3 Cara Agar Tubuh Kita Tetap Bugar Sepanjang Waktu

Mungkin sebagian diantara kita harus bekerja dari rumah atau work from home karena pandemi Covid-19.  Bisa jadi bekerja dari rumah malah menimbulkan tekanan pada kondisi fisik dan mental kita. Dengan beberap langkah mudah berikut niscaya kita akan mebuat tubuh kita selalu sehat dan bugar dalam mengatasi kondisi apapun.

1. Makan Makanan Yang Sehat dan Bergizi

Makan Makanan Yang Sehat dan Bergizi

Mari lihat sisi baiknya, dimana banyak gerai-gerai makanan fast food tutup akibat pandemi Covid-19. Mungkin sudah waktunya kita mengubah gaya hidup kita dengan makan makanan yang lebih sehat dan bergizi.

Berikut ini tips makan makanan yang sehat:

  • Simpan makanan kaleng atau siap saji untuk keadaan darurat saja, tetapi makan makanan yang segar setiap hari. Belilah sayuran, buah-buahan, dan daging semmapu kita. Jika Anda tidak bisa menanam sayuran sendiri, cari tahu di mana Anda bisa mendapatkan makanan segar di sekitarnya.
  • Sediakan makanan olahan secukupnya untuk berjaga-jaga semisal kita lapar di malam hari.
  • Simak dan Ikuti tips-tips mengolah makan makanan yang sehat seperti di Youtube dll.
  • Buat jurnal dan ambil foto makanan sehat yang akan kita makan. Sebagai sarana pengingat untuk dijadikan kebiasaan yang sehat.

2. Banyak Bergerak atau Berolahraga

Banyak Bergerak atau Berolahraga

Akibat dari bekerja dari rumah, mungkin kita menjadi jarang bergerak atau berolahraga dan malah asyik nonton film di Netlix dll. Apalagi ketika kita dalam kondisi stres, maka respons alami dari  biasanya berupa kelebihan tidur atau makan, atau bahkan keduanya.

Untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh kita, pastikan kita melakukan gerakan sehat atau berolahraga setiap hari. Banyak bergerak dan berolahraga membuat kita tidak menambah berat badan secara pasif.

Simak tips berikut.:

  • Jika menyukai fitnes, zumba dan lain sebagainya, maka buatlah tempat sederhana sebagai tempat melakukan relaksasi sambil diiringi tutorial-tutorial di YouTube dan juga sambil mendengarkan lagu-lagu favorit kita. Ini adalah cara yang bagus agar kita tetap termotivasi saat melakukan olahraga atau gerakan yang sehat.
  • Ada banyak video latihan gratis di YouTube. Kombinasikan semua latihan itu agar kita tidak cepat bosan.
  • Jika kita lebih suka menggunakan aplikasi, temukan aplikasi latihan gratis atau berbayar yang mampu memberikan informasi progres dan capaian latihan kita.
  • Jika kita mempunyai halaman rumput atau halaman belakang, cobalah untuk berkebun atau bercocok tanam. Kita tidak hanya akan menggerakkan tubuh kita, tapi juga akan mendapatkan sinar matahari dan sayuran sehat untuk makanan kita.

Jika sasaran yang kita inginkan adalah menurunkan berat badan,maka ini adalah sesuatu yang menarik. Banyak ahli kesehatan percaya bahwa penurunan berat badan adalah kombinasi dari olahraga dan diet. Namun, olahraga sering dikatakan 20% bertanggung jawab atas penurunan berat badan seseorang.

Latihan kardiovaskular seperti jogging, aerobik, dan bersepeda sangat baik untuk sirkulasi darah, kesehatan jantung, dan peningkatan kapasitas paru-paru. Latihan kekuatan sangat baik untuk melindungi tulang dan pencegahan penyakit tulang. Setelah kita mampu menurunkan berat badan, tentunya kita akan mempertahankan gaya hidup yang sehat juga.

3. Minum Air Yang Cukup

Minum Air Yang Cukup

Ternyata stres dan dehidrasi memiliki korelasi yang cukup kuat.

Ketika kita stres, detak jantung menjadi naik dan napas menjadi lebih berat. Hal itu menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan. Terkadang orang sering lupa makan dan minum ketika mereka memiliki kecemasan. Maka cobalah pastikan bahwa kita tetap memiliki cairan tubuh yang cukup selama masa-masa penuh tekanan.

Jika kita berada di ruang di mana tiba-tiba kita merasa rasa lapar, cobalah minum air hangat terlebih dahulu dengan lemon. Dalam banyak kasus, orang makan karena asumsi mereka lapar. Pada kenyataannya, tubuh menginginkan lebih banyak asupan air. Jika kita suka minuman bersoda dan berkarbonasi, tuangkan air berkarbonasi ke dalam gelas dengan es secukupnya.

Ketika tubuh tetap terhidrasi, maka akan memberikan tubuh kita  fondasi yang dibutuhkan untuk bekerja secara efisien. Kurangi asupan kalori cair dengan hanya minum air putih saja secukupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *