7 Trik Mudah Mengatasi Stres

Tak ada seorang pun yang merasa tak pernah mengalami stres. Stres dapat mempengaruhi semua orang tak terkecuali. Dan beberapa orang sanggup dengan mudah mengatasi stres dan dampak negatif yang dihasilkan. 7 trik mudah mengatasi stres yang akan disajikan semoga membantu Anda mengatasi stres dan dampaknya.

Satu-satunya orang yang sanggup mengendalikan stres dalam hidup adalah diri sendiri. Terserah bagaimanapun caranya, tanggungjawab mengelola stres mutlak di tangan Anda.

Jika merasa kewalahan dengan apa yang terjadi dalam hidup Anda dan ingin kembali ke ke jalur yang benar, maka 7 trik mudah mengatasi stres ini mudah-mudahan akan membantu meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan stres ke dalam berbagai aspek kehidupan.

Yang Tidak Ketahui Tentang Stres

7 Trik Mudah Mengatasi Stres

Stres adalah suatu kondisi otak yang ‘tegang’ akibat adanya tekanan. Stres merupakan hal yang lumrah dari kehidupan. Sumber eksternal yang paling umum yang dapat menyebabkan stres dalam kehidupan adalah kondisi keuangan/ekonomi, tuntutan pekerjaan dan hubungan antar manusia.

Sumber-sumber stres internal datang dari dalam diri kita sendiri dan bisa berupa tekanan yang kita berikan kepada diri kita sendiri karena tuntutan  standar pribadi yang tinggi, kepercayaan, nilai-nilai, sikap, tujuan, kebutuhan dan keinginan dari dalam diri kita. Beberapa contoh sumber stres internal dapat menuntut kesempurnaan terhadap apa yang kita lakukan atau adanya penolakan untuk tidak melakukan sesuatu disebabkan karena ketakutan internal kita sendiri.

Dikenal juga semacam “obrolan batin” yang juga dapat menyebabkan tekanan besar dalam hidup kita. Obrolan batin ini berasal dari pola pikir negatif, pengalaman negatif, dan kebiasaan buruk yang pernah kita alami. Obrolan batin yang negatif jika dibiarkan bisa menjadi sangat merusak dan membuat kehidupan menjadi tertekan dan dipenuhi rasa cemas.



Tubuh bereaksi terhadap perubahan dan tuntutan ini dengan respons fisik, mental, dan emosional. Rasa stress baik internal maupun eksternal dapat memiliki efek fisik dan psikologis yang sama. Kita bisa saja mengalami kesulitan tidur, kehilangan selera makan atau kehilangan minat dalam aktivitas sehari-hari. Anda mungkin mudah marah, sakit kepala atau sakit perut, atau mudah menangis.

Jika tidak ditangani, stres yang berkepanjangan dapat berdampak buruk pada kesejahteraan fisik, mental, dan spiritual Anda.

Mengelola Stres secara Positif

7 Trik Mudah Mengatasi Stres

Berita baiknya adalah tidak semua stres berdampak buruk bagi kita. Apabila ditekankan pada konteks yang benar, dapat memiliki pengaruh yang lebih positif pada kehidupan kita. Beberapa orang mengatakan bahwa mereka berhasil menghasilkan karya terbaik mereka ketika mereka berada di bawah tekanan.

Ketika Anda mampu mengelola stres dengan cara yang positif, hal itu dapat membuka peluang baru di luar zona nyaman Anda. Selain itu juga bisa menjadi katalis yang dibutuhkan untuk mengubah dan memberdayakan kemampuan Anda. Hal tersebut menghasilkan solusi terhadap tantangan yang ada, sehingga Anda dapat tumbuh dan bergerak maju di dalam kehidupan.

7 trik mudah mengatasi stres membentuk sekumpulan strategi yang dapat digunakan kapan saja sewaktu Anda merasa stres dan ingin berjuang agar kehiduoan kemabali ke jalurnya. Semakin banyak menggunakan trik-trik ini, semakin proaktif Anda dalam mengelola tingkat stres. Dengan mengelola stres, Anda meminimalkan pengaruh negatif yang dapat mempengaruhi kualitas hidup.

1. Coba Tuliskan 5 Manfaat Ketika Stres dapat Dikendalikan

7 Trik Mudah Mengatasi Stres

Ketika membuat perubahan atau menerapkan sesuatu yang baru dalam hidup, penting untuk mengidentifikasi manfaatny. Kelima manfaat yang diidentifikasi menjadi insentif untuk mendorong dan memotivasi Anda untuk melakukan perubahan dan mengambil tindakan. Setelah menuliskan 5 manfaat ini, tanyakan pada diri sendiri 2 pertanyaan ini:

  • “Apa tujuan yang ingin dicapai?”
  • “Apa manfaat dari pencapaian tujuan ini?”

Tuliskan jawaban di sebuah catatan, tempel dan letakkan catatan itu di tempat di mana setiap pagi Anda selalu melihatnya.

2. Kenali dan Relaksasikan Diri

7 Trik Mudah Mengatasi Stres

Luangkan waktu untuk mengenal kepribadian Anda, kekuatan Anda, hal-hal yang tidak Anda sukai dan hal-hal yang Anda sukai. Tujuan dari latihan ini adalah untuk menjadi lebih sadar diri sehingga Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi hal-hal apa saja dalam hidup yang membuat stres, dan bagaimana dapat mengelola aktivitas itu sehingga mereka tidak memiliki dampak negatif pada kehidupan.

Ketika tahu siapa diri Anda dan apa yang penting bagi Anda, Anda akan mengambil tindakan untuk mengelola kegiatan negatif yang tidak melayani Anda dengan baik.

Kita bisa menjadi musuh terhebat bagi diri sendiri dan kita bisa sangat keras pada diri sendiri, yang tidak hebat dalam hal mengelola stres dalam hidup kita. Semakin sadar diri Anda, semakin Anda menerima kekuatan dan apa yang tidak kuasai.

Berjuang untuk kesempurnaan dalam segala hal yang dilakukan dan membandingkan diri dengan orang lain tidak akan begitu penting bagi ketika Anda tahu siapa diri Anda dan Anda sangat bahagia dan bangga dengan diri Anda.

3. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur

Ini adalah strategi yang sangat praktis yang sangat berhasil. Rutin berolahraga secara teratur dapat membangun ketahanan fisik untuk mengelola stres. Tubuh dapat melawan stres dengan lebih baik ketika sedang fit.

Seiring dengan berolahraga secara teratur, makan makanan sehat dan seimbang adalah sama pentingnya dalam rangka mengelola dampak stres terhadap kehidupan.

4. Belajar Dan Berlatih Teknik Relaksasi

Seorang Psikolog bernama Robbie Maller mengatakan bahwa “Penelitian menunjukkan bahwa meditasi setiap hari dapat mengubah jalur saraf otak, membuat Anda lebih tahan terhadap stres,”.

Usahakan untuk istirahat dan tidur yang cukup. Tubuh juga perlu waktu untuk pulih dari kegiatan yang membuat stres. Teknik relaksasi bisa dicoba untuk manajemen stres yaitu meditasi, yoga, dan lain sebagainya.

Anda akan selalu menghadapi masa-masa stres dalam hidup dan dengan menenangkan dan menenangkan pikiran, Anda memberi waktu bagi tubuh untuk pulih dari segala sesuatu yang menimbulkan stres.

5. Habiskan Waktu dengan Orang yang Membuat Anda Selalu Tersenyum

Habiskan Waktu dengan Orang yang Membuat Anda Selalu Tersenyum

Semakin besar stres yang kita hadapi, semakin besar kemungkinan kita menarik diri dari lingkaran teman dan keluarga kita. Stres dapat menghabiskan hidup kita secara fisik, mental dan spiritual. Adapun yang ingin kita lakukan adalah bersembunyi dari dunia atau kenyataan.

Apabila disekelilingi dengan orang-orang yang memberi rasa gembira, motivasi, dorongan dan dukungan, kondisi itu akan membangun ketahanan spiritual dan mental Anda.

Menjaga pandangan hidup tetap positif jauh lebih mudah dilakukan ketika dikelilingi oleh orang-orang yang mencintai dan mendukung Anda dan lingkungan yang positif. Tertawa lepas dan banyak tersenyum adalah cara yang bagus untuk mengelola tingkat stres dalam hidup. Semakin mampu Anda gembira, semakin baik “kualitas hidup” Anda.

6. Banyak Bersyukur

Bersyukur salah satu cara paling efektif untuk berhasil mengelola stres dalam kehidupan. Hal itu dapat memberi perspektif yang lebih optimis dan penuh harapan di dalam kehidupan.

Agar berhasil mengelola stres dalam hidup, optimisme dan harapan adalah dua unsur utama yang dibutuhkan. Tanpa mereka, kemampuan Anda untuk mengelola stres secara efektif jauh lebih sulit – bahkan bisa jadi mustahil.

baca juga: 10 Langkah Sederhana untuk Hidup Yang Lebih Baik


7. Berkomitmen Untuk Bertindak Dan Melakukannya

Jika membiarkan stres masuk ke dalam hidup Anda, itu akan mengambil alih hidup Anda – secara fisik, mental dan spiritual.

Kita hidup di dunia yang terus berubah dan menantang, sehingga kita akan selalu dihantui oleh ancaman stres.

Berkomitmenlah untuk segera mengambil tindakan untuk mengelola dampak yang ditimbulkan stres di dalam kehidupan dan segera mencari solusi. Karena jika bukan diri sendiri yang melakukannya siapa lagi.

Kesimpulan

Rasa stres tidak dapat dihindari kapanpun dan dimanapun. Adapun 7 trik mudah mengatasi stres ini adalah strategi yang jika diterapkan dan dipraktikkan secara konsisten, akan memungkinkan menjalani hidup sepenuhnya dengan ketangguh dan kekuatan dalam pikiran, tubuh, dan jiwa dalam mengatasi stress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *