8 Tips untuk Mendapatkan Pekerjaan Jarak Jauh Tanpa Pengalaman Kerja.

Apakah Anda mencari pekerjaan jarak jauh tetapi tidak memiliki pengalaman sebelumnya di bidang ini? Berikut ini beberapa rekomendasi untuk membantu Anda mendapatkan pekerjaan jarak jauh pertama Anda.

Sebagai hasil dari pergeseran yang didorong oleh pandemi ke tenaga kerja jarak jauh, peluang bekerja dari rumah telah meningkat sepuluh kali lipat. Karier jarak jauh memiliki keuntungan tersendiri, termasuk kemampuan untuk bekerja dari mana saja, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, peningkatan produktivitas, lingkungan kerja yang santai dan nyaman, dan masih banyak lagi.

Namun, atmosfer persaingan di bidang ini semakin ketat, membuat proses perekrutan menjadi sulit. Anda dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan jarak jauh jika Anda melakukan proses lamaran dengan benar dan mengetahui apa saja yang diperlukan. Berikut adalah beberapa petunjuk bermanfaat untuk mendapatkan pekerjaan jarak jauh tanpa pengalaman kerja.

1. Tingkatkan Keterampilan Anda Melalui Kursus Online

Mempelajari keterampilan baru telah menjadi aspek yang semakin penting untuk kesuksesan di tempat kerja seiring dengan berkembangnya sektor-sektor, perkembangan teknologi, dan penemuan-penemuan baru.

Meningkatkan keterampilan dengan kursus online yang tepat akan membantu Anda menonjol di antara yang lain. Sebagai seorang profesional pemula, Anda tidak memiliki pengalaman kerja jarak jauh yang dapat ditonjolkan dalam profil atau CV Anda. Oleh karena itu, meningkatkan keahlian Anda dapat membantu Anda menonjol dari yang lain saat melamar pekerjaan.

Selain itu, dengan memilih kemampuan yang paling menguntungkan, Anda bisa meningkatkan visibilitas Anda kepada calon pemberi kerja, membangun resume, dan mendapatkan posisi kerja yang Anda inginkan.

2. Buat profil LinkedIn.

LinkedIn adalah alat yang populer untuk membangun jaringan dan menciptakan kehadiran profesional. Membuat profil di situs web yang fantastis ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan pendidikan, bakat, kualifikasi, minat, dan banyak lagi kepada calon pemberi kerja. Selain itu, pastikan untuk mengunggah foto profesional Anda ke situs ini, serta banner LinkedIn agar profil Anda lebih terlihat.

Anda juga bisa menggunakan Langganan Premium LinkedIn untuk mendapatkan informasi mengenai perusahaan yang Anda cari, wawasan pelamar, detail tambahan mengenai iklan lowongan kerja, dan manfaat lain yang akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk wawancara kerja. Selain itu, Anda dapat menggunakan platform LinkedIn Learning untuk mempelajari keterampilan baru dan meningkatkan kemampuan diri Anda.

3. Mulai membangun jaringan.

Membangun jaringan memungkinkan Anda untuk bertemu, berbagi ide, dan berinteraksi dengan para profesional lain di industri Anda. Membangun jaringan yang solid juga dapat meningkatkan visibilitas Anda dan membuka peluang baru.

LinkedIn adalah alat terbaik untuk membangun jaringan dengan para profesional. Namun, Anda bisa memperluas kehadiran media sosial Anda dengan menggunakan Facebook, Instagram, Twitter, Reddit, dan Quora, serta bergabung dengan berbagai organisasi dan komunitas. Selain itu, Anda bisa menggunakan platform pertemuan virtual untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki minat dan hobi yang sama dengan Anda.

Jika Anda lebih suka keluar dan berjejaring, pertimbangkan lokasi kerja bersama virtual, di mana Anda dapat bertemu orang baru dan menjalin hubungan yang signifikan.

4. tentang alat komunikasi dan kolaborasi jarak jauh.

Memahami alat kolaborasi dan komunikasi jarak jauh dapat membantu Anda menonjol saat melamar pekerjaan jarak jauh. Selain itu, hal ini akan menyederhanakan prosedur kerja Anda setelah Anda mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan produktivitas Anda di tahap awal karier Anda.

Anda bisa mulai mempelajari dasar-dasar beberapa alat komunikasi jarak jauh yang umum digunakan, seperti Zoom, Slack, Microsoft Teams, Google Meet, dan lainnya. Anda juga bisa belajar tentang manajemen proyek dan alat kolaborasi terbaik, seperti Asana dan Trello, untuk membantu Anda mencapai tujuan tim dan bekerja dari rumah dengan lebih mudah.

5. Mendaftar untuk Magang Virtual.

Magang adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman kerja yang signifikan sebelum melamar pekerjaan jarak jauh, dan memungkinkan Anda untuk menggunakan apa yang telah Anda pelajari di perguruan tinggi, universitas, dan kursus.

Magang virtual memungkinkan Anda untuk bekerja dari mana saja, dan Anda dapat melamar untuk posisi paruh waktu atau penuh waktu. Jadi, jika Anda seorang mahasiswa, Anda dapat menyeimbangkan akademis dan mendapatkan pengalaman kerja sejak awal.

Selain itu, magang virtual dapat membantu Anda memilih industri mana yang akan Anda kerjakan. Mendaftar untuk magang virtual memungkinkan Anda untuk menjelajahi industri baru dan memperluas keahlian Anda.

6. Temukan Mentor Online.

Dengan mentor, Anda dapat memperoleh dukungan, bimbingan, dan informasi untuk karier jarak jauh Anda, yang akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dan membantu Anda dalam kehidupan profesional di masa depan. Dengan banyaknya saluran internet untuk mencari mentor, Anda dapat dengan mudah menemukannya untuk membantu Anda mencapai tujuan karier.

Dengan sesi video empat mata, Anda dapat berkonsultasi dengan mentor online Anda dalam segala hal, mulai dari mempersiapkan wawancara kerja dan menyempurnakan CV hingga mengajukan pertanyaan paling penting tentang profesi yang Anda pilih.

7. Membuat Resume Online yang Efektif.

Resume adalah bagian paling penting dari proses perekrutan. Resume Anda akan menyoroti kualifikasi, bakat, dan kualitas positif lainnya kepada calon pemberi kerja. Dengan membuat CV online yang efektif, Anda dapat meninggalkan kesan yang baik dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan jarak jauh.

Membuat CV tidak pernah semudah ini, berkat banyaknya sumber daya online. Anda bisa membuatnya dengan Google Docs atau alat desain online yang mudah digunakan, seperti Canva. Apapun alat yang Anda gunakan, pastikan CV Anda menarik secara visual, profesional, dan menyertakan semua informasi yang diperlukan, seperti informasi dasar, kualifikasi, kemampuan, dan sebagainya.

8. Pilih platform untuk melamar pekerjaan jarak jauh.

Terakhir, setelah Anda membuat resume online yang bagus, pilih platform yang sesuai untuk melamar pekerjaan jarak jauh. Meskipun LinkedIn, Indeed, dan Flexjobs adalah tempat paling populer untuk melamar pekerjaan jarak jauh, ada berbagai platform web tambahan yang dapat diakses untuk membantu Anda menemukan posisi entry-level.

Anda bisa menggunakan platform media sosial seperti Grup Facebook atau Grup LinkedIn untuk mencari lowongan kerja jarak jauh, dan juga mencari postingan lowongan kerja menggunakan tagar yang sering digunakan. Anda juga bisa mencari di platform seperti Freelancer dan Upwork untuk mencari peluang kerja lepas atau kerja dari rumah.

9. Mulailah Karier Anda dengan mendapatkan pekerjaan jarak jauh impian Anda.

Karena teknologi yang canggih, semakin banyak perusahaan yang berkembang dengan tim kerja yang sepenuhnya bekerja dari rumah, sehingga memperluas peluang karier di sektor ini. Mengikuti panduan di atas bisa membantu Anda menemukan pekerjaan jarak jauh tingkat pemula dan memulai karier jarak jauh Anda dengan baik.

Menerapkannya secara konsisten dan mempraktikkannya bisa membantu Anda mencapai tujuan jangka panjang. Selain itu, jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang mengembangkan karier kerja jarak jauh, lihatlah kursus-kursus LinkedIn Learning terbaik ini.

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *