Apa itu Membaca Cepat dan Bagaimana Mempelajarinya

Terlalu banyak membaca, terlalu sedikit waktu! Tidakkah Anda berharap bisa membaca lebih cepat tanpa mengurangi asupan pengetahuan Anda? Di sinilah teknik belajar yang berharga datang untuk menyelamatkan: membaca cepat.

Membaca cepat adalah keterampilan terbaik untuk dipelajari pada tahun 2020. Baca terus untuk mengetahui semua tentang teknik luar biasa ini!

Apa itu Membaca Cepat?

Rata-rata, orang dewasa dapat membaca antara 200 hingga 300 kata per menit. Dengan membaca cepat, Anda dapat membaca sekitar 1500 kata per menit. [1] Ya, itu kedengarannya mustahil, tetapi itu benar.

Untuk memahami bagaimana keterampilan ini bekerja, pertama-tama Anda perlu tahu bagaimana proses membaca bekerja di dalam otak manusia.

Proses Membaca

Langkah pertama adalah mata memandang kata. “Fiksasi” pada setiap kata ini memakan waktu sekitar 0,25 detik.

Selanjutnya, mata beralih ke kata berikut. Diperlukan 0,1 detik bagi otak untuk berpindah dari satu kata ke kata berikutnya. Ini disebut “saccade.”

Biasanya, seseorang membaca 4 hingga 5 kata atau satu kalimat sekaligus. Setelah semua fiksasi dan saklet, otak memeriksa kembali seluruh frasa untuk memproses artinya. Ini membutuhkan waktu sekitar setengah detik.

Secara keseluruhan, ini memungkinkan rata-rata orang membaca 200 hingga 300 kata dalam satu menit.

Mempercepat Proses

Konsep membaca cepat adalah untuk mempercepat proses ini setidaknya 5 kali. Karena periode saccade tidak dapat dipersingkat lebih jauh, pembacaan cepat menekankan fiksasi yang lebih cepat.

Untuk mencapai hal ini, para ilmuwan merekomendasikan agar pembaca melompati subvokalisasi: ketika pembaca benar-benar mengucapkan kata itu dalam pikiran mereka, bahkan ketika membaca dalam hati.

Pada dasarnya, membaca cepat adalah teknik hanya melihat kata-kata alih-alih berbicara secara diam-diam.

Jangan bingung dengan skimming. Ketika pembaca membaca sepintas teks, mereka melewatkan bagian-bagian yang dianggap otak mereka tidak perlu.

Anda dapat melewatkan informasi penting dalam proses ini. Selain itu, membaca sepintas tidak memungkinkan otak untuk mempertahankan apa yang telah dibaca.

Mengapa Speed ​​Read?

Membaca cepat tidak hanya cepat, tetapi juga efektif. Keahlian ini menghemat banyak waktu tanpa mengorbankan informasi.

Juga, telah terbukti meningkatkan memori. Kinerja otak meningkat selama membaca cepat, yang memungkinkan pembaca untuk mengingat lebih banyak informasi daripada sebelumnya.

Karena membaca cepat menstabilkan otak, informasi diproses lebih cepat dan lebih efisien.

Percaya atau tidak, teknik ini mengarah pada peningkatan fokus juga. Karena otak menerima banyak informasi selama membaca cepat, ada jauh lebih sedikit peluang gangguan. Otak hanya berfokus pada pekerjaan yang sedang dihadapi.

Karena otak, bagaimanapun, adalah otot, proses membaca cepat bertindak sebagai latihan. Sama seperti sisa otot Anda, otak Anda perlu berolahraga untuk tumbuh lebih kuat juga.

Otak yang terfokus berarti peningkatan pemikiran logis. Ketika otak Anda terbiasa menerima dan mengatur begitu banyak informasi dengan begitu cepat, proses berpikir Anda akan menjadi lebih cepat.

Segera setelah masalah muncul pada Anda, otak Anda akan dengan cepat menyatukan dua dan dua. Anda akan dapat mengambil informasi yang tersimpan, mencari korelasi, dan menghasilkan solusi baru, semua dalam hitungan detik!

Manfaat lebih besar

Dengan otak yang lebih sehat, Anda juga dapat mengharapkan hal-hal yang lebih baik di bagian lain kehidupan Anda. Peningkatan harga diri hanyalah salah satunya.

Ketika Anda mulai memahami informasi dengan lebih cepat, Anda juga akan mulai mencari tahu lebih banyak peluang di sekitar Anda.

Dengan kemampuan untuk memahami informasi secara mendalam dalam periode waktu yang lebih singkat, tingkat kepercayaan Anda akan dengan cepat tumbuh lebih tinggi.

Selain itu, semua manfaat tersebut akan membebaskan Anda dari stres. Anda akan mengelola bacaan Anda dalam waktu yang lebih sedikit, otak Anda akan lebih sehat, dan Anda akan merasa jauh lebih baik tentang diri Anda sendiri.

Dengan semua keuntungan ini, kesejahteraan emosional Anda akan lebih sehat dari sebelumnya. Anda akan merasa lebih sedikit stres karena otak Anda akan belajar untuk mengatasi masalah secara efisien. Membaca cepat akan mengarah pada gaya hidup yang santai dan bebas ketegangan!

Cara Belajar Membaca Cepat

Membaca cepat adalah kekuatan super. Untungnya, tidak seperti kekuatan super lainnya, yang satu ini bisa dipelajari!

Ada berbagai teknik yang dapat digunakan untuk menguasai keterampilan ini. Pilihlah yang paling sesuai dengan gaya belajar Anda.

1. Metode Pointer

Orang yang dikreditkan untuk mempopulerkan membaca cepat, Evelyn Wood, datang dengan metode penunjuk. Ini adalah teknik sederhana di mana pembaca menggunakan jari telunjuk mereka untuk menggeser teks yang mereka baca.

Saat jari bergerak, otak secara koheren bergerak bersamanya. Ini adalah teknik yang efektif untuk menjaga mata tetap fokus di mana jari berjalan tanpa menyebabkan gangguan.

Pembaca cenderung melakukan back-skip. Metode penunjuk mencegah hal ini terjadi, sehingga menghemat setidaknya separuh waktu membaca.

2. Metode Pemindaian

Dalam teknik ini, mata pembaca bergerak sepanjang satu bagian halaman saja. Ini bisa menjadi sisi kiri atau kanan teks tetapi biasanya merupakan pusat karena itu yang paling nyaman.

Alih-alih menelusuri seluruh teks dari kiri ke kanan, visi bergeser dari atas ke bawah.

Metode ini melibatkan fiksasi pada kata kunci seperti nama, angka, atau istilah tertentu lainnya. Dengan melakukan itu, waktu saklet diminimalkan.

3. Perluasan Perseptual

Secara umum, pembaca berfokus pada satu kata pada satu waktu. Teknik ini, di sisi lain, mendorong otak untuk membaca sepotong kata bersama. Dengan melakukannya, metode ini meningkatkan penglihatan tepi pembaca.

Inilah masalahnya: meskipun waktu fiksasi tetap sama dengan ekspansi persepsi, jumlah kata yang terpaku pada mata meningkat.

Jadi pada dasarnya, otak menerima informasi 5 kali lebih banyak dalam jumlah waktu yang sama.

Teknik ini adalah yang paling sulit untuk dikuasai dan membutuhkan waktu paling banyak untuk dipelajari. Anda akan membutuhkan bantuan dari alat bacaan cepat untuk berlatih metode ekspansi persepsi.

Namun, begitu Anda menguasainya, teknik ini akan menawarkan Anda kecepatan membaca tercepat dengan asupan pengetahuan maksimum.

Aplikasi Membaca Kecepatan Terbaik

Alat termudah untuk membantu proses apa pun di bagian kehidupan mana pun saat ini adalah ponsel cerdas Anda.

Anda dapat menggunakan aplikasi seluler untuk mempelajari membaca cepat saat bepergian. Telah terbukti bahwa secara teratur mempraktikkan membaca cepat adalah cara tercepat untuk mempelajari keterampilan ini.

Berikut adalah beberapa opsi bagus untuk dilihat:

1. Reedy

Jika Anda memiliki ponsel cerdas Android, Anda dapat mengunduh Reedy ke ponsel Anda. Jika tidak, dapatkan ekstensi chrome di laptop Anda untuk menikmati membaca cepat dengan Reedy.

Aplikasi ini melatih pembaca untuk membaca lebih cepat dengan menampilkan kata-kata satu per satu di layar. Alih-alih harus melalui baris atau teks panjang, Reedy mempersiapkan pengguna untuk fokus pada satu kata pada suatu waktu.

Meskipun ini bukan metode yang efektif untuk mempelajari kecepatan membaca teks yang panjang, ini adalah cara yang bagus untuk memulai.

Setelah otak Anda terbiasa dengan ide tersebut, Anda dapat beralih ke aplikasi lain untuk melatih kalimat membaca cepat atau teks yang lebih panjang.

2. ReadMe!

Baik Anda pengguna Android atau iOS, Anda dapat memanfaatkan ReadMe! aplikasi. Aplikasi ini bahkan dilengkapi dengan beberapa opsi e-book untuk berlatih membaca cepat.

Mulailah dengan memilih ukuran font, warna, tata letak, dll yang Anda inginkan. Selain itu, ada mode baca yang berbeda untuk dipilih pengguna.

Jika Anda ingin berlatih membaca kalimat dengan kalimat atau dalam paragraf pendek, Anda dapat memilih mode membaca terfokus.

Mode pembaca langsung menuju mengubah warna teks untuk memandu mata membaca dari awal hingga akhir pada kecepatan tertentu.

Terakhir, ada mode spritz di mana aplikasi berfokus pada potongan kata sekaligus. Ini mengontrol visi periferal pembaca. Namun, mode ini tidak sepenuhnya tersedia di versi gratis aplikasi.

3. Spreeder

Spreeder tersedia di iOS dan Android. Namun, pengguna juga dapat memperoleh manfaat dari situs web Spreeder. Aplikasi ini memungkinkan pembaca menempelkan teks apa pun yang ingin mereka baca dengan cepat.

Dimulai dengan kecepatan yang agak rendah, aplikasi ini mem-flash kata-kata satu per satu. Secara bertahap, saat pengguna menjadi lebih nyaman, kecepatannya meningkat.

Perlahan-lahan, pengguna dilatih untuk mempercepat membaca tanpa harus melewatkan kata apa pun.

Aplikasi ini berbeda dari yang lain karena melacak peningkatan membaca pengguna, mencatat waktu dan kecepatan membaca secara keseluruhan.

Kemajuan dan peningkatan dilacak untuk memotivasi pengguna agar berkinerja lebih baik.

Pengaturan yang dapat disesuaikan, seperti kecepatan teks, warna latar belakang, dll. Berada dalam kendali pengguna.

Kontroversi Seputar Speed ​​Reading

Sejujurnya, membaca cepat terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Sulit untuk percaya bahwa secara manusiawi dimungkinkan untuk mencapai kecepatan membaca yang cepat tanpa mengurangi kualitas informasi yang Anda terima.

Mungkin sebagai akibatnya, ada orang yang tidak mempercayai proses membaca cepat. Mereka percaya bahwa ketika Anda membaca teks dengan kecepatan tinggi, Anda tidak dapat memahami informasi dengan sukses.

Menurut orang-orang ini, otak Anda tidak dapat memproses informasi dengan kecepatan yang Anda baca, dan karenanya, mereka menganggap membaca cepat sebagai masalah.

Memang benar bahwa membaca cepat tidak akan ada gunanya jika Anda tidak mengerti teks yang Anda baca, tidak peduli seberapa cepat Anda melakukannya.

Demikian pula, jika Anda membaca dengan lambat dan masih tidak mempertahankan atau memahami informasi yang Anda baca, itu akan sia-sia juga.

Namun, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan di sini. Saat membaca dengan kecepatan normal, ada cukup waktu di antara setiap langkah proses agar otak terganggu.

Sebaliknya, membaca cepat meninggalkan waktu bagi otak untuk fokus pada sesuatu yang lain. Ini tidak seperti membaca sekilas. Tidak ada bagian dari teks yang dilewati, yang berarti bahwa otak menerima setiap bit informasi.

Kesimpulan

Dengan mengingat semua ini, membaca cepat tidak dapat disebut sebagai kebohongan atau kegagalan. Sains telah mendukung teknik ini, dan banyak pembaca telah menggunakan keterampilan ini untuk meningkatkan kemampuan belajar mereka.

Pada akhirnya, itu adalah keputusan Anda apakah Anda ingin mempercayai proses ini atau tidak.

baca juga: Kiat-kiat untuk Membaca lebih Produktif

Namun, jika Anda memutuskan untuk mengambil keuntungan dari peluang yang disediakan oleh bacaan cepat, Anda akan menemukan dunia kemungkinan terbuka bagi Anda.

Kita hidup di dunia yang serba cepat. Mengkonsumsi informasi lebih cepat akan membantu Anda mengikuti langkah itu dan menemukan kesuksesan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *