7 Tips Hebat Menjadi Blogger Sukses

Semua blogger pasti memiliki satu keinginan yang sama. Mereka ingin menjadi blogger sukses, traffic tinggi, dan bisa menghasilkan uang.

Bagi kebanyakan blogger, kesuksesan bisa berarti memiliki pelanggan setia yang akan selalu membaca setiap artikel yang dibuat.

Tanpa melihat apakah kamu seorang blogger senior atau seorang blogger pemula. Simaklah 7 tips yang bisa membantu kamu menjadi blogger sukses.

1. Temukan Niche

Saran ini telah banyak dikemukakan sejak saat awal blog pertama yang sukses. Tetapi tetap saja, banyak blogger pemula yang tidak menerima nasihat ini dengan sepenuhnya.

Sebagian karena banyak blogger baru tidak yakin tentang apa yang harus ditulis di-blog dan sebagian karena orang lain tidak tahu apa itu niche.

Niche didefinisikan sebagai, “sudut pasar khusus tetapi menguntungkan.” Gampangnya, niche adalah pangsa pasar.

Tujuannya menemukan niche adalah mempersempit fokus blog.

Menuliskan tentang apa pun dan segala sesuatu yang terlintas dalam pikiran adalah hal yang hebat jika menulis untuk diri sendiri, tetapi pembaca mungkin merasa bahwa bingung dan sulit untuk mengkikuti.

Padahal yang benar-benar diinginkan pembaca adalah kumpulan artikel terkait dan bermanfaat tentang topik yang sama dalam rangka membantu mereka memecahkan masalah atau pertanyaan.

Contoh niche yaitu :

  • Mengasuh anak
  • Keuangan
  • Kecantikan
  • Dekorasi Rumah
  • Kebugaran
  • Desain web, dll

Kunci dari menemukan niche adalah kita dapat mengatahui siapa target audiens yang hendak disasar dengan mempersempit topik.

Temukan pangsa pasarmu dan fokuslah pada itu. Ini akan mengurangi tingkat persaingan sembari membuat kita belajar menjadi ahli dalam niche yang sudah ditetapkan.

Misalnya, membuat artikel 101 Dasar-Dasar Blogging, dikarenakan minimnya nasihat yang baik untuk blogger pemula, dan  lebih banyaknya saran blogging untuk blogger menengah dan lanjutan.

Contoh lain adalah jika ingin memulai blog traveling.

Daripada membuat blog traveling yang umum, Cobalah mempersempit fokus ke satu negara atau kota. Dengan begitu, blog ita akan menjadi urutan nomor satu bagi orang yang ingin mengunjungi daerah itu.

2. Aktif Mempromosikan Diri

Mempromosikan postingan blog di media sosial atau komunitas mungkin adalah hal yang menakutkan bagi beberapa orang.

Terkadang kita  tidak ingin terdengar seperti menyombongkan diri, dan tidak ingin dianggap sebagai spam.

Namun, jika ingin sukses, kita harus membagikannya, dan siapa lagi kalau bukan kita duluan.

Itu merupakan bagian dari proses pemasaran, dan blogger harus belajar cara menggunakan fungsi media sosial dan kolom komentar blog untuk memasarkan diri mereka sendiri.

Terkadang membunyikan klakson sendiri tidak terlalu buruk.

Kuncinya adalah menemukan keseimbangan antara promosi diri dan kerendahan hati.

Banyak blogger dan penggemar media sosial menyarankan untuk menggunakan 80 persen dari komentar media sosial kita dan berbagi untuk mempromosikan karya orang lain dan 20 persen darinya mempromosikan produk dan layanan kita sendiri.

3. Manfaatkan Apa yang Berguna

Bereksperimen adalah bagian dari proses, jadi jangan takut untuk mencoba melakukan sesuatu yang baru demi menjadi blogger sukses.

Mulai seri blogging mingguan baru, coba pasang iklan, atau mulai berkunjung ke blog lain.

Gunakan statistik situs web dan fungsi komentar untuk melihat bagaimana pembaca bereaksi terhadap ide-ide baru yang kita utarakan.

Jika tidak mampu melihat indikasi reaksi dalam statistik blog kita, polling pembaca dapat digunakan melihat pendapat mereka.

Pengujian ini tidak akan membahayakan praktik blogging yang kita lakukan.

Beberapa percobaan ini malah dapat menyebabkan peningkatan besar dalam lalu lintas.

Kabar baiknya adalah kita akan selalu bisa menyingkirkan sesuatu yang ternyata tidak berfungsi.

4. Lakukan Tes “Above the Fold

Karena kita hanya memiliki beberapa detik untuk membuat kesan pertama yang baik dan membantu pembaca menemukan apa yang ingin mereka cari, kita ingin menampilkan informasi yang paling penting di bagian atas.

Sebagai contoh,pembaca harus dapat mengetahui siapa kita dan apa yang kita lakukan. Jika tidak jelas terdapat dalam judul blog, ada baiknya menambahkan suatu tagline.

Jika tidak yakin bagaimana kinerja blog? Coba gunakan Aplikasi Clue untuk melakukan tes impresi 5 detik secara gratis.

Terus gali feedback pembaca untuk melihat informasi mana yang dianggap paling penting dan mana yang tidak oleh pembaca. Bahkan layak juga kita memikirkan kembali tata letak blog, apakah sudah menarik apa belum.

5. Buat Blog menjadi Sticky

Sticky adalah istilah yang berarti kita mendorong orang untuk kembali atau tetap staytune di blog kita.

Caranya adalah menautkan ke artikel yang relevan dari arsip blog kita. Bisa diletakkan di dalam konten, atau  membuat daftar sumber daya tambahan di akhir setiap posting blog.

Inti Ide ini adalah tautan yang disematkan dapat terus menerus mengarahkan pembaca tetap ke konten atau postingan blog kita sendiri dan menawarkan pembaca lebih banyak informasi mendalam tentang topik atau subjek yang terkait.

Ketika Anda melakukan ini, orang lebih cenderung untuk tetap dan berlangganan ke blog kita.

Selain itu juga bisa dengan mengundang pembaca untuk berlangganan blog atau dengan membuat umpan RSS yang tersedia dengan mengklik tombol.

6. Perluas Jangkauan Blog

Untuk membuat pembaca bertahan dan terus kembali, ada baiknya mencari cara memperluas jangkauan di luar pos blog sederhana yang sudah dibuat.

Tujuannya adalah menjangkau lebih banyak pembaca yang menikmati ingin menikmati bentuk konten dan tampilan yang lain, dan tentunya membuat blog menjadi tidak membosankan dan lebih informatif.

Contoh cara untuk memperluas jangkauan yaitu:

  • Bergabung di komunitas di media sosial
  • Membuat buletin
  • Membuat podcast
  • Menambahkan video
  • Membuat Konten Berkualitas

Prinsip penting yang harus selalu diingat yaitu:

Konten adalah raja.

Tanpa konten yang bagus dan menarik, blog kita akan jalan di tempat dan kita tidak akan menjadi blogger sukses.

baca juga: Cara Ampuh Menjadi Blogger Produktif

Meskipun desain blog dan strategi pemasaran adalah hal penting, tetapi jika tidak diimbangi dengan madanya konten yang berkualitas, praktis akan tidak berguna.

Pembaca mungkin datang dari strategi pemasaran yang sudah kita lakukan, tetapi pembaca juga akan tetap tinggal ketika kita mampu membuatkan konten yang mereka butuhkan.

Membuat konten yang “dibutuhkan” oleh pembaca dapat mencakup hal apa saja, mulai dari tutorial hingga memberikan hiburan.

Meskipun blogging tentang aktivitas sehari-hari juga dapat bermanfaat bagi pembaca, tapi kita harus selalu fokus pada penyelesaian suatu masalah bagi pembaca lebih dulu. (apakah pembaca ingin tertawa atau malah mencari nasihat).

Memuaskan kebutuhan pembaca berkorelasi kuat dengan dorongan pembaca untuk berlangganan blog kita.

About Post Author

One thought on “7 Tips Hebat Menjadi Blogger Sukses

  1. Memperluas jangkauan blog jadi hal sulit buat saya. Tidak mudah membuat orang tertarik dengan apa yang kita bagikan. Terlebih di Grup Facebook Komunitas Blogger, ada saja orang-orang yang tidak suka 😁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *