Apa yang Memotivasi Kita dalam Hidup? 5 Langkah untuk Mencarinya

Anda mungkin pernah mendengar pepatah lama “kenalilah dirimu sendiri.” Memahami diri sendiri adalah langkah kunci dalam menjalani hidup yang bahagia dan sukses. Salah satu cara untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik adalah dengan mencari tahu apa yang memotivasi Anda dalam hidup.

Motivasi paling baik didefinisikan sebagai apa yang menyebabkan Anda mengambil tindakan. Mungkin ada perubahan yang ingin Anda lakukan dalam hidup Anda, tetapi untuk membuatnya, Anda harus tahu apa yang akan menyebabkan Anda mengambil tindakan. Ini akan tergantung pada berbagai faktor. Penting untuk mengenali penyebab motivasi yang berbeda sehingga Anda dapat memanfaatkan yang paling efektif dalam hidup Anda sendiri.

Gerakan Tidak Selalu Kemajuan

Karena kebanyakan orang sibuk mengambil tindakan, menentukan motivasi Anda jarang dibahas. Anda hanya tahu bahwa Anda memiliki tujuan yang ingin Anda capai dan Anda bersedia melakukan apa pun untuk mencapai tujuan itu.

Meskipun pendekatan ini dapat bekerja, itu bukan yang paling efektif. Ketika Anda tidak tahu apa yang memotivasi Anda dalam hidup, Anda pada dasarnya menggunakan kemauan Anda sendiri untuk mencapai tujuan Anda. [1]

Namun, kemauan keras adalah sumber daya yang lengkap, dan itulah sebabnya kurang dari 20% orang menyelesaikan resolusi mereka setiap tahun [2] Jika Anda ingin berada di 20% yang berhasil mengubah hidup mereka, Anda perlu memanfaatkan lebih dari kemauan. Anda membutuhkan rencana yang terstruktur dengan cara memanfaatkan kekuatan Anda.

Apa yang Memotivasi Anda dalam Hidup Adalah Kunci

Seseorang yang berfokus pada memajukan karier mereka lebih mementingkan gelar daripada gaji. Karena itu, menawarkan lebih banyak uang tetapi gelar yang sama tidak akan memotivasi tipe individu ini. Jika Anda menawarkan gelar yang lebih baru kepada orang yang sama dengan gaji yang sama, mereka akan termotivasi untuk mengambil posisi itu karena kemajuan penting bagi mereka.

Jangan meremehkan kekuatan mengetahui apa yang memotivasi Anda dalam hidup. Ada alasan bahwa sebagian besar jaksa penuntut harus memberikan motif bagi juri untuk mempertimbangkan kesalahan terdakwa. Itu karena tindakan Anda perlu dikaitkan dengan keyakinan Anda.

Jika seseorang percaya hidup mereka dalam bahaya, maka ada harapan dari tindakan yang akan diambil orang tersebut. Harus ada konsistensi antara tindakan yang diambil orang tersebut dan motif mengapa mereka mengambil tindakan.

Sederhananya, Anda ingin tindakan Anda sesuai dengan hasil yang ingin Anda capai. Agar Anda menemukan apa yang memotivasi Anda dalam hidup, Anda perlu mempertimbangkan yang berikut:

1. Anda akan melakukannya secara gratis

Jika Anda beruntung, Anda akan dibayar banyak uang untuk melakukan apa yang memotivasi Anda untuk hidup. Namun, itu tidak selalu terjadi. Ada banyak orang yang tidak mencari nafkah dengan melakukan apa yang mereka sukai. Vincent Van Gogh dikenal hari ini sebagai salah satu seniman terbesar dalam sejarah.

Tahukah Anda bahwa ia hanya menjual satu lukisan sepanjang hidupnya? Van Gogh menciptakan lebih dari 900 lukisan sepanjang hidupnya, tetapi ia hanya bisa menjual satu. [3]

Baru beberapa tahun setelah kematiannya orang mulai menghargai karya seninya. Karena Van Gogh suka melukis, ia tidak peduli apakah orang membeli lukisannya.

Motivasi Van Gogh tidak terikat pada apakah orang menghormati pekerjaannya, juga tidak bergantung pada kemampuannya untuk mencari nafkah. Van Gogh melukis karena dia suka melukis.

2. Selalu Ada di Pikiran Anda

Apa yang Anda pikirkan ketika Anda pergi tidur dan bangun? Terkadang Anda bergerak begitu cepat dalam hidup sehingga Anda tidak mendengarkan pesan dari diri Anda sendiri. Ketika Anda bangun, miliki buku catatan di sebelah Anda sehingga Anda dapat menangkap pikiran pertama Anda setiap hari. Ini adalah petunjuk tentang apa yang memotivasi Anda dalam hidup.

Simpan buku catatan Anda dan tambahkan gagasan yang Anda miliki sepanjang hari. Ketika Anda mengisi halaman di buku catatan Anda, Anda harus bisa mengenali beberapa kesamaan dalam pikiran Anda. Hal-hal yang Anda pikirkan sepanjang waktu adalah hal-hal yang Anda pedulikan.

Selain pikiran batin Anda, apa yang memotivasi Anda dalam hidup akan mencakup kegiatan yang selalu Anda bicarakan. Ketika Anda berada di sekitar teman dan keluarga Anda, topik apa yang selalu Anda kemukakan? Pernahkah Anda menemukan diri Anda di toko kelontong berbicara dengan kasir atau orang tas tentang topik yang sama? Jika demikian, kemungkinan Anda telah menemukan sesuatu yang Anda sukai dan termotivasi untuk mengejar.

3. Anda Tersesat dalam Belajar

Apakah ada kegiatan yang tidak bisa Anda penuhi dan lupa waktu untuk terlibat? Ini adalah tanda-tanda bahwa Anda mungkin telah menemukan sesuatu yang memotivasi Anda dalam hidup. Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda membaca materi yang memotivasi Anda, Anda akan membaca lebih banyak dan mengingat lebih banyak daripada yang Anda lakukan dengan materi yang tidak memotivasi Anda. [4]

Kunci motivasi adalah Anda didorong untuk mengambil tindakan. Setiap kali Anda merasa terdorong untuk mengambil tindakan, Anda ingin memperhatikan mengapa Anda mengambil tindakan.

4. Anda Dapat Mendaftarnya di Masa-Masa Terpenuh Kehidupan Anda

Refleksi diri adalah cara yang bagus untuk mengenali apa yang memotivasi Anda dalam hidup. Pikirkan tentang saat-saat dalam hidup Anda ketika Anda merasa paling bangga dengan diri sendiri. Bisa jadi ketika Anda mencapai home run yang memenangkan game atau ketika Anda mendapatkan pekerjaan impian Anda. Apa pun momen-momen ini, tuliskan masing-masing pada selembar kertas. Tinjau daftar Anda dan lihat apakah Anda mengenali kesamaan.

Apakah Anda bersama keluarga, tampil di depan orang lain, atau membantu mereka yang kurang beruntung? Apa pun yang Anda lakukan, ini adalah petunjuk apa yang memotivasi Anda dalam hidup.

Setelah Anda mengenali kesamaan dari apa yang memotivasi Anda, lakukan tindakan untuk mengonfirmasi. Jika Anda senang mengekspresikan kreativitas Anda, temukan cara untuk mengekspresikan kreativitas Anda. Anda mungkin menyadari bahwa Anda memiliki aspek kreativitas yang sangat spesifik yang memotivasi Anda.

Akan ada orang lain yang termotivasi dengan membantu mereka yang membutuhkan. Jika Anda yakin Anda menikmati membantu orang lain, sukarela dan lihat bagaimana perasaan Anda. Anda mungkin menyadari bahwa Anda tidak ingin membantu sembarang orang, tetapi lebih karena alasan tertentu yang Anda sukai.

Maksud dari kegiatan ini bukan untuk menilai motivasi Anda, tetapi untuk menjelajahinya.

5. Anda akan melakukannya jika tidak ada yang menonton

Ada hal-hal yang Anda lakukan dalam hidup karena masyarakat memberi tahu Anda bahwa itu adalah ide bagus. Masyarakat memberi tahu Anda sekolah mana yang harus Anda kunjungi, jurusan dan karier mana yang harus Anda pilih, dan bahkan kota mana Anda harus tinggal. Ada pilihan tertentu yang dianggap bergengsi dan akan diterima dengan baik oleh kebanyakan orang. Lalu, ada jalan yang kurang terkenal yang jarang dilalui.

Hanya Anda yang dapat menjawab pertanyaan, “Mengapa saya berada di jalan ini?” Apakah Anda berada di jalan yang akan membuat Anda mendapat tepukan dari orang tua atau teman Anda? Atau apakah Anda berada di jalan yang hanya sedikit orang mengerti dan menghargai?

Ada pepatah yang mengatakan apa yang Anda lakukan ketika tidak ada orang yang melihat Anda. Jika Anda mengambil tindakan untuk menerima pengakuan dari orang lain dalam hidup Anda, maka Anda sudah mendapatkan hadiah. Namun, jika Anda terpancing untuk mengambil tindakan sesuai dengan tujuan batin Anda, maka Anda melakukan apa yang memotivasi Anda dalam hidup.

Kesimpulan

Apa yang memotivasi Anda dalam hidup akan berubah seiring waktu. Ketika Anda masih muda, hidup mungkin lebih sederhana. Mungkin Anda akan membangun perusahaan multi-miliar dolar karena Anda termotivasi oleh kesuksesan dan signifikansi. Namun, ketika Anda sedikit lebih tua, Anda termotivasi oleh kebebasan dan gagasan bepergian keliling dunia. Kemudian Anda memiliki anak, dan mereka menjadi kekuatan pendorong untuk semua yang Anda lakukan dalam hidup.

Ketika Anda mengalami berbagai peristiwa kehidupan, Anda akan menyadari bahwa motivasi Anda akan menyesuaikan diri. Itulah sebabnya adalah ide bagus untuk mengulas apa yang memotivasi Anda dalam hidup secara berkala. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk menyesuaikan tujuan Anda saat motivasi Anda berubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *