6 Kebiasaan Yang Bisa Dilakukan Agar Lebih Produktif

Kesuksesan terbesar kita seringkali diawali dari perubahan kecil yang kita lakukan. Kebanyakan orang yang produktif memiliki satu kesamaan yaitu rutinitas padat yang terdiri dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang membantu mereka tetap menjaga pola pikir dan memiliki gaya hidup sehat.

Orang sukses tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasukkan kebiasan-kebiasaan kecil ke dalam rutinitas mereka. Sebuah kebiasaan baru membutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk bisa menjadi perilaku yang normal sehari-hari. Berikut adalah beberap kebiasaan yang bisa meningkatkan produktivitas kita.

1. Membuat Rutinitas Pagi

Cara paling efektif untuk tetap produktif adalah bangun di waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan sekalipun. Hal itu akan membantu tubuh  mempertahankan bioritmenya.

Dengan melakukan tugas-tugas kecil seperti membuka tirai atau melipat selimut setelah bangun tidur, tubuh dan pikiran kita akan tahu bahwa inilah saatnya untuk memulai pekerjaan.

Kita juga bisa melakukan peregangan selama beberapa menit sebelum bersiap untuk bekerja. Hal itu mungkin tampak seperti tugas yang tidak penting, tetapi perccayaha hal-hal kecil itu mereka mengatur ritme pagi kita untuk tetap produktif sepanjang hari.

2. Membuat Daftar Tugas Harian

Dengan membuat daftar prioritas harian untuk dikerjakan, akan membantu kita tetap fokus pada jalurnya. Beberapa orang lebih suka membuat daftar tugas di pagi hari, yang lainnya suka melakukannya setiap malam untuk mempersiapkan hari esok. Cara apa pun bisa membantu kita tetap pada jalur dan mengelola waktu serta beban kerja secara efisien. Buatlah jadwal dan dedikasikan waktu kita sepenuhnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah kita jadwalkan.

3. Mencatat di Jurnal

Menulis dapat membantu kita melacak dan merekam sejauh mana proges yang sudah kita lakukan dalam rangka mencapai tujuan. Kita juga bisa menuliskan pencapaian yang kita raih sekecil apa pun itu dalam rangka membantu memotivasi kita terus maju. Dalam jurnal kita juga bisa melacak kemajuan tujuan yang lebih besar dan mencatat apa saja tugas-tugas kecil yang sudah kita selesaikan untuk mencapainya. Proses ini akan membantu kita merefleksikan diri kita dan membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

4. Beristirahat

Apa pun yang kita kerjakan tidak harus sampai menguras semua energi kita. Cobalah beristirahat pada waktu yang sama setiap hari, meskipun hanya sepuluh menit. Dengan beristirahat kita akan kembali dengan pikiran jernih dan lebih bahagia, yang mengarah ke produktivitas yang lebih besar dari sebelumnya.

Luangkan waktu lima belas hingga dua puluh menit dalam sehari untuk mempelajari hal yang baru. Bisa berupa menonton video, mendengarkan podcast, membaca artikel atau buku, atau mempelajari keterampilan atau bahasa baru.

Kita tidak harus menjadi ahli dalam semalam, tetapi hal itu dapat merangsang otak agar tetap tajam dan fokus.

5. Perawatan Diri dan Persiapan

Dengan merapikan dan membersihkan rumah serta mempersiapkan apa yang dilakukan keesokan harinya akan dapat mencegah adanya rasa stres. Setelah melalui hari yang panjang dan melelahkan tentunya ada waktunya kita membersihkan diri.

Dengan melakukan pembersihan diri dan perawatan harian, dapat memastikan kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk untuk melakukan semuanya di akhir pekan. Sehingga kita bisa memaksimalkan waktu di akhir pekan untuk menghabiskan waktu dengan keluarga atau melakukan refreshing.

6. Buat Rutinitas Malam Hari

Rutinitas di malam hari tidak kalah pentingnya dengan rutinitas di pagi hari. Rutinitas waktu tidur juga sangat penting. Mandi, membaca buku, menonton tv, atau mendengarkan musik atau podcast bisa membuat kita rileks di malam hari. Satu jam sebelum tidur, turunkan suhu dan gunakan pencahayaan lembut untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Kesimpulan

Kebiasaan-kebiasaan kecil itu tentunya tidak akan segera mengubah hidup kita, tetapi seiring waktu dapat membantu meningkatkan produktivitas, daya ingat, dan kesehatan fisik dan mental kita secara keseluruhan.

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.