7 Tips Jitu untuk Menguasai Ujian TOEFL dan IELTS Anda

Agar dapat dipertimbangkan untuk masuk ke program internasional, Anda harus lulus tes kompetensi bahasa terlebih dahulu. Jika Anda ingin mendaftar ke program pengajaran bahasa Inggris di institusi asing, Anda harus memenuhi standar tertentu. TOEFL dan IELTS adalah ujian bahasa Inggris yang paling standar dan banyak digunakan. Ini adalah kriteria penerimaan yang penting di lembaga dan institusi asing.

Tes belajar di luar negeri sering kali dianggap hanya sebagai syarat yang harus dipenuhi. Namun, TOEFL dan IELTS dapat menawarkan lebih dari itu. Skor tes ini juga digunakan untuk migrasi ke negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Kanada. Tes-tes ini memberikan peringkat keseluruhan dari kemampuan bahasa Inggris Anda dalam empat bagian: membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.

TOEFL & IELTS

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah tes standar yang digunakan untuk menilai kemampuan bahasa Inggris penutur asli yang mendaftar ke universitas berbahasa Inggris. TOEFL telah diakui oleh sekitar 11.000 institusi di 150 negara di seluruh dunia.

International English Language Testing System (IELTS) adalah tes kompetensi bahasa Inggris yang diakui secara internasional untuk penutur non-penutur asli. British Council, IDP: IELTS Australia, dan Cambridge Assessment English bersama-sama menjalankan IELTS, yang didirikan pada tahun 1989. IELTS telah diakui oleh sekitar 11.000 institusi di 140 negara di seluruh dunia.

7 Tips untuk Menguasai TOEFL dan IELTS

Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik tidak menjamin kesuksesan dalam ujian TOEFL atau IELTS. Ujian-ujian ini menilai kemahiran bahasa Anda, bukan perintah atau pemahaman Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin terampil dalam melatih olahraga, namun belum tentu mahir dalam memainkannya. Berikut adalah tujuh metode untuk memastikan Anda mendapatkan nilai sempurna dalam ujian TOEFL dan IELTS:

  1. Menganalisis format dan pola

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa format ujian TOEFL dan IELTS. Ini bukan tes dasar dengan banyak komponen. Sebagai permulaan, TOEFL lebih cocok untuk orang yang terbiasa dengan bahasa Inggris Amerika. IELTS, di sisi lain, hanya membuang-buang waktu bagi orang-orang yang fasih berbahasa Inggris Inggris. Format dan pola ujian akan memberikan Anda informasi penting untuk merencanakan strategi Anda. Mengambil tes ini tanpa strategi adalah kesalahan besar. Jarak waktu ujian antara kedua tes ini dapat membuat Anda bingung.

② Persiapkan dengan baik.

Setelah memeriksa format dan pola ujian, Anda mulai mempersiapkan diri. Pertimbangan utama di sini adalah bagaimana mempersiapkan diri. Apakah Anda akan menjadwalkan ujian TOEFL selama 4 jam atau IELTS selama 2 jam 45 menit? Pertanyaan dan gaya ujian sangat berbeda dari kedua tes tersebut. Sebagai contoh, TOEFL berkonsentrasi pada pertanyaan pilihan ganda, sedangkan IELTS memiliki topik yang jauh lebih luas. Jika Anda hanya berfokus pada peningkatan kemampuan bahasa Inggris Anda, Anda akan menghadapi rintangan yang unik selama ujian. Bersiaplah sesuai dengan gaya ujian.

Rencanakan jadwal belajar Anda.

Jangan hanya menjadwalkan satu periode untuk persiapan TOEFL dan IELTS. Ujian-ujian ini memiliki empat bagian berbeda yang masing-masing menguji Anda secara berbeda. Oleh karena itu, Anda harus mengatur ulang jadwal belajar Anda. Banyak pelamar percaya bahwa setiap bagian itu penting dan layak mendapatkan perhatian yang sama. Benar dan salah. Setiap bagian itu penting, namun memperhatikan setiap bagian dengan tingkat perhatian yang sama bukanlah hal yang cerdas. Luangkan lebih banyak waktu untuk bagian yang lebih lemah. Tetapkan berbagai jenis aktivitas dan latihan untuk setiap bagian dan buatlah agar tetap menarik setiap hari.

Perbaiki Tata Bahasa Anda

Tata bahasa adalah aspek penting dalam bahasa Inggris. Mengingat bahwa TOEFL dan IELTS adalah tes kompetensi bahasa Inggris, hal ini menjadi semakin penting. Tata bahasa Anda harus sempurna karena kemungkinan besar Anda akan ditanyai pertanyaan yang berhubungan dengan tata bahasa. Selain itu, menguasai bagian bahasa Inggris ini tidaklah mudah. Namun, jika Anda sudah menguasai dan merasa nyaman dengan hal tersebut, Anda perlu merevisi. Ingatlah untuk memoles pengetahuan dan keterampilan tata bahasa Anda sebelum mengikuti ujian.

⑤ Sinonim: Harus.

Sinonim, tidak seperti tata bahasa, tidak umum digunakan dalam bahasa Inggris. Akibatnya, banyak calon siswa yang mengabaikan sinonim dan menghadapi hambatan yang signifikan. Jadilah cukup bijak untuk mengevaluasi posisi Anda sepenuhnya. Tes ini mencakup pertanyaan berbasis sinonim yang tampak seperti pertanyaan jebakan. Sebagai contoh, sebuah istilah dalam pertanyaan dapat digantikan dengan sinonim yang tidak dikenal. Banyak calon peserta yang menganggap ini sebagai pertanyaan centang, yang sebenarnya bukan bagian dari tes ini. Anda mungkin diminta untuk memberikan sinonim untuk sebuah kata.

⑥ Jangan menjawab secara berlebihan

Menjawab secara berlebihan adalah hal yang harus Anda hindari ketika mengikuti tes kompetensi bahasa Inggris ini. Anda tidak perlu menjelaskan secara berlebihan atau memberikan banyak jawaban untuk sebuah pertanyaan. Pengetahuan tambahan Anda tidak dihargai dalam ujian ini. Kecuali diminta secara eksplisit, jangan memberikan lebih dari satu jawaban atau menjelaskan secara berlebihan. TOEFL dan IELTS adalah tes tingkat global yang hanya meminta informasi yang relevan. Adalah hal yang umum jika Anda memiliki dua atau lebih solusi dalam pikiran Anda; namun demikian, Anda tidak dipaksa untuk menindaklanjutinya. Pilihlah opsi yang terbaik dan patuhi itu.

⑦ Mengikuti tes tiruan.

Banyak contoh tes TOEFL dan IELTS yang tersedia secara online. Ini adalah beberapa kemungkinan yang fantastis untuk melihat sekilas tes yang sebenarnya. Mengikuti tes tiruan akan membantu Anda melakukan lebih baik pada ujian yang sebenarnya. Tes tiruan memungkinkan Anda untuk menguji rencana dan ide Anda. Selain itu, ujian-ujian ini dirancang oleh para profesional dan spesialis. Para ahli ini telah mengikuti berbagai ujian kompetensi bahasa Inggris beberapa kali. Dan apakah saya sudah menyebutkan bahwa contoh tes ini sepenuhnya gratis? Cobalah dan lihatlah apakah Anda dapat menguasai situasi.

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *