6 Manfaat Positif Media Sosial

Kebanyakan orang saat ini sudah tidak bisa lepas dari penggunaan jejaring atau media sosial di kehidupan sehari-hari. Lantas apa saja dampak medsos kepada kehidupan masyarakat sehari-hari? Apa saja sih Manfaat positif Media Sosial?

Tentunya segala sesuatu pasti ada hal-hal yang baik dan buruk yang dihasilkan, media sosial pun juga termasuk. Tetapi kali kita hanya memfokuskan tentang apa saja dampak positif dari media sosial kepada khalayak umum. Simak hal berikut.

1. Mudah Menjalin Pertemanan

Mudah Menjalin Pertemanan

Salah satu dampak positif terbesar dari media sosial adalah memudahkan kita menjalin pertemanan dan relasi. Sebelum ada media sosial, cukup sulit untuk terhubung dengan orang-orang di sekitar kita atau di daerah lain, terkecuali apabila kita selalu proaktif dan supel untuk secara langsung menjalin pertemanan di kehidupan sehari-hari.

Kemunculan smartphone merevolusi proses jalinan pertemanan, yaitu dengan menghubungkan orang dengan cara yang baru. Hingga kemudian munculah aplikasi-aplikasi pertemanan dan chatting yang sangat mempermudah menambah teman.

Sekarang sangatlah mungkin untuk memiliki ribuan atau jutaan teman di Facebook, Twitter, Instagram dll. Ya mungkin mereka bukanlah teman yang menghabiskan waktu bersama di dunia nyata, tetapi sekedar teman di dunia maya. Kita tidak perlu menemui mereka di kehidupan nyata, tetapi melalui media sosial jalinan koneksi dan pertemanan akan selalu terjalin.

2. Medsos Menumbuhkan Empati

Melalui medsos kita dapat membagi pengalaman-pengalaman dan cerita pribadi, pendapat dan opini serta kepedulian terhadap sesuatu. Media sosial juga bisa menjadi sebuah problem solving permasalahan yang kita hadapi karena adanya kepedulian dan juga saran dari teman-teman kita di medsos.

Mereka akan mendengarkan apa yang yang kita katakan, dan membantu mengatasi masalah yang mungkin kita hadapi.

Intinya adalah bahwa kita semua dapat berbagi pengalaman, baik dan  yang buruk, serta dapat berempati satu sama lain. Seorang teman mungkin telah mengalami cobaan serupa yang sedang kita alami, dan mereka akan dapat membantu kita melewatinya.

3. Komunikasi Menjadi Lebih Cepat

Komunikasi Menjadi Lebih Cepat

Saat ini, waktu terasa semakin terbatas karena disibukkan dengan urusan pekerjaan, keluarga dan lain sebagainya. Tetapi dengan adanya medsos, menawarkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan lebih cepat dan efisien, tidak perlu lagi adanya tatap muka langsung. Dan yang terpenting substansi pembicaraan yang ingin kita sampaikan dapat cepat tersampaikan ke orang lain.

Salah satu alasan orang tidak suka melakukan panggilan telepon adalah karena sangat tidak efisien dan banyak basa-basi. Ketika kita menelpon kita tidak bisa serta merta langsung mengutarakan hal utama yang ingin disampaikan, pasti ada basa-basi pembuka dan penutup yang cenderung kurang efisien. Dengan medsos, kita bisa langsung menyampaikan hal utama yang ingin disampaikan dengan sedikit basa-basi saja tentunya.

Media Sosial memungkinkan kita menjalani kehidupan tanpa hambatan melalui obrolan yang ringan.



4. Medsos Membuat Dunia Terasa Kecil

Melalui media sosial kita dapat berkomunikasi dengan mudah dan efektif mulai dari skala kecil yaitu orang-orang terdekat kita, hingga skala global.

Salah satu hal baik dari media sosial adalah kekuatannya untuk membuka dunia bagi kita, menjadikannya terasa lebih kecil daripada sebelumnya.

Dengan adanya media sosial lokasi fisik seseorang menjadi kurang penting. Media Sosial telah membuat dunia menjadi tempat yang lebih kecil.

5. Medsos Membantu Menjalin Relasi

Tidak ada keraguan bahwa memiliki jejaring sosial dalam kehidupan kita dapat menyebabkan hubungan putus atau hancur.

Tetapi di sisi lain Media Sosial dapat menghubungkan kembali dengan orang-orang yang memiliki banyak kesamaan, dan adanya kesamaan itu sering menjadi titik awal untuk hubungan jangka panjang.

Manfaat Positif Media Sosial dapat membantu membina persahabatan dan banyak lagi.

6. Medsos Membantu Menemukan Kesamaan

Medsos Membantu Menemukan Kesamaan

Seperti disebutkan sebelumnya, situs media sosial dapat membantu kita menemukan orang yang memiliki minat, hobi, pemikiran , ide dan lain sebagainya yang sama dengan kita.

Melalui Facebook, kita dapat membuat daftar siapa dan apa yang kita minati sejak awal. Ini membuatnya lebih mudah untuk menemukan kesamaan dengan pengguna lain. Di Twitter kita mengikuti orang-orang yang perkataanya atau tweet-nya kita sukai. Membuat koneksi dengan orang-orang yang berpikiran sama jauh lebih mudah melalui medsos.

Konsekuensinya hal ini memerlukan berbagi informasi dan melepaskan sejumlah privasi kita. Menjaga kerahasiaan informasi penting pribadi, tetapi membagikan suka dan tidak suka serta minat dan obsesi kita, yang sebenarnya dapat berkontribusi pada masyarakat.

baca juga: 11 Tips Menjadi Youtuber yang Sukses



Mengapa Media Sosial Baik untuk Masyarakat?

Seperti kebanyakan hal dalam hidup, ada sisi positif dan negatif dari media sosial. Ketika media sosial digunakan dalam skala wajar, bertanggung jawab,  tidak berlebihan dan tidak bertujuan melakukan hal negatif (hasutan, cacian, fitnah, hinaan dll), tentunya media sosial akan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Yang terpenting adalah jangan terima mentah-mentah segala informasi yang disalurkan melalui media sosial, kita harus selektif dan mencari tahu kebenaran atas informasi yang telah disebarkan di media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *