akan muncul. Oleh karena itu kita harus memetakan gangguan dan mencari solusi untuk menghindari gangguan.

Jelaskan kepada orang rumah bahwa bekerja diari rumah sama pentingnya dengan bekerja di kantor. Beri tahu orang rumah kapan kita tidak bisa diganggu dan kapan kita boleh untuk berinteraksi lagi.

baca juga: Hambatan Saat Bekerja dari Rumah

Jika memiliki anak kecil, dapatkan pengasuh anak atau buatlah anak-anak sibuk dengan mewarnai, menggambar dll. Jika punya hewan peliharaan, letakkan mereka di ruang khusus atau kandang.

Pertimbangkan juga untuk memberi tanda tanda “jangan diganggu” di pintu agar orang rumah tidak mengganggu kita.

4. Letakkan benda atau asupan yang bisa menghilangkan Stres

Letakkan benda atau asupan yang bisa menghilangkan Stres

Salah satu keuntungan bekerja dari rumah adalah kita memiliki akses benda atau alat yang bisa membantu kita meredakan kepenatan atau stres sewaktu bekerja. Ya, cobalah manfaatkan itu.

baca juga: 7 Tips Bekerja dari Rumah yang Produktif

Secangkir teh chamomile atau latte dapat membantu kita berelaksasi. Meletakkan matras di dalam ruang kerja juga dapat membantu kita melakukan peregangan seperti push-up, sit up dll.

baca juga: 4 Cara Menghindari Gangguan Saat Work From Home

Kesimpulan

Tetap produktif saat bekerja dari rumah itu lumayan sulit. Awalnya mungkin butuh penyesuaian dan ritme yang berbeda.

Tetapi dengan beberapa perubahan dan penyesuaian, mungkin kita bisa seproduktif sewaktu di kantor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *