7 Kiat Meningkatkan Produktivitas

Produktivitas itu penting…

Seberapa efektif kita memanfaatkan waktu, dapat membuat perbedaan yang signifikan terhadap produktivitas baik sebagai pribadi maupun profesional. Bekerja secara cerdas, bukan hanya keras, adalah kunci produktivitas yang efektif, dan pada gilirannya, memberikan hasil yang lebih baik dan juga kehidupan yang lebih baik.

Sebenarnya bekerja lebih sedikit juga dapat memberikan hasil yang lebih baik. Kita semua memiliki 24 jam yang sama sehari. Sebagian dari kita dapat memperoleh pekerjaan produktif dalam jumlah yang luar biasa setiap hari dan masih memiliki waktu untuk menikmati hidup dan melakukan lebih banyak hal yang kita sukai.

Namun yang lain, tidak punya waktu dan menghabiskan sebagian besar hari mereka tanpa energi merasa frustrasi dan kewalahan dengan apa yang mereka miliki di piring mereka.

Semua orang ingin memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan menjadi seproduktif mungkin. Seberapa efektif kita mengelola waktu kita dapat membuat perbedaan yang signifikan bagi keberhasilan karier atau bisnis kita.

Bagaimana jika Anda memiliki strategi untuk memaksimalkan waktu Anda dan meningkatkan produktivitas Anda?

Jika Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu berfokus pada aktivitas bernilai tertinggi Anda; punya waktu untuk merencanakan masa depan; punya waktu untuk menetapkan tujuan; dapat membuat rencana untuk mewujudkannya; memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama orang yang Anda cintai; dan punya waktu untuk melakukan lebih banyak hal yang Anda sukai bagaimana rasanya?

Kunci untuk meningkatkan produktivitas Anda adalah untuk memahami mengapa Anda ingin melakukannya dan memiliki kejelasan tentang perbedaan yang akan terjadi dalam kehidupan pribadi dan bisnis Anda.

Kita semua ingin bekerja sedikit lebih sedikit, dan melakukan lebih banyak pekerjaan yang kita sukai serta menghasilkan lebih banyak uang, tetapi bagaimana kita dapat melakukannya?

Berikut 7 Aturan Produktivitas yang membantu orang-orang mencapai hari kerja mereka yang paling produktif, apa pun harinya.

1. Dapatkan Kejelasan di Awal

Untuk membuat Rencana peningkatan produktivitas, pertama-tama kita harus memahami dan mengukur di mana kita berada sekarang sebelum mengembangkan rencana untuk meningkatkan. Kita perlu melihat kedua faktor internal dan eksternal ketika kita berpikir tentang mengukur dan meningkatkan produktivitas kita.

Cara terbaik untuk mengukur adalah dengan meninjau kinerja kami dari saat ini kembali ke saat kami mulai. Ini memberi kami perasaan nyata tentang peningkatan yang telah kami lakukan, apa yang kami lakukan dengan sangat baik dan hal-hal yang kami ingin menjadi lebih baik. Ini berfokus pada kekuatan kami pada awalnya, memberi kami kepercayaan diri untuk melakukan peningkatan produktivitas yang ingin kami buat.

Fokus pada Spesifik



Memiliki tujuan yang jelas seputar peningkatan produktivitas yang ingin Anda lakukan. Apakah Anda memiliki kejelasan tentang apa yang Anda lakukan, mengapa Anda melakukannya dan seperti apa hasil ideal Anda?

Setelah Anda mengetahui hal ini, Anda dapat menciptakan lebih banyak ‘produktivitas yang disengaja’ dan mengatur peningkatan spesifik dan terukur yang ingin Anda lakukan.

Semakin jelas Anda tentang situasi atau proyek tertentu, semakin baik dan cepat Anda dapat mencapai hasil yang Anda inginkan.

Ketika Anda jelas tentang hasil yang Anda inginkan dan termotivasi untuk mencapai hasil itu, Anda akan mulai bekerja lebih efektif untuk mencapai hasil itu.

Memahami Perbedaan Besar Itu Akan Membuat

Penting untuk memahami bagaimana membuat perbaikan spesifik akan membuat perbedaan dalam bisnis dan kehidupan Anda.

Tanpa motivasi yang terfokus di masa depan, Anda dapat membuat perubahan untuk waktu yang singkat dan kemudian kembali ke cara lama Anda.

2. Fokus pada Kekuatan

Ketika kita menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan kekuatan unik kita, kita mengalami lebih banyak kebahagiaan, lebih produktif dan memberikan nilai lebih besar.

Melakukan lebih banyak hal yang kami sukai akan memberikan hasil yang lebih baik sambil meningkatkan energi, kepercayaan diri, dan kreativitas.

Identifikasi Kekuatan Produktivitas Anda

Mulailah dengan fokus pada kekuatan Anda:

Dapatkan selembar kertas dan tuliskan semua hal yang Anda lakukan dengan baik, di mana Anda merasa di atas permainan Anda, di mana Anda merasa percaya diri dan Anda menghasilkan hasil yang Anda sukai.

Alih-alih mencari untuk mengembangkan kelemahan, alih-alih berfokus pada kekuatan pribadi Anda dan orang-orang dari tim Anda jika Anda memilikinya.

Ketika saya bekerja untuk agensi pemasaran dan kami memiliki kesempatan yang penting, kami mengumpulkan orang-orang terbaik dengan kekuatan dan keterampilan yang saling melengkapi untuk menanggapi brief.

Saya mengerti bahwa setiap orang memiliki talenta khusus, yang ketika disatukan dengan talenta pelengkap lainnya, menciptakan hasil yang jauh lebih kuat.

Terlihat fokus pada kekuatan Anda dan kumpulkan kekuatan lain untuk menciptakan efek pengganda.

3. Delegasikan dan Alih Daya

Untuk memaksimalkan produktivitas dan memanfaatkan waktu kita, kita perlu memahami bahwa kita tidak dapat melakukan semuanya sendiri.

Kita harus menentukan apa yang penting, baik secara pribadi maupun profesional, dan menghilangkan kegiatan yang bernilai rendah.

Aturan Prinsip Pareto (80:20) [1] menyatakan bahwa 80% hasil berasal dari 20% tindakan, namun kesibukan sering menjauhkan kita dari aktivitas bernilai tinggi di mana energi kita yang paling produktif terletak.

Jika kita menghabiskan banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak kita lakukan dengan baik dan tidak kita nikmati, jauh lebih produktif untuk membiarkan seseorang, atau tim melakukan pekerjaan.

Ketika kita hanya membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan suatu proyek, daripada meningkatkan stres dengan mencoba melakukan segalanya, cukup minta bantuan ketika Anda membutuhkannya.

Alih-alih membuang-buang waktu dan energi membebani diri sendiri, biarkan orang lain membantu sehingga Anda dapat memfokuskan waktu Anda pada tugas-tugas Anda yang paling penting dan berharga. Orang lain juga memiliki keterampilan dan kekuatan, jadi penting untuk mengidentifikasi siapa yang dapat membantu dan di mana mereka dapat menambah nilai.

Untuk menjadikan ini bagian dari rencana peningkatan produktivitas jangka panjang Anda, Anda perlu menghapus, mendelegasikan atau mengalihdayakan 3 proyek atau tugas setiap 90 hari untuk membebaskan waktu Anda dan meningkatkan produktivitas lebih banyak lagi.

4. Kelola Diri Anda

Anda dapat memilih untuk terus-menerus bereaksi terhadap pemicu eksternal atau secara strategis menciptakan hari Anda dari dalam ke luar.

Ketika Anda jelas tentang prioritas Anda dan bagaimana kekuatan unik Anda dapat memberikan hasil yang Anda inginkan, Anda akan merasa lebih bersemangat, lebih fokus, lebih produktif dan mencapai hasil kinerja tinggi setiap hari.



Buat Versi Anda dari Hari yang Produktif

Kunci untuk hari yang produktif adalah niat Anda untuk memiliki hari yang produktif, bukan hanya bereaksi terhadap hari Anda dan bekerja melalui daftar tugas Anda mengatur hari Anda di muka.

Alih-alih mengerjakan hal-hal yang menurut Anda “harus” Anda lakukan, pilih apa yang ingin Anda lakukan, miliki pola pikir yang disengaja untuk melakukannya dan kemudian ikuti dan lakukan.

Pilih Hanya Tiga Hal yang Dapat Dilakukan Setiap Hari

Peningkatan produktivitas datang melalui penentuan prioritas. Banyak orang menggunakan perencana harian atau membuat daftar hal-hal yang akan mereka kerjakan setiap hari. Ini membantu mereka menghilangkan gangguan dan menghilangkan beberapa kompleksitas dalam hidup mereka.

Tetapi masalah bagi banyak orang adalah bahwa daftar tugas ini hanyalah daftar hal-hal yang ingin mereka selesaikan atau merasa perlu diselesaikan. Ketika tidak ada kejelasan, tidak ada fokus tentang tugas yang harus dikerjakan dan mengapa tugas itu penting.

Cara sederhana untuk meningkatkan produktivitas Anda adalah untuk mendapatkan kejelasan lebih lanjut tentang prioritas Anda. Saya sarankan memilih dan bekerja hanya pada 3 Tugas atau Proyek Utama setiap hari, dengan yang terpenting adalah yang pertama.

Fokus pada Satu Tugas pada Satu Waktu

Terlepas dari apa yang Anda pikirkan, Anda tidak dapat melakukan banyak tugas secara efektif. Alih-alih, fokus hanya pada satu hal pada satu waktu.

Memulai satu hal, berhenti, dan beralih tugas mengurangi energi dan produktivitas Anda.

Tugas yang belum selesai dapat menciptakan lingkungan keraguan diri dan menyalahkan diri sendiri. Pilih yang paling penting dari 3 teratas Anda dan kerjakan sampai selesai.

Bekerja di Blok Waktu

Untuk mendukung pekerjaan Anda yang fokus dan produktif hanya pada satu hal, mulailah bekerja dalam waktu yang terbatas.

Lihatlah tugas yang sedang Anda kerjakan dan putuskan berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk berinvestasi dalam penyelesaiannya.

Jika Anda membutuhkan waktu empat jam untuk melakukannya, dan itu merupakan prioritas besar untuk memblokir empat jam itu.

Saya sarankan menggunakan metode 60-60-30. Bekerja selama 50 menit, istirahat sebentar. Ikuti proses yang sama lagi dan kemudian istirahat 30 menit.

Ikuti proses yang sama lagi hingga proyek selesai untuk meningkatkan produktivitas Anda.



Ambil Lebih Banyak Istirahat

Untuk membuat strategi di atas berhasil, Anda perlu memastikan Anda tegas untuk mengambil jeda tersebut.

Anda dapat menggunakan teknik Pomodoro atau hanya mengatur timer pada jam tangan Anda (bukan ponsel Anda, terlalu banyak gangguan).

Anda akan menemukan ini justru meningkatkan fokus, konsentrasi, dan produktivitas Anda. Ini memastikan energi Anda selalu tinggi.

Saya sarankan untuk berjalan-jalan, makan siang sehat atau melakukan sesuatu yang meremajakan selama istirahat Anda. Jika Anda merasa sangat lelah dan kehilangan fokus, Anda selalu bisa tidur siang sebentar.

5. Kelola Energi Anda

Sangat penting untuk menjaga dan memelihara kekuatan fisik dan mental Anda untuk memastikan Anda berenergi, fokus, dan produktif setiap hari.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengatur diri sendiri untuk kinerja puncak:

Tidur yang cukup

Sangat penting untuk mendapatkan banyak tidur sehingga Anda mengatur diri Anda untuk hari produktif sebanyak mungkin. Saya telah menulis sebelumnya tentang manfaat tidur.

Jika Anda kesulitan untuk tidur cukup dan ingin bangun dengan produktif, cobalah rutinitas malam ini dari CEO Lifehack:

Panduan Rutin Malam Terbaik: Tidur Lebih Baik dan Bangun Secara Produktif

Luangkan Waktu Lebih Banyak

Ini semua tentang memaksimalkan hasil sambil meminimalkan waktu dan upaya yang terlibat untuk menghasilkannya. Sistem waktunya adalah tentang memfokuskan waktu, energi, dan kreativitas Anda untuk menghasilkan hasil terbaik Anda.

Dia menyarankan untuk mengambil Days Hari Bebas ’secara teratur (sehari 24 jam, dari tengah malam hingga tengah malam, di mana tidak ada kegiatan terkait pekerjaan) untuk mengatur diri Anda pada periode produktivitas dan kreativitas yang tinggi. [2]

”Daripada melihat cuti sebagai hadiah, lihat itu sebagai prasyarat penting untuk sukses.” – Dan Sullivan

Waktu istirahat ini membantu memastikan Anda cukup istirahat, diremajakan, dan siap menghadapi tantangan terbesar Anda.

Buat Jam Power Pagi

Membuat rutinitas pagi dapat memberi Anda motivasi yang disengaja untuk memiliki hari yang produktif. Alih-alih bereaksi terhadap hari Anda, Anda secara strategis mengatur hari Anda untuk menjadi salah satu kinerja tinggi yang diilhami.

Luangkan satu jam atau 90 menit untuk fokus pada diri sendiri dan tugas terpenting Anda. Ini bisa berupa campuran meditasi, olahraga, membaca, makan sarapan sehat, mengucapkan terima kasih dan memberikan tugas terpenting Anda untuk hari itu.

Temukan rutinitas yang sesuai untuk Anda. Gabungkan dan gabungkan beberapa hal berbeda hingga Anda menemukan makna, motivasi, dan tujuan yang terasa benar.

Untuk tips tentang cara membuat rutinitas pagi Anda, bacalah The Ultimate Morning Rutin untuk Membuat Anda Bahagia dan Produktif Sepanjang Hari

Mulailah Mengucapkan Tidak Lebih Sering

Alih-alih bekerja lebih lama dan lebih keras, kita harus memfokuskan waktu dan energi kita pada kegiatan yang memberikan hasil terbesar dan membawa kita lebih banyak kebahagiaan.

Berhentilah mengatakan ya kepada orang-orang, proyek, dan hal-hal yang menurunkan energi Anda dan membawa sedikit atau tanpa hasil.

”Perbedaan antara orang-orang sukses dan orang-orang yang sangat sukses adalah bahwa orang-orang yang sangat sukses mengatakan“ tidak ”untuk hampir semua hal.” – Warren Buffett

Berhenti Mengkhawatirkan Kesempurnaan

Banyak orang terus bersiap untuk memulai. Mereka menunggu saat yang tepat untuk mengambil tindakan.

Jika Anda menunggu saat yang tepat, Anda mungkin tidak pernah memulai. Perfeksionisme dibuat dalam pikiran kita. Ini adalah tujuan yang tidak dapat dicapai. [3]

Jauh lebih memuaskan untuk memulai dan menyelesaikan proyek hanya dengan melakukan pekerjaan yang hebat.

Jika Anda tinggal di dunia ‘Harus Dilakukan,’ Anda mungkin tidak pernah benar-benar dijual di proyek dan cukup terlibat secara emosional untuk menyelesaikannya sejak awal.

Namun, jika Anda berasal dari tempat ‘Want To’ Anda telah memilih untuk menjadikan proyek ini sebagai area fokus bagi Anda.

Jika Anda ingin saran lebih lanjut tentang menghindari perfeksionisme, lihat artikel ini: Bagaimana Perfeksionisme Diam-diam Mengacaukan Anda.

6. Terus Mengukur dan Meninjau

Dasar dari setiap rencana peningkatan produktivitas harus mencakup kemajuan yang dapat Anda ukur.

Saat kami membuat kemajuan menuju sasaran kami dan melakukan peningkatan, kami merasa jauh lebih bahagia dan lebih percaya diri.

Sasaran yang kabur atau umum tidak akan memberi kita perasaan pencapaian yang sama dengan sesuatu yang spesifik.

Jika Anda mengatur rencana peningkatan produktivitas Anda dalam hal kemajuan spesifik dan terukur, Anda akan merasa lebih membumi dan kurang kewalahan.

Mengukur kemajuan produktivitas pribadi Anda juga memastikan Anda tidak membandingkan kinerja Anda dengan orang lain.

”Perbandingan adalah pencuri sukacita.” – Theodore Roosevelt

Tetapkan Tujuan Produktivitas

Untuk membangun otot pengaturan sasaran Anda, tuliskan 5 peningkatan produktivitas pribadi dan profesional khusus yang ingin Anda lakukan dalam 90 hari ke depan.

Jadikan mereka terukur sehingga mereka dapat dilacak, dan tinjau setiap bulan dan setiap minggu.

Ini mungkin termasuk mengurangi jam kerja Anda dengan angka tertentu atau berkomitmen untuk mencoba rutinitas pagi selama 14 hari berikutnya.

Putuskan apa yang paling penting dan apa yang bisa membuat perbedaan terbesar.

Tinjau Kinerja Proyek

Sasaran produktivitas dan rencana tindakan Anda akan menciptakan perbedaan nyata untuk proyek yang sedang Anda kerjakan.

Sebelum Anda mulai, siapkan sejumlah kriteria keberhasilan dan kemudian tinjau proyek yang telah selesai berdasarkan kriteria tersebut.

Catat perbaikan yang telah dilakukan melalui perubahan produktivitas Anda dan hal-hal lebih lanjut untuk dikerjakan dengan proyek Anda berikutnya.

7. Sederhanakan

Kunci untuk meningkatkan produktivitas Anda adalah menyederhanakan dan kemudian menyederhanakan lebih lanjut sebanyak mungkin.
Kita semua memiliki begitu banyak kerumitan dalam kehidupan kita, sulit untuk tetap mengendalikan dan fokus pada kegiatan kita yang paling penting, baik secara pribadi maupun profesional.
Ini mungkin kalender yang tidak terkendali, kotak masuk yang melotot, daftar pekerjaan yang harus dilakukan, kekacauan mental yang terlalu banyak menuntut waktu Anda atau terlalu banyak tenggat waktu untuk dipenuhi.
Hal ini menyebabkan perasaan terjebak atau kewalahan dan dapat menyebabkan kelelahan dan stres yang berkelanjutan. Saya menulis tentang ini di artikel saya Cara Membantu Kecemasan Ketika Hidup Menekankan Anda.
Terus berusaha menyederhanakan hidup Anda dengan berfokus pada kegiatan yang memberikan hasil terbesar dan memberi Anda kesenangan dan kepuasan terbesar.
Jika Anda dapat terus membebaskan diri dari aktivitas hemat energi yang bernilai rendah, Anda dapat membuat dampak yang lebih besar pada hal-hal, orang-orang, dan proyek yang benar-benar penting.
Ini adalah proses yang berkelanjutan tetapi pikirkan tentang seberapa baik hidup Anda jika terus menjadi lebih sederhana dan lebih sederhana.
Apa pun, perbaikan akan semakin meningkatkan kepercayaan diri Anda.
Garis bawah
7 Aturan dan strategi pendukung ini dapat diterapkan untuk membantu Anda mengambil langkah pertama menuju peningkatan efektivitas, kepercayaan diri, dan produktivitas.
Mengapa tidak memilih satu atau dua dan melihat bagaimana mereka dapat membuat perbedaan dalam bisnis dan kehidupan Anda?
Setiap sedikit kemajuan dan peningkatan dalam produktivitas dan kebahagiaan Anda dapat membuat hidup Anda lebih menyenangkan dan memastikan hasil Anda terus meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *