8 Cara Orang Bahagia Memulai Pagi Hari

Kita mungkin tidak bisa mengontrol apa yang terjadi seharian ke depan tetapi mungkin kita dapat mengontrol bagaimana hal itu bisa dimulai.

Setiap orang memulai pagi harinya dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang semangat, ada yang malas untuk bangun pagi, dan ada juga yang masih santai ketika pagi hari. Tidak peduli bagaimana kita memulainya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memastikan pagi hari dimulai dengan baik.

Rutinitas pagi yang baik akan membuat kita rileks, waspada, dan berenergi. Memulai pagi dengan indah berarti menciptakan perasaan bahagia yang bisa dibawa sepanjang hari. Rutinitas pagi tidak hanya Cuma berkemas-kemas, tetapi juga menyediakan ruang bersukacita dan merasa siap secara mental dan fisik untuk menghadapi apa pun yang terjadi sepanjang hari.

Mulailah hari dengan cara yang benar dengan 9 kebiasaan ini yang biasa digunakan oleh orang-orang yang bahagia untuk memulai pagi.

1. Tidur yang cukup

Orang yang kelelahan bukanlah orang yang bahagia. Bangun degan tubuh lelah dan emosi, justru ‘membunuh’ kebahagian lebih cepat di pagi hari. Jika kita tidak cukup tidur di malam hari, kita mungkin memulai hari dengan kehabisan tenaga dan tidak fresh. Sangat sulit untuk memiliki pandangan positif ketika kita hanya selalu berpikir untuk tidur lagi.

Tidur yang lelap dan berkualitas bagaikan ramuan ajaib untuk kesehatan fisik kita, dan merupakan kunci bagi keseluruhan perasaan bahagia dan kesejahteraan kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan konsentrasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan suasana hati dan perasaan bahagia seseorang.

Namun, tidak cukup tidur justru malah mengganggu memori dan meningkatkan kadar hormon stres. Jadi, langkah pertama untuk menciptakan pagi yang bahagia dan ceria adalah memastikan kita tidur lelap dan berkualitas pada malam sebelumnya. Tetapkan jadwal tidur dan patuhi itu.

baca juga: Hapus Rasa Malas Dengan 5 Cara Ini

2. Hari baru, awal yang baru

Orang-orang yang bahagia memulai setiap hari lagi. Mereka bangun dengan pola pikir bahwa setiap hari adalah awal yang baru – kesempatan untuk maju dan tidak membiarkan kegagalan masa lalu selalu membebani mereka. Kemarin mungkin hari yang buruk, tetapi itu tidak berarti bahwa hari ini juga seperti itu seterusnya.

Orang-orang yang bahagia memulai hari mereka dengan sebuah penegasan. Penegasan dalam hal ini adalah mereka menginginkan hari ini seperti apa. Afirmasi pagi yang positif dapat menjadi cara yang ampuh untuk memulai hari dengan perasaan percaya diri dan siap untuk sukses. Contohnya:

  • Saya punya kemampuan intelektual untuk membuat keputusan yang cerdas.
  • Saya melepaskan semua perasaan negatif tentang diri atau hidup saya dan menerima segala hal yang baik.
  • Saya berani. Saya bersedia untuk bertindak dan menghadapi ketakutan saya.

3. Bersyukur

Bangun dengan perasaan bersyukur memastikan kita memulai hari dengan semangat yang baik. Hati yang bersyukur adalah hati yang bahagia. Rasa syukur sangatlah manjur, karena melibatkan perasaan dan tindakan. Berpikir aktif tentang hal-hal yang kita syukuri, pada gilirannya, membuat kita merasa lebih bersyukur.

Bersyukur adalah lingkaran pikiran positif yang mudah dipraktikkan dan memiliki efek menguntungkan pada kesehatan fisik dan mental.

Ketika membuka mata setelah bangun, rasakan gelombang penghargaan untuk segala sesuatu di sekitar kita. Nikmati indahnya momen ini, dan betapa menyenangkan rasanya berada di sini. Hari ini adalah hadiah, dan kita dapat melakukannya dengan apa yang kita inginkan. Luangkan waktu sejenak untuk mensyukuri semua yang kita miliki.



4. Jaga rutinitas pagi terkendali

Orang-orang yang bahagia tidak panik untuk cepat-cepat bergegas keluar rumah saat memulai pagi hari. Mereka tidak ingin menjadi tertekan dan gelisah sepanjang hari. Memulai hari dengan sikap nyaman dan damai mengharuskan kita memiliki waktu untuk bangun dengan benar dan melakukan segala persiapan dengan tenang dan terukur.

Orang yang yang bahagia cenderung membuat rutinitas mereka sederhana dan mudah dikelola. Rutinitas yang kompleks sulit dilakukan dan dapat membuat kita cemas dan jengkel pada pagi hari. Hentikan kegiatan multitasking dan abaikan gangguan yang tidak perlu. Lakukan satu per satu. Jaga agar pagi hari menjadi tidak rumit sehingga Anda dapat mengatur suasana hati yang positif sepanjang hari.

5. Meditasi

Meditasi harian dapat membantu menciptakan pikiran yang nyaman dan bahagia. Menghabiskan waktu bermeditasi setiap pagi dapat meningkatkan fokus, meningkatkan kepercayaan diri, dan menenangkan pikiran. Kita dapat bermeditasi kapan saja sepanjang hari, tetapi yang terbaik adalah melakukannya di pagi hari sehingga kita dapat memperoleh manfaat dan efeknya sepanjang hari.

Untuk memulai latihan meditasi, mulailah dengan duduk dengan tenang di posisi yang nyaman atau di kursi selama dua menit setiap pagi. Cata ini memberikan kesempatan kita untuk merasakan pikiran dan tubuh kita. Fokuslah, arahkan perhatian ke napas kita atau lakukan pemijatan tubuh, dengan fokus pada satu bagian tubuh pada satu waktu.

Kenali pikiran dan perasaan kita, dan pertahankan sikap kasih sayang terhadap diri sendiri. Meditasi adalah kesempatan untuk mengenal diri sendiri dan menikmati setiap momen yang dialami.

6. Berolahraga

Sebelum bekerja, pastikan untuk meluangkan waktu  berolahraga. Udara segar di pagi hari dapat membuat suasana hati menjadi cerah sepanjang hari. Cobalah jalan cepat, berlari ringan atau ke gym. Banyak juga orang lain yang lebih suka berlatih di rumah, seperti peregangan atau yoga.

Olahraga pagi membuat darah mengalir dan memberi energi untuk hari ini. Olahraga juga melepaskan zat kimia otak yang baik seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Hal itu dapat menahan perasaan stres dan kecemasan, dan membantu meringankan gejala depresi. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga meningkatkan perasaan kita tentang tubuh kita dan memberi rasa kebahagiaan.

baca juga: 6 Cara Memunculkan Kreativitas

7. Beri Tubuh Nutrisi

Sarapan adalah santapan terpenting untuk memulai pagi hari. Sarapan akan mempercepat metabolisme dan menyiapkan tubuh dan pikiran Anda untuk hari yang sibuk. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang sarapan memiliki diet yang lebih baik dan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran daripada mereka yang tidak sarapan.

Singkatnya, tubuh yang bergizi menyebabkan suasana hati yang lebih baik. Sarapan juga mengirimkan pesan positif kepada diri sendiri bahwa kita menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita. Kita akan berkonsentrasi lebih baik jika mememulai hari dengan makanan yang sehat. Kita tidak akan merasa kelelahan yang berujung pada makan siang yang belebihan. Sarapan terbaik adalah menggabungkan karbohidrat dengan protein agar membuat tubuh bersemangat dan siap beraktivitas.



8. Tetapkan tujuan harian

Orang yang bahagia pasti memiliki tujuan harian pasti. Mereka bekerja untuk membuat kemajuan dan menyelesaikan tugas mereka. Rasanya akan sangat memuaskan apabila telah menetapkan prioritas untuk diri sendiri dan berusaha untuk meraih cita-cita.

Orang yang bahagia memastikan mereka memulai hari mereka dengan menetapkan tujuan untuk diri mereka sendiri. Apa yang ingin dicapai hari ini? Apakah waktu yang digunakan telah efisien dan efektif?

Sisihkan waktu beberapa menit setiap pagi saat memulai pagi hari ingin dan ingin melakukan sesuatu. Pastikan untuk memikirkan daftar tugas dengan cermat dan jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

Fokus pada hal-hal yang penting dan pastikan semuanya sudah terjadwal. Bagaimanapun, rahasia menuju kebahagiaan yang hakiki adalah menemukan cara untuk menikmati hari secara menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *