Cara Membuat Channel Youtube Menjadi Berkembang

YouTube sekarang memiliki 2 miliar pengguna yang saling terhubung tiap bulannya, sementara lebih dari 500 jam per konten disiarkan per menit melalui platform ini.

Sejak diluncurkan sekitar 15 tahun yang lalu, YouTube telah menjadi platform favorit bagi para content creator karena fitur-fitur yang banyak disematkan di Youtube.

Sehingga mereka bisa  menyajikan konten viral, konten pendidikan, vlog, talkshow dan lain-lain. Tidak heran jika banyak brand besar yang berani terjun ke Youtube untuk memperoleh penonton tambahan dan penghasilan dari youtube.

Berikut serangkaian kiat dan rekomendasi untuk meningkatkan channel Youtube kita:

1. Cari Apa Yang Trending

Tren dalam video muncul tanpa pemberitahuan sebelumnya, tetapi mengupload konten terkait dapat membantu kita meningkatkan jumlah traffic atau kunjungan.

Untuk mengetahui apa yang sedang banyak dibicarakan orang, coba gunakan Google Trends. Google Trends membantu memungkinkan kita menemukan apa yang lagi trending.

Dengan ini, kita akan tahu apakah konten yang akan kita rencanakan termasuk di antara topik yang banyak dicari pengguna di platform.

2. Temukan Niche atau Topik

Kita tidak hanya cukup menemukan apa yang sedang trending dan dibicarakan orang untuk kemudian membuat video yang relevan. Tapi kita juga perlu menemukan niche atau sering disebut sebagai topik sebagai referensi pembuatan konten video kita selanjutnya.

Di dalam YouTube ada ribuan saluran yang sangat terspesialisasi dan tersegmentasi yang mampu menghasilkan ribuan penayangan.

Misalnya, apakah topik yang ingin kita tampilkan adalah terkait makanan, teknologi, talkshow atau campuran berbagai niche.

Dengan kata lain, di YouTube kita akan selalu menemukan orang-orang yang memiliki hobi dan selera yang sama.

3. Jaga Orisinilitas Konten

Memiliki channel yang otentik dan dipersonalisasi akan membuat audiens dan subscriber kita akan mengidentifikasi dan mengenali konten apa yang hendak kita buat.

Oleh karena itu mengapa penting untuk merencanakan berbagai elemen penting pada tampilan dashboard YouTube kita seperti latar belakang, spanduk, dan topik yang bisa kita bahas di video kita misalnya.

Berikut ada kiat-kiat yang mungkin membantu:

  • Pelajari dan dapatkan kiat lain untuk membuat channel kita menjadi lebih menarik:
  • Buatkan konten asli dari ide kita sendiri dan tambahkan nilai tambah pada video yang kita buat.
  • Jangan lupa untuk menggunakan deskripsi singkat yang bisa menimbulkan ketertarikan atau keingintahuan orang lain
  • Pikirkan kata kunci yang berfungsi untuk mempermudah orang lain mengidentifikasi video yang telah kita buat. Tambahkan gambar, opini, dan konten unik yang bisa membuat kita selalu terhubung dengan penonton atau audiens.

4. Patuhi Pedoman Komunitas

Untuk membuat channel kita menjadi channel yang paling menarik dari yang lain dan bisa terus berkembang, penting bagi kita menjaga orisinalitas konten video. Artinya, kita harus menghormati hasil kreasi dari channel lain.

Hal ini penting karena kita harus memastikan bahwa video yang kita buat tidak melanggar hak orang lain, seperti musik, gambar, video, atau konten kreatif lainnya.

Beberapa tips yang membantu

  • Ada mitos seputar topik ini yang menyarankan agar kita dapat menggunakan materi berhak cipta, seperti trek musik atau fragmen dari program yang dilindungi, tetapi kenyataannya lebih baik memberi peringatan dini kepada diri kita sebelum mengunggah video.
  • Beberapa pembuat konten mengaktifkan lisensi Creative Commons, untuk mengizinkan pengguna lain menggunakan materi tersebut, memperhatikan izin tersebut dan juga menandai video yang ingin kita bagikan sehingga orang lain dapat mengambilnya dan membuat channel kita menjadi lebih dikenal.

5. Gunakan fitur Live Streaming

Live streaming adalah cara yang bagus untuk membuat kita terhubung dengan audiens karena kita menerima interaksi dan komentar secara secara real time. Cara sederhana melakukan streaming adalah lewat webcam, karena ini adalah cara termudah dan paling praktis untuk melakukannya.

Sebelum melakukan siaran, pastikan untuk memberikan pengumuman sebelumnya. Begitu memulai, jangan lupa berinteraksi dengan orang-orang yang memberikan feedback, sehingga menjalin komunikasi yang relevan dengan topik yang dibahas.

Live Streaming adalah pilihan yang bagus, tetapi jangan sampai membuat penonton jenuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *