7 Alasan Berani Mewujudkan Mimpi Besar

Saat kita berani mewujudkan mimpi besar kita, itu sama seperti mengambil peran aktif dan kendali di dalam hidup kita. Diri kita terasa hadir dan membiarkannya mengambil pelajaran dan pengalaman dari apa yang sudah terjadi.

Ketika kita melakukan upaya sadar untuk menetapkan suatu tujuan dan berusaha mencapainya, kita akan memiliki pengalaman hidup yang lebih kaya dan menarik. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas tentang 7 alasan kenapa kita harus bermimpi besar atau istilah gaulnya “dream big

Bermimpi Besar

1. Jalani Hidup Tanpa Penyesalan

Di dalam hidup, ada banyak pengalaman yang mungkin sering dan adapula yang jarang terjadi. Misalnya saja munculnya komet Halley, yang muncul sekali setiap 75 tahun. Kemudian fenomena gerhana matahari total yang sangat langka terjadi.

Karena ada beberap hal yang langka dan jarang terjadi, kebanyakan orang berusaha keras untuk menyaksikan dan mengalaminya sekali seumur hidup. Jadi ketika kita melihat adanya sesuatu yang istimewa, kita biasanya mencoba untuk sebisa mungkin larut didalam euphoria tersebut.

Pengalaman dan pelajaran hidup yang kita peroleh sangatlah berharga. Karena mungkin tidak semua orang pernah mengalami peluang atau pengalaman yang sangat istimewa seperti yang kita alami

Sebenarnya hal yang terburuk adalah ketika kita tidak pernah bisa menjalani hidup kita sepenuhnya.

Dengan membuat hidup terasa special dan istimewa maka hal itu sama spesialnya dengan peristiwa peristiwa langka yang pernaha terjadi di sejarah kehidupan manusia. Ketika kita berani untuk bermimpi besar, kita akan seperti bergerak melewati batas dan melawan status quo.

2. Menginspirasi Orang Lain

Cobalah renungkan, apa saja kisah yang membuat kita menjadi termotivasi. Mungkin saja kisah-kisah orang-orang sukses yang sanggup mengatasi rintangan dan mencapai sesuatu yang hebat, bisa memotivasi kita.

Itulah mengapa begitu banyak orang suka menonton film. Dengan menonton film, kita akan termotivasi dengan keberhasilan tokoh utamanya dalam melakukan sesuatu.

Kita juga terinspirasi dengan para superhero yang bertindak sangat luar biasa. Dimana kerelaan mereka untuk melakukan hal yang benar berarti di saat-saat paling genting sekalipun membuat mereka menjadi legenda.

Sosok Pahlawan tentunya juga ada di kehidupan nyata. Sama seperti di film-film, mereka adalah orang-orang yang menunjukkan keberanian dalam menghadapi bahaya dan berani bermimpi besar walaupun menghadapi kesulitan.

Mereka juga bersedia untuk memprioritaskan kepentingan orang lain di atas kepentingan mereka sendiri. Kita pun bisa menginspirasi generasi-generasi kita yang selanjutnya dengan berbuat sesuatu yang berguna dan berani bermimpi besar.

3. Terima Reward yang Lebih Besar

Mereka yang bersedia mengambil risiko dalam hidup, pada akhirnya akan menerima bagian terbesar dari keberaniannya tersebut.

Mereka yang berani bermimpi besar memahami bahwa ada risiko yang terkait dengan keputusan yang mereka ambil.

Kebanyakan orang tidak mau mengambil risiko yang terkait dengan mengejar impian mereka karena tidak ingin ada di posisi saat kehilangan segalanya.

Mereka lebih suka menjalani kehidupan aman-aman saja, tidak mengeksplore potensi diri dan cenderung menghindari kegagalan. Tetapi apakah kehidupan seperti itu menarik dan dimana letak kesenangannya?

4. Keluar dari Zona Nyaman

Keluar dari Zona Nyaman

Zona nyaman adalah tempat yang indah dan banyak diidam-idamkan kebanyakan orang. Kita mungkin bisa terjebak ke dalam zona nyaman secara alamiah. Terkadang zona nyaman dapat membuat kita terasa hebat. Tetapi zona nyaman juga merupakan tempat di mana impian besar kita mati atau tidak muncul.

Untuk seseorang yang berani bermimpi besar, mereka tahu bagaimana caranya harus mendorong diri mereka melampaui batas yang mereka miliki sekarang. Suatu Stabilitas bisa mematikan saklar ke otak kita. Dengan kata lain, ketika tetap berada di zona nyaman, otak seakan-akan menjadi berhenti untuk belajar.

Ketika berani bermimpi besar, kita menstimulasi dan mendorong otak untuk membayangkan cara untuk mencapai tujuan yang kita idam-idamkan. Ada tingkat ketidakpastian yang menyebabkan kita takut meninggalkan zona nyaman. Kita terkadang khawatir tentang kemampuan kita untuk sukses dan apakah perjuangan ini layak dilakukan.

Kita mungkin terlalu banyak berpikir dan bertanya-tanya. Tetapi hal itu bisa jadi merupakan  tanda bahwa kita akan meninggalkan zona nyaman kita selama ini. Daripada mencoba melarikan diri dari suatu pengalaman, cobalah untuk lebih condong untuk masuk ke dalamnya.

5. Hidup Biasa-Biasa Saja Tidak Menarik

Kebenaran yang menyedihkan adalah bahwa banyak orang tidak menyukai kesuksesan yang kita peroleh. Keberhasilan akan menguji hubungan kita dengan teman dan keluarga. Kita akan merasa tergoda untuk membatasi diri dan tidak mengejar mimpi besar yang ada.

Jangan jatuh ke dalam perangkap yaitu di dalam perasaan seolah-olah kita tidak berani untuk bermimpi besar karena orang-orang yang ada di sekitar kita bermimpi kecil. Hidup kecil hanya menghambat pertumbuhan kita dan mereka juga.

Setidaknya dengan mengejar mimpi besar kita, teman dan keluarga dapat hidup melalui pengalaman bersama kita. Akibatnya, kita mungkin bisa menjadi katalisator yang mereka butuhkan untuk mengejar impian mereka sendiri.

Selain itu, kita tidak pernah tahu hal menakjubkan apa yang akan kita capai jika kita berani bermimpi besar. Bayangkan saat kita kuliah di fakultas kedokteran dan dapat menciptakan obat untuk kanker dll. Atau membuat kemajuan di bidang teknologi dan mengubah banyak hal terkait teknologi mutakhir selama beberapa dekade mendatang.

Jika semua orang memiliki hidup yang “kecil”, maka tidak akan ada inovasi, kemajuan, atau pertumbuhan.

6. Taklukkan Rasa Takut

Ada dua pilihan dalam hidup yaitu hidup dalam ketakutan atau hidup dalam impian. Ketika berani memiliki mimpi yang besar, tidak diragukan lagi menjalani kehidupan berdasarkan impian kita.

Impian ditemukan dalam suara kecil di dalam batin kita yang memberi tahu kita semua hal menakjubkan yang dapat dilakukan untuk mengubah dunia.

Masalah yang dihadapi kebanyakan orang adalah mereka memiliki suara lain di kepala mereka yang memberi tahu mereka semua alasan mengapa mereka tidak bisa menjalani kehidupan impian mereka. Suara-suara batin ini terus-menerus mengingatkan kita tentang semua kesalahan yang terjadi dan semua alasan ketidaksuksesan.

Ketakutan adalah alat yang ampuh yang dapat dimanfaatkan untuk membantu kita untuk bertindak. Daripada takut akan penilaian orang lain, lebih baik takut apabila mengecewakan diri sendiri. Berhentilah memikirkan hal terburuk yang mungkin akan terjadi dan mulailah memikirkan hal terbaik yang mungkin akan terjadi.

Bagaimana hidup menjadi berbeda jika berani bermimpi besar? Sebenarnya, bagaimana kehidupan orang-orang yang kita cintai akan berbeda karena kesediaan kita untuk mengejar impian?

Biarkan jawaban itu memacu kita di saat ketakutan dan keraguan diri. kita pasti mengandalkan diri sendiri, tetapi itu tidak cukup, orang-orang yang yang kita cintai juga mengandalkan kita.

7. Tentukan Jalan Hidupmu

Tentukan Jalan Hidupmu

Pernahkah kita sangat kecanduan dengan sebuah buku yang bagus?

Buku ternyata cenderung lebih baik daripada sebuah film. Film terikat oleh hukum sains dan teknologi. Tidak ada suatu tuntutan dari masyarakat luas terkait sebuah buku, beda halnya dengan dengan film.

Buku memungkinkan penulis dan pembaca untuk menggunakan imajinasi mereka masing-masing. Penulis meletakkan imajinasi mereka di setiap halaman, dan pembaca menggunakan imajinasi mereka untuk menafsirkan ceritanya.

Analogi kan saja hidup kita seperti tersesat di dalam sebuah buku yang bagus. Setiap hari kita bangun, kita kan menulis baba atau kisah lain. Tidak ada yang tahu bagaimana cerita ini akan berakhir,

Tetapi yang jadi pertanyaan, bagaimana kita menginkan ending cerita itu? Apakah ingin menang karena kita rela berani bermimpi besar, atau malah menjadi seseorang yang tidak bisa memanfaatkan potensi diri kita secara maksmial? Tentukan pilihamu.

Kesimpulan

Hidup adalah anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan, jadi jangan sia-siakan hidup. Ketika kia bersedia untuk berani bermimpi besar dan biarkan diri melakukan suatu kesalahan, itu tandanya kita terasa lebih “hidup”.

baca juga:3 Tips Penting Meraih Kesuksesan

Segala sesuatu mungkin terkadang tidak selalu berjalan sesuai rencana kita, tetapi itu tidak berarti kita tidak dapat menemukan cara untuk mengatasi tantangan yang dihadapi.

Jangan menyerah, teruslah berusaha sedikit demi sedikit lebih baik di setiap harinya, sehingga senantiasa kita diberikan kekuatan untuk mengatasi segala tantangan dan hambatan di hidup kita sehingga mimpi besar kita terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *