7 Cara Ampuh Memperkuat Memori Jangka Panjang

Kita semua memiliki pengalaman ketika seseorang mendekati kita dan mengatakan sesuatu seperti, “Hei, senang bertemu denganmu lagi!” Dan kami tiba-tiba berubah menjadi Dori dari “Finding Nemo.” Dalam sekejap, ingatan kita gagal. Saat kita paling membutuhkan ingatan jangka panjang, itu tidak dapat ditemukan.

Memori jangka panjang, dan memori yang lebih umum, bisa tampak misterius. Anda belajar sesuatu, itu pergi ke suatu tempat di otak Anda, dan kemudian Anda mudah-mudahan mengingatnya saat Anda membutuhkannya. Namun, kita semua tahu bahwa memori tidak setepat hanya menyimpan dan mengambil. Lagipula, kami bukan robot. Kadang-kadang bisa terasa lebih seperti mencari pinset di ruang bawah tanah penimbun.

Oleh karena itu, memahami sedikit tentang cara kerja memori jangka panjang dapat memberi kita beberapa trik berharga untuk cara memperkuat memori jangka panjang kita dan meningkatkan proses pengambilan.

Di mana Memori Jangka Panjang Terjadi?

Memori dipecah menjadi tiga bagian: penyandian, penyimpanan, dan pengambilan. Pertama, kita melihat sesuatu, dan itu dikodekan di otak sebagai memori. Selanjutnya, memori disimpan di berbagai daerah otak. Akhirnya, Anda mengambil atau mengingat memori bila perlu.

Konsolidasi adalah proses mentransfer ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang, dan para ilmuwan telah membuat beberapa penemuan baru tentang bagaimana proses konsolidasi ini terjadi.

Sampai baru-baru ini, para ilmuwan berpikir bahwa ingatan jangka pendek terjadi di hippocampus dan kemudian dikonsolidasikan ke daerah otak lain, tetapi studi baru telah memberi kita model lain untuk cara kerja ingatan jangka panjang.

Cara lama berpikir tentang memori, yang disebut model standar, mengatakan bahwa ingatan dikodekan dalam hippocampus sebagai ingatan jangka pendek dan kemudian dikonsolidasikan atau ditransfer ke neocortex.

Tapi ada model baru di kota. Para ilmuwan baru-baru ini menemukan model jejak ganda. [1] Alih-alih memulai di hippocampus, model ini menunjukkan bahwa ingatan dimulai pada hippocampus dan neocortex secara bersamaan. [2]

Alih-alih mentransfer ingatan dari satu daerah ke daerah lain, jejak ingatan di neokorteks menguat selama dua minggu menjadi ingatan jangka panjang, sementara ingatan dalam hippocampus melemah selama periode waktu yang sama.

Ini adalah perbedaan penting karena, alih-alih mencoba memperkuat transfer dari memori jangka pendek ke jangka panjang (hippocampus ke neocortex), kita sebenarnya dapat memperkuat apa yang dimulai sebagai jejak memori yang sudah nongkrong di neocortex.

Cara Meningkatkan Memori Jangka Panjang Anda

Berikut adalah 7 cara yang telah terbukti secara ilmiah untuk memperkuat jejak ingatan itu di neokorteks dan meningkatkan ingatan jangka panjang Anda:

1. Berlatih

Studi [3] menunjukkan bahwa berjalan dan berlari keduanya membantu meningkatkan daya ingat jangka panjang. Caranya adalah dengan melakukan latihan itu selama tahap penyandian memori. Itu berarti membaca saat berada di treadmill atau membahas pidato Anda sambil memompa besi. Ini membantu meningkatkan daya ingat jangka panjang Anda.

Berita baiknya adalah bahwa bahkan latihan ringan selama penyandian akan meningkatkan pengambilan memori jangka panjang nantinya.

2. Tidur yang Cukup

Baru-baru ini, para ilmuwan [4] telah menemukan bahwa tidur membantu otak kita membersihkan beberapa ingatan, yang membantu memperkuat orang lain. Ini adalah proses yang diperlukan yang mengharuskan kami untuk mendapatkan istirahat malam yang baik dan banyak tidur REM.

Untuk mengambil ingatan jangka panjang yang kita butuhkan nanti, kita membutuhkan waktu istirahat malam itu untuk membuang ingatan yang kurang penting.

3. Minum Kopi

Berita baik untuk Anda yang kecanduan kopi — kafein juga dapat membantu meningkatkan daya ingat jangka panjang Anda. Dalam satu penelitian, partisipan diberikan kafein setelah pengujian memori mereka. [6] Hasilnya menunjukkan bahwa kafein membantu konsolidasi memori jangka panjang.

Anggap itu memperkuat ingatan jejak di neocortex (jika kita menggunakan model banyak jejak). Peringatan: para ilmuwan masih belum dapat membuktikan bahwa kafein membantu dalam pengambilan ingatan jangka panjang.

4. Penuh Perhatian

Memori bergantung pada langkah pertama dalam proses; kita harus menyandikan informasi sebelum dapat disimpan. Itulah mengapa sangat penting untuk memperhatikan pertama kali kami mengalami informasi baru.

Dalam sebuah penelitian yang menggemaskan dengan balita, para ilmuwan mencoba menentukan apakah peniruan langsung membantu anak-anak itu memperkuat ingatan jangka panjang mereka pada tes-tes selanjutnya. [7]

Apa yang mereka temukan adalah bahwa imitasi sebenarnya tidak diperlukan untuk meningkatkan pengambilan memori di kemudian hari. Kunci untuk pengambilan ingatan jangka panjang yang sukses adalah memperhatikan sejak awal. Tidaklah penting bahwa balita membiakkan informasi, hanya saja mereka memperhatikannya.

Jadi apakah Anda mengulang, mencatat, atau hanya menatap dengan sungguh-sungguh, intinya adalah Anda harus memperhatikan untuk meningkatkan penyimpanan dan pengambilan memori jangka panjang di masa depan.

5. Uji Diri Sendiri

Cara lain untuk memperkuat ingatan jangka panjang Anda adalah dengan menguji diri sendiri. Membayar perhatian itu penting, tetapi untuk benar-benar meningkatkan pengambilan memori Anda pada akhirnya, secara berkala menguji diri Anda untuk melihat apa yang Anda ingat itu penting.

Efek pengujian adalah fenomena yang menguji diri Anda meningkatkan retensi. [8]. Pikirkan tentang hanya membaca catatan Anda dibandingkan dengan menggunakan kartu flash untuk memeriksa sendiri. Saat membaca sepintas lalu, Anda tidak memperhatikan apa yang Anda lakukan dan tidak tahu. Anda juga tidak mempraktikkan pengambilan memori jangka panjang Anda.

Namun, ketika Anda membuat kartu flash, membuat tes latihan, atau menutupi jawaban dan menanyai diri Anda sendiri, Anda memaksakan diri untuk menghadapi apa yang Anda lakukan dan tidak tahu dan ingatan mana yang lebih lemah dari yang lain. Ini memaksa Anda untuk mempraktikkan pencarian Anda dan memperkuat ingatan jangka panjang Anda.

6. Latihan Berulang-ulang

Menanyai diri sendiri adalah satu hal, tetapi jika Anda ingin meningkatkan ingatan Anda ke tingkat berikutnya, Anda perlu mencoba pengambilan berulang. Alih-alih hanya menanyai diri Anda sendiri satu kali, pengambilan berulang adalah saat Anda menanyai diri sendiri beberapa kali selama periode waktu tertentu. [9]. Karena butuh dua minggu untuk memperkuat jejak ingatan itu di neokorteks, itulah tolok ukur untuk pengambilan berulang.

Pengambilan berulang juga dikenal sebagai pengambilan spasi. Perusahaan yang menggunakan teknik ini sudah ada sejak tahun 1970-an, tetapi sekarang, berkat kemajuan teknologi, Anda dapat dengan mudah mengakses alat pengulangan spasi online.

Konsepnya sederhana. Anda ditanya pertanyaan. Jika Anda tahu jawabannya, itu masuk dalam satu tumpukan (virtual atau nyata), dan jika Anda tidak menjawabnya di yang lain. Lebih banyak waktu akan berlalu sebelum Anda ditanyai pertanyaan yang Anda lakukan dengan benar daripada yang salah. Interval antara pertanyaan meningkat setiap kali Anda mendapatkan jawaban yang benar sampai aman dan sehat dalam ingatan jangka panjang Anda.

7.  Kosongkan Ingatan Sejenak

Alih-alih menjejalkan, mengatur jarak sesi mengingat Anda telah terbukti meningkatkan memori jangka panjang. Ketika Anda menjejalkan, Anda hanya bisa mengandalkan ingatan jangka pendek di hippocampus Anda, sedangkan dengan menjeda sesi belajar Anda memaksa Anda untuk memperkuat ingatan jejak yang menunggu di neocortex Anda.

Kesimpulan

Memori tidak tepat, dan masih banyak yang kita tidak tahu tentang itu, tetapi penelitian terbaru telah menjelaskan beberapa teknik yang dapat kita gunakan untuk lebih meningkatkan memori jangka panjang kita.

Mengetahui bahwa ingatan dikodekan secara serentak di beberapa wilayah otak dapat membantu kita berpikir lebih banyak tentang memperkuat ingatan jejak itu alih-alih memindahkannya dari satu daerah ke daerah lain.

Olahraga, kafein, dan memperhatikan dunia di sekitar kita dapat membantu pengkodean kita. Kemudian, menanyai diri sendiri dari waktu ke waktu dapat membantu kita menyimpan dan mengambil ingatan jangka panjang itu.

Penting untuk memikirkan ingatan sebagai proses bertahap yang berlangsung selama berminggu-minggu, bukan momen. Selain itu, tidak dapat dilebih-lebihkan betapa pentingnya tidur dalam proses memori. Tanpa istirahat malam yang baik dan siklus REM yang teratur, otak tidak punya waktu untuk menyaring memori mana yang harus disimpan dan mana yang harus dibuang.

Tanpa 7 strategi ini, otak kita akan menjadi seperti ruang bawah tanah penimbun itu, jadi bersihkan dan buat sistem pengambilan yang Anda gunakan secara teratur. Setelah menggunakan 7 teknik ini untuk memperkuat memori jangka panjang Anda, otak Anda akan lebih seperti arsip perpustakaan daripada ruang bawah tanah yang berantakan dan apak.

Bagian terakhir dari kabar baik: Anda tidak pernah terlalu tua untuk memperkuat ingatan jangka panjang Anda, jadi mulailah hari ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *