6 Cara Agar Lebih Fleksibel di dalam Kehidupan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “fleksibilitas” bermakna luwes, mudah dan cepat menyesuaikan diri dan memiliki kesediaan untuk berubah atau berkompromi.

Fleksibilitas dapat membantu kita menghadapi segala jenis situasi di dalam kehidupan. Singkatnya, Menjadi fleksibel dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran yang kita butuhkan agar siap menghadapi ketidakpastian hari esok.

Jika ingin tahu bagaimana menjadi lebih fleksibel dalam hidup, berikut adalah beberapa tips yang mungkin efektif yang bisa dicoba.

Mulai dari hal yang kecil

Menjadi fleksibel tidak terjadi dalam waktu singkat. Berusaha fleksibel dengan terburu-buru atau terlalu keras akan sia-sia dan justru bisa membuat kita ke langkah awal.

Dari pada terburu-buru, mulailah dengan mencoba hal-hal baru di waktu luang Anda. Ubah lingkungan dan kebiasaan kita sehari-hari dengan perubahan kecil yang unik dan berbeda.

Rasakan sensasi dari memulai sesuatu dengan cara yang baru dan berbeda. Ambil sisi positifnya dimana kita akan selalu siap dan fleksibel terhadap hal-hal yang tak terduga ke depannya.

Rilekskan Pikiran

Saat kita menggunakan imajinasi dan keterampilan dalam memecahkan masalah, secara tidak langsung kita juga melatih dan mempersiapkan otak agar bisa lebih beradaptasi dengan situasi kehidupan yang tak terduga. Jadikanlah otak atau pikiran kita senantiasa menjadi “luwes” dalam berpikir.

Amati sekitar

Terkadang hal yang kita amati, dapat memberikan inspirasi kita untuk melakukan sesuatu. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk melihat apapun yang membuat kita selalu penasaran.

Selain itu bermain puzzle atau game dapat membantu kita mengembangkan imajinasi di pikiran. Abaikan kesalahan atau ketidakmampuan sebagai bagian dari proses pembelajaran. Cara bekerja imajinatif dapat membantu mencapai fleksibilitas yang butuhkan dalam hidup kita.

baca juga: 7 Kiat Meningkatkan Produktivitas

Atur Daftar Pekerjaan

Apakah daftar pekerjaan kita sangat banyak? Apakah semua tugas itu berhasil terselesaikan?

Cobalah memecah daftar tugas menjadi beberapa bagian yaitu:

  • Hal-hal yang harus dilakukan, Buat bagian dalam daftar tugas yang akan menyertakan hal-hal yang harus diselesaikan segera. Seharusnya berisi tugas-tugas yang deadlinenya singkat.
  • Hal-hal yang ingin dilakukan, tetapi tidak harus: Bagian ini dapat mencakup tugas-tugas yang tidak menimbulkan konsekuensi besar jika tidak dilakukan. Kita dapat menggunakan fleksibilitas dengan memilih beberapa tugas atau pekerjaan dengan hati-hati daripada harus melakukan semuanya.
  • Pencapaian tujuan dan kegiatan: Seperti dengan bagian pertama, kita harus menaklukkan bagian ini pada akhirnya. Tetapi, tidak seperti bagian pertama dan lebih seperti bagian kedua, kita tidak harus menyelesaikannya hari ini.

Ubah rutinitas harian

Jika rutinitas yang ada membuat kita merasa bosan dan jenuh, mungkin ini saat yang tepat untuk mengubahnya.

Gunakan cara-cara yang lebih menyenangkan atau efisien untuk menambahkan sesuatu yang positif dalam memulai hari. Seperti mengubah menu sarapan, sarapan di tempat yang tidak biasanya, joging atau besepeda dengan rute yang berbeda dan lain-lain. Hal-hal baru tersebut bisa jadi akan membuat kita merasa lebih energik, produktif dan fleksibel.



Selalu bertanya-tanya

Norma atau aturan mengacu pada hal-hal yang telah diajarkan kepada kita. Dengan mempertanyakan norma, kita dapat bereksperimen dan membuka diri terhadap cara-cara baru untuk melakukan sesuatu. Selain itu kita dapat memikirkan alternatif tindakan lain yang bisa jadi serupa yang diajarkan di dalam norma atau panduan. Dan tentu saja dengan berbagai macam cara dan alternatif tindakan tersebut, diharapkan akan bermuara kepada tujuan utama yang hendak dicapai.

Jangan Mudah Stres

Kehidupan yang fleksibel berarti menjadi lebih kreatif dan menggunakan akal sehat. Selain itu menjadi fleksibel membutuhkan banyak latihan dan uji coba. Jangan stres ketika ada perubahan. Pelajaran di dalam kehidupan dapat membantu kita menjadi lebih fleksibel dalam menjalani hidup ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *