Cara Cepat Memperoleh Banyak Follower di Twitter

Twitter sudah menjadi media sosial yang sangat populer. Dengan semakin banyak follower otomatis akan membuat akun kita menjadi populer. Lantas apa saja sih cara agar memperoleh banyak follower di Twitter? Simak ulasan berikut.

Sampai dengan artikel ini dibuat, ada 330 juta pengguna Twitter aktif di seluruh dunia dan 139 juta orang menggunakan platform ini setiap hari. Apabila menggunakan strategi yang tepat dan efektif, tentunya akan bisa menambah populer akun twitter yang kita miliki.

Di dalam artikel akan dijelaskan kiat-kiat apa saja yang dapat meningkatkan jumlah follower kita di Twitter dengan cepat.

Mari kita mulai saja.

Mendapat Banyak Follower di Twitter

1. Optimalisasi Profil Twitter

Ya..jadi yang pertama yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan profil Twitter. Mengingat bahwa hampir 15% dari tweet dilakukan oleh bot, jadi kita harus bisa mengkreasikan profil Twitter agar tidak dianggap sebagai bot.

Dengan cara ini, orang akan tertarik mem-follow akun Twitter kita.

Berikut langkah-langkah yang tepat untuk mengoptimalkan profil Twitter:

  • Gunakan foto profil yang profesional – Foto profil Twitter harus membuktikan bahwa pemilik akun adalah manusia bukan bot.
  • Profil harus lengkap – Harus diperjelas mengenai siapakah kita, apa kegiatan kita, dimana kita bekerja dan dimana lokasi kita. Dengan mengoptimalkan profil Twitter, akan menciptakan kesan pertama yang positif dengan pengguna yang pada akhirnya ingin mem-follow akun kita.

2. Memposting tweet Secara Konsisten

Tidak seperti platform media sosial lainnya, Twitter membutuhkan strategi konten yang lebih agresif. Semakin agresif semakin memperoleh banyak follower di Twitter.

Kita harus konsisten dengan men-tweet dan sebisa mungkin terjadwal. Menurut riset CoSchedule menjelaskan bahwa mem-tweet 3 hingga 7 tweets per hari dapat meningkatkan popularitas.

Jadi kita perlu memastikan bahwa tidak ada hari yang terlewat tanpa memposting tweet, berinteraksi dengan pengguna lain, dan berbagi konten yang bermanfaat.

Coba Lakukan 4 hal ini setiap hari:

  • Tweet setidaknya lima kali sehari
  • Berpartisipasi dalam diskusi dengan membalas beberapa tweet setiap hari
  • Retweet ke tweet yang relevan setidaknya dua kali sehari
  • Komentari tweet yang relevan di timeline kita

Idenya bukan hanya untuk mempromosikan diri sendiri, tetapi untuk membagikan konten yang bermanfaat dan fresh, yang akan membuat orang lain merasa akun twitter kita bermanfaat bagi mereka.

Dengan cara ini, mereka akan mem-follow kita dan berharap untuk membaca konten kita setiap kali memposting di timeline.

Untuk membuat tweet yang konsisten dapat diotomatisasi dengan menggunakan aplikasi seperti Hootsuite, Buffer, PostPlanner, SproutSocial, dll.

Cukup bereksperimen dengan tools tersebut dan tetap menggunakannya jika yakin tools itu cocok. Perhatikan bahwa masing-masing tools ini, bisa efektif bila digunakan di area yang berbeda.

3. Gunakan #Hashtags atau Tagar

Menggunakan #hashtags mirip dengan mengoptimalkan posting dalam rangka SEO. Tagar atau hashtags membuat konten lebih mudah dicari. Hasil riset Sprout Social menunjukkan bahwa tweet dengan tagar meningkatkan keterlibatan antar user sebesar 12,6% dari tweet yang tanpa tagar.

Menggunakan tagar di Twitter adalah hal yang harus dilakukan jika ingin meningkatkan jumlah follower Twitter dengan cepat. Tagar membantu untuk mengklasifikasitweet ke dalam kelompok atau topik yang relevan. Sehingga ketika pengguna mencari konten yang diposting dengan tagar yang relevan, tweet kita juga akan muncul dalam pencarian mereka.

Ingat, meskipun dianjurkan harus menambahkan tagar di tweet kita, pertahankan setidaknya 1 atau 2 per-tweet dan pastikan tag tersebut relevan. Tweet dengan tagar yang relevan akan menerima lebih banyak keterlibatan antar user.

Perhatikan juga jangan menambahkan tagar terlalu banyak di tweet, karena akan dianggap sebagai spam. Cukup cari tagar yang menarik banyak pengikut, dan relevan dan cobalah untuk membatasi diri dari penggunaan tagar yang berlebihan.

4. Posting Tweet Diwaktu Yang Tepat

Untuk mengatur waktu untuk memposting tweet dengan tepat dan benar, kita perlu tahu jam berapa target audiens kita aktif di platform Twitter. Bagaimanapun, tidak ada yang akan melihat tweet kita jika diposting ketika mereka sedang tidur. Jadi postinglah tweet sewaktu audiens kita sudah aktif beraktivitas.

Beberapa studi merekomendasikan tweet dilakukan selama hari kerja, pagi, dan sore hari. Lakukan riset kita sendiri untuk mengetahui waktu yang tepat tweet kita dapat menerima lebih banyak penayangan saat di posting.

Menumbuhkan follower di Twitter tidak harus membuat kita terpaku di depan komputer atau gadget. Tetap lakukan aktivitas normal kita sehari-hari. Setelah mengetahui waktu target audiens sudah aktif di Twitter, kita dapat menjadwalkan tweet untuk ditayangkan pada waktu tersebut.

5. Konten Tweet yang Cocok untuk Twitter

Konten Tweet yang Cocok untuk Twitter

Perlu dicatat bahwa tidak semua konten cocok untuk Twitter. Menurut statistic, ada sekitar 5.787 tweets per detik dari seluruh penjuru dunia.

Ketika men-tweet, kualitas akan lebih penting daripada hanya sekedar kuantitas, meskipun akan lebih baik jika menggabungkan keduanya. Pastikan tweet kita unik, berkualitas dan bermanfaat dan terus retweet konten lain yang juga memiliki nilai yangberharga sehingga banyak follower kita yang dapat melihatnya.

Twitter adalah platform yang dalam hal berita yang instan, update, dan dapat cepat di-share.

6. Bereksperimen dengan Konten Audio Visual

Kebanyakn manusia lebih menyukai konten yang berwujud visual atau gambar karena lebih mudah diserap dibandingkan dengan tulisan atau teks. Berbagi tweet dengan konten visual akan dapat menarik lebih banyak like, share, dan retweet. Tentunya jika mendapatkan kombinasi ketiga hal tersebut akan dapat mempopulerkan tweet kita.

Pengguna lain akan penasaran dan mereka tentunya akan juga memfollow akun kita. Karena itu, selalu pastikan untuk melengkapi tweet dengan gambar yang bagus, sebuah gambar GIF atau video yang singkat.

7. Pantau Feedback dari Tweet

Pantau Feedback dari Tweet

Setelah menerapkan semua strategi di atas, jangan lupa untuk terus memantau feedback atau umpan balik yang diterima di kolom tweet. Hal itu akan menjadikan kita tahu bagaimana cara untuk mengoptimalkan akun Twitter lebih lanjut.

Analisis juga apakah dengan memposting tweet setidaknya 5 kali sehari atau dengan menyematkan tagar adalah sebuah strategi terbaik. Gunakan juga Twitter Analytics untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan akun Twitter dengan cara yang benar dan tepat.

baca juga: 10 Tips Twitter Bagi Pemula

Kesimpulan

Meningkatkan jumlah follower Twitter tidaklah mudah dan cepat, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk memperoleh banyak follower di Twitter.

Caranya, cukup dengan menerapkan strategi dan kiat-kiat di atas yaitu dengan membuat konten atau posting yang unik dan berkualitas, optimalkan tampilan profil Twitter, meretweet informasi yang sekiranya bagus dan bermanfaat, dan ikuti kiat -kiat lain di atas agar akun Twitter kita senantiasa cepat berkembang dan populer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *