7 Tips Bekerja dari Rumah yang Produktif

Bekerja dari rumah ternyata banyak manfaatnya, mulai dari bisa lebih banyak bercengkerama dengan anggota keluarga hingga jadwal yang lebih fleksibel dll. Tetapi jangan salah, work from home juga memiliki tantangan sendiri, apalagi jika kita suka menunda-nunda pekerjaan dan juga apabila ada anak-anak yang terkadang rewel dan mengganggau konsentrasi kita dan justru bisa menghambat pekerjaan dan produktivitas saat bekerja di rumah.

Jika bekerja dari rumah, berikut beberapa kiat untuk bisa berhasil saat bekerja dari rumah:

1. Jadikan rumah layaknya ruang kerja

Jadikan rumah layaknya ruang kerja

Ya, jika bekerja di rumah, rumah akan menjadi tempat untuk melakukan pekerjaan kita sewaktu di kantor. Jika tidak memiliki ruangan yang dapat diubah layaknya ruang kantor, kita bisa mencari ruang yang ideal untuk dijadikan sebagai ruang kerja.

baca juga: Tips Membuat Ruang Kerja di Rumah

Membawa laptop dan mengerjakan tugas di sofa di depan televisi akan menghadirkan banyak gangguan dan godaan. Lengkapi alat komunikasi yang berhubungan dengan pekerjaan sehingga akan selalu terkoneksi dengan bos atau rekan kerja di kantor.

Investasikan dengan membeli meja, kursi, dan komputer yang memadai sehingga kita nyaman bekerja, tempat yang tidak nyaman akan selalu menggoda kita untuk menjadi malas.

2. Luangkan waktu yang lama untuk bekerja

Bekerja dari rumah dapat memberikan kita jam kerja yang jauh lebih fleksibel, tetapi jika jika bekerja setengah-setengah maka akan jauh lebih sulit untuk bisa cepat menyelesaikan pekerjaan.

Cobalah untuk memastikan kita bisa mendapatkan waktu yang benar-benar pas. Misalnya, jika kita harus bekerja 8 jam, buat 3 bagian waktu yaitu 3 jam, 2 jam, dan 3 jam lagi. Jika kita perlu mengurus hal lain, maka bisa dilakukanlah saat jeda atau “istirahat” diantara 3 bagian waktu tersebut.

3. Relaksasi sejenak dengan berkeliling sekitar rumah

Relaksasi sejenak dengan berkeliling sekitar rumah

Bekerja terus menerus akan membuat kita menjadi lelah dan jenuh. Apalagi jika bekerja di rumah, maka waktu kita adalah 24 jam ada di rumah. Jadi luangkan sejenak dengan melakukan relaksasi yaitu berjalan-jalan di luar rumah, menjernihkan pikiran, dan merelaksasi tubuh.

4. Buat daftar tugas yang harus diselesaikan tiap hari

Karena ketika bekerja di rumah kita bisa dengan mudah untuk “keluar” dari tugas yang dikerjakan, maka kita wajib memiliki daftar hal-hal yang perlu diselesaikan. Hal itu berguna untuk membantu kita memvisualisasikan progres pekerjaan yang sudah dikerjakan. Ketika kita mulai malas, maka akan terlihat jelas pekerjaan apa saja yang belum selesai dikerjakan dari daftar tersebut.

5. Minimalkan gangguan dan tentukan batasan waktu online

Jika sebagian besar pekerjaan dilakukan via komputer, makan gangguan aplikasi online bisa menjadi sumber gangguan. Sangat mudah larut ke dalam obrolan di Facebook, Whatsapp, Instagram atau situs lain jika kita tetap membuka di salah satu tab browser sepanjang hari.

baca juga: 4 Cara Menghindari Gangguan Saat Work From Home

Usahakan untuk fokus dulu di dalam pekerjaan yang sudah direncanakan danĀ  menutup semua tab dan situs web yang tidak terkait pekerjaan. Kemudian ketika jeda atau istirahat itulah saatnya kita bisa beraktivitas lagi di media sosial kita.Usahakan konsentrasi kita terfokuskan dulu terhadap pekerjaan utama kita.

6. Jangan suka menunda

Jangan suka menunda

Yang harus dilakukan pertama kali adalah melihat daftar tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan. Jangan suka melakukan pekerjaan semisal hanya 90% saja dan berusaha untuk melanjutkannya di keesokan hari. Usahakan daftar pekerjaan yang sudah dibuat bisa dituntaskan segera dan jangan menunda-nunda.

baca juga:Hambatan Saat Bekerja dari Rumah

Ketika kita menunda atau tidak menuntaskan pekerjaan, hal itu kan mendorong kita untuk senantiasa berfikir untuk selalu menunda-nunda dan menggampangkan pekerjaaan kita untuk dituntaskan. Anda akan membuat siklus terus-menerus mendorong hal-hal ke hari lain yang sangat sulit untuk dilepaskan. Konsisten dalam menuntaskan pekerjaan akan menumbuhkan pola kerja yang produktif dan menghemat waktu.

7. Perhatikan Asupan Tubuh

Pastikan kita sudah sarapan terlebih dahulu sehingga tidak muncul rasa lapar ketika bekerja. Jadwalkan istirahat makan siang yang wajar.

Gunakan outfit yang santai yang membuat kita seolah-olah berada di kantor. Jadwalkan jam makan siang untuk menjaga koneksi sosial dengan orang-orang di sekitar kita.

baca juga: Tips Agar Produktivitas dan Fokus Terjaga

Bekerja dari rumah membutuhkan disiplin. Jika baru memulai, mungkin perlu sedikit waktu untuk membiaskan hal tersebut. Jika mencoba mengikuti kiat di atas, bekerja di rumah atau work from home akan terasa jauh lebih mudah. Kuncinya adalah menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang baik, menetapkan batasan, dan me-manage diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *