7 Tips Manajemen Waktu Yang Baik Agar Lebih Produktif

Pernahkah kita mengalami suatu kondisi dimana kita sibuk dengan hal-hal yang kurang penting dan akhirnya tersadar ternyata belum menyelesaikan apa pun? Ya…mungkin kita semua pernah seperti itu. Ketika hal itu terjadi setiap saat, maka kita perlu mencari cara untuk mengatasinya. Bisa jadi manajemen waktu yang baik belum kita miliki.

Berikut ini tips untuk memaksimalkan produktivitas, baik di tempat kerja, sekolah atau di rumah dengan manajemen waktu yang baik:

1. Indentifikasi Hal yang Kurang Penting

Indentifikasi Hal yang Kurang Penting

Mulailah hari cobalah identifikasi dan catat hal-hal yang yang cenderung membuat kita buang-buang waktu saja. Simpan daftar itu di dekat kita. Saat kita menyadari telah melakukan sesuatu yang membuang-buang waktu, tambahkan kegiatan itu ke daftar yang telah dibuat. Hal ini akan berfungsi sebagai pengingat bagi kita saat hendak melakukan kegiatan yang sia-sia dan membuang waktu saja.

2. Sembunyikan Atau Uninstal Aplikasi Media Sosial

Menutut riset, rata-rata pengguna media sosial menghabiskan 3,6 jam per hari untuk bersosialisasi secara online. Itu sekitar seperempat dari waktu kita saat bangun tidur! Bayangkan apa yang bisa kita lakukan dengan jam tambahan itu.

Agar kita tidak membuang-buang waktu, hapus aplikasi jejaring sosial dari layar beranda perangkat seluler kita dan di komputer kita. Meskipun nantinya tidak akan sepenuhnya di luar jangkauan, praktik ini paling tidak dapat mencegah kita dari tindakan terus menerus memeriksa notifikasi secara spontan.

3. Tetapkan Tujuan Harian

Tetapkan Tujuan Harian

Setiap hari pasti kita akan mengerjakan tugas-tugas baru yang harus diselesaikan. Jadi permudahlah untuk menyelesaikan setiap tugas dengan di dalam kehidupan sehari-hari.

Gunakan aplikasi yang membantu misalnya seperti Google Kalender untuk tetap on schedule dengan jadwal harian kita. Kita dapat mengatur pengingat atau reminder agar tetap teratur dan memastikan kita tidak satu pun tugas yang ada.

4. Pritoritaskan Tugas Terpenting

Sangat mudah untuk memulai hari dengan mengerjakan tugas yang paling sederhana. Tetapi pada saat kita selesai dengan tugas-tugas yang kurang penting, kita mungkin sudah lelah dan bahkan lebih enggan untuk memulai pekerjaan prioritas kita.

Coba ubah pola tersebut dan kerjakan tugas terpenting terlebih dahulu. Ini akan membuat perasaan lega bagi kita saat tugas terpenting sudah tuntas dikerjakan dan sisa hari bisa dihabiskan dengan lebih enjoy lagi.

5. Stop Multitasking

Stop Multitasking

Multitasking hanyalah mitos! Menurut NPR, manusia tidak dapat melakukan banyak tugas secara fisik. Otak kita malah menyulap perhatian dari satu tugas ke tugas lain begitu cepat sehingga kita diberikan suatu ilusi bahwa kita sedang melakukan banyak tugas.

Mungkin kita terlalu efisien dalam hal itu. Jika kita mencoba melakukan terlalu banyak hal sekaligus, kita mungkin tidak akan menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan standar tinggi. Dan juga bisa memakan waktu lebih lama daripada jika kita hanya fokus pada satu tugas pada satu waktu, yang berarti kita hanya menghambat produktivitas dengan melakukan banyak tugas.

6. Manfaatkan Waktu Senggang

Apa yang kita lakukan ketika sedang menunggu di kendaraan umum? Jika kita hanya sekedar menatap keluar jendela, kita akan membuang-buang waktu yang berharga.

Sebagai gantinya,kita bisa lebih produktif dengan bertukar pikiran dengan orang lain atau membaca buku. Kita bahkan bisa menggunakan waktu senggang ini untuk melatih pernapasan sehari-hari yang menghilangkan stres saat kita telah melakukan sesuatu yang produktif.

baca juga: 3 Strategi Mengatur Waktu dan Memaksimalkan Hasil

7. Baca Referensi Tekait Manajemen Waktu

Baca Referensi Tekait Manajemen Waktu

Untuk mendapatkan saran terbaik tentang cara mengatur waktu, pertimbangkan untuk membaca buku manajemen waktu. Buku-buku itu mungkin akan lebih berguna bagi kita karena mereka lebih detail dan mendalam. Kita juga akan sering menemukan latihan untuk membantu kita menerapkan konsep yang tercantum di buku-buku manajemen waktu tadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *