8 Keunggulan Telegram dibanding Whatsapp

Saat memikirkan aplikasi pengiriman pesan instan, pasti satu nama yang langsung terbersit di pikiran kita adalah WhatsApp. Ya…mungkin karena Whatsapp adalah aplikasi perpesanan pertama yang diadopsi secara luas di seluruh dunia dan sudah banyak user yang menggunakan. Walaupun masalah privasi tengah menerpa Facebook yang merupakan pemilik Whatsapp. Tapi sekarang ada aplikasi alternatif selain Whatsapp yang ternyata mungkin lebih baik. Salah satu alternatif terbaik yaitu Telegram. Apa sih yang membuat Telegram begitu unik? Simak 8 keunggulan Telegram dibanding Whatsapp.

Keunggulan Telegram

1. Bisa Mengedit Pesan yang Sudah Dikirim

Jika selama ini pesan yang sudah terkirim, kemudian ternyata salah, maka kita akan langsung menghapusnya. Tetapi bukannya lebih bagus jika bisa dengan cepat memperbaiki atau mengedit kesalahan ketik sebelum orang melihatnya?

Telegram menawarkan fitur persis seperti itu.

Untuk mengedit pesan di Telegram, cukup tekan dan tahan pesan yang ingin diubah. Setelah beberapa detik, menu konteks akan muncul. Kemudian Klik tombol Edit dan kita akan dapat segera memperbaiki pesan yang sudah dikirim.

Orang lain yang kita kirimi pesan akan melihat indikator di layar gadget mereka dan mereka tahu kita telah mengedit sesuatu. Tetapi mereka tidak akan tahu versi pesan yang asli.

2. Fitur “Secret Chat

Smartphone adalah wadah informasi pribadi kita. Dan mungkin bagian ponsel yang paling sering dibuka adalah riwayat pesan.

Telegram memecahkan masalah itu dengan fitur Secret Chat atau Obrolan Rahasia.

Ada banyak alasan kenapa kita ingin mengobrol secara rahasia. Mungkin Anda merencanakan pesta kejutan untuk seseorang atau mungkin menyangkut hal-hal yang sangat pribadi dan privasi  tinggi.

Secret Chat menggunakan enkripsi end to end, tidak direkam dengan cara apa pun di server Telegram, dan menghapus pesan setelah jangka waktu tertentu. Opsi forward juga dinonaktifkan.

Jika sadar akan keamanan komunikasi, maka gunakanlah metode mengobrol ini untuk semua percakapan dengan teman-teman di telegram.

3. Bisa Mengirim File yang Berukuran Besar

Ketika mencoba mengirim foto, video, atau dokumen di WhatsApp, dengan ukuran besar dan bergiga-gigabyte, muncul tulisan “File terlalu besar untuk dikirim”. Tentunya sangat membatasi kita dalam membagikan file-file berukuan besar, karena hanya maksimuan 16MB.

Telegram, di sisi lain, dapat mengirim file hingga ukuran 1,5GB. Sungguh memudahkan kita dalam membagikan file berukuran besar kepada orang lain.

4. Bisa Menonton Video YouTube Saat Mengobrol

Telegram memudahkan kita membagikan video youtube yang bisa ditonton oelh teman-teman kita di telegram. Selain menonton video yang dikirimkan, kita juga bisa melanjutkan obrolan/chat tanpa perlu  menghentikan video yang kita tonton. Sembari menonton video, interaksi chat dengan teman kita masih bisa dilanjutkan.

Caranta Ketuk thumbnail tautan video untuk mulai memutar video. Kemudain untuk melanjutkan obrolan saat video diputar, klik ikon Picture-in-Picture.

5. Jumlah Anggota Grup hingga 100 ribu alias Supergrup

Sebelumnya WhatsApp hanya memungkinkan kita menambahkan 100 anggota ke obrolan grup. Kemudian, pada bulan Februari 2016, batas itu ditingkatkan menjadi 256 anggota. Pengguna whatsapp pun akhirnya sedikit bergembira.

Namun, 256 pengguna menjadi tidak berarti apa-apa dibandingkan dengan Telegram. Telegram memungkinkan Anda menambahkan anggota grup hingga 100.000 anggota.

Sering disebut juga “supergrup”, Supergrup dapat membuat riwayat pesan yang disatukan, pesan yang dapat disematkan, dan balasan, dan tagar.

Untuk memutakhirkan grup reguler menjadi supergrup, buka obrolan grup dan ketuk Edit di sudut kanan atas halaman. Pada menu berikutnya, pilih Konversi ke supergrup.

6. Pengecualian “Last Seen

Banyak sekali argument tentang pesan “Last Seen” dan tanda centang biru di WhatsApp.

Sayangnya, WhatsApp tidak menawarkan cara untuk menyesuaikan siapa yang melihat informasi. Entah semua orang atau tidak ada siapa pun.

Telegram memberikan pendekatan yang jauh lebih bagus. Kita bisa selektif tentang siapa yang akan tahu kapan terakhir kali kita online.

Untuk memilih siapa yang dapat melihat status kita, buka Telegram dan buka Pengaturan> Privasi dan Keamanan> Terlihat Terakhir. Di bawah “Siapa yang dapat melihat waktu Terlihat Terakhir” pilihlah Kontak Saya.

Di bawah Tambahkan pengecualian, kita dapat mengetuk “Selalu Berbagi Dengan dan Jangan Berbagi Dengan” untuk membuat pilihan yang kita inginkan

7. Bisa Menambahkan Stiker ke Foto

Beberapa orang menyukai hal-hal yang lucu, seperti menyematkan pigura/frame lucu menempel di foto wajah kita.

Telegram juga menawarkan fitur pengeditan foto yang mirip dengan Snapchat. Bahkan bisa membuat stiker Telegram kita sendiri.

8. Bisa Menyembunyikan Media di Telegram

Salah satu hal yang paling menyebalkan dari WhatsApp adalah cepat memenuhi storage atau penyimpanan ponsel kita.

Di WhatsApp, kita dapat menghentikan agar suatu gambar atau video tidak tidak langsung terunduh secara otomatis, tetapi tidak dapat melihat pratinjau terlebih dahulu. Kita hanya mendapatkan gambar yang kabur dan harus bertaruh apakah itu layak disimpan.

Telegram memiliki pendekatan yang berbeda. Kita dapat memilih untuk mengunduh semua media kita terima sehingga tidak akan pernah melewatkan sesuatu yang penting, tetapi juga dapat mencegah aplikasi menambahkannya ke aplikasi galeri ponsel kita.

Buka Pengaturan> Pesan> Simpan ke galeri untuk mengatur fitur.

Baca juga: 6 Manfaat Positif Media Sosial

Kesimpulan

Kedelapan fitur itu tentunya membuat Keunggulan Telegram dibanding Whatsapp. Tidak ada pesaing yang mendekati fitur atau kemudahan penggunaan disbanding Telegram. Mungkin telegram bisa dijadikan alternative solusi lain selain menggunakan Whatsapp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *