5 Tips Work From Home Yang Efisien

Dengan adanya pandemi Covid-19 memaksa sebagian besar dari kita harus bekerja dari rumah atau work from home. Mau tidak mau kita harus beradaptasi dengan cara hidup yang baru. Kita harus memikirkan bagaimana agar tetap bisa tetap produktif saat bekerja dari sofa atau di ruang tamu atau di dapur sekalipun. Cobalah belajar untuk memaksimalkan pengaruh dan produktifitas saat work from home

Berikut ini lima strategi ini dapat membantu mengoptimalkan waktu kita saat work from home.

1. Tetapkan Rutinitas Harian

Memiliki rutinitas tetap tentunya akan sangat membantu kita. Dengan membangun kebiasaan positif – atau sistem membuat kita memiliki kebiasaan positif – sangatlah penting bagi mereka yang bekerja dari rumah atau work from home. Kebiasaan-kebiasaan tadi akan membantu kita dalam memberikan nilai tambah pada rutinitas harian kita.

Langkah pertama yang mugnkin bisa dilakukan adalah mencoba berkata pada diri sendiri “Saya akan melakukan hal ini minimal satu menit pada hari ini, dan mungkin dua menit di keesokan harinya.” Tetapkan target minimum terlebih dahulu, untuk kemudian kita coba tingkatkansecara perlahan dalam rangka menjaga momentum tetap kuat dan terjaga.

Salah satu hal yang dapat dilakukan dari suatu sistem kebiasaan adalah menghemat waktu. Cobalah setiap hari menetapkan tujuan atau sasaran untuk mencari tahu bagaimana kita dapat menghemat waktu. Takaran waktu yang dihemat akan sangat subjektif. Tetapi dengan adanya kebiasaan yang sanggup menghemat waktu, maka akan bersifat majemuk terhadap hasil atau output yang dihasilkan.

2. Manajemen Waktu Yang Efektif dan Efisien

Perubahan terbesar dalam produktivitas bisa datang ketika ketika kita bisa memahami pola kalender yang kita miliki. Ini tidak memperhatikan jadwal Anda, ada tiga hal yang harus difokuskan:

  1. Pelajarilah hal-hal yang telah kita rencanakan pada hari itu. Lihatlah apakah ada efisiensi dari kebiasaan yang kita lakukan. Cobalah terus mengukur tingkat efisiensi waktu harian kita sehingga tidak banyak waktu yang terbuang percuma.
  2. Carilah segala kemungkinan dimana kita dengan mudah bertindak seefiesien mungkin dengan produktivitas yang terus meningkat. Akan tetapi tetap jangan lupa untuk menysisihkan waktu untuk istirahat dan bersantai sejenak.
  3. Atur dan Pelajari Pola Tidur . Kita perlu membangun rutinitas tidur yang konsisten yang membantu kita memulihkan tidak hanya kondisi fisik tetapi juga kesehatan mental kita.

baca juga: 7 Tips Manajemen Waktu Yang Baik Agar Lebih Produktif

3. Paham Prioritas

Saat kita memiliki manajemen waktu yang bagus, tanamkan di dalam diri kita untuk menerapkan aturan “Lakukan Sekarang”.

Kita harus bisa mengevaluasi tugas atau pekerjaan berdasarkan urgensi dan kepentingannya untuk menentukan mana yang menjadi prioritas utama. Cobalah melakukan ini dengan menganalisis aktualitas situasi atau peristiwa berdasarkan nilai-nilai pribadi yang kita miliki, bukannya urgensi yang dirasakan oleh orang lain.

Jika suatu tugas mendesak dan penting, maka segera kerjakan hingga tuntas. Jika kita mencoba menunda melakukan sesuatu yang sebenarnya bisa kita selesaikan sekarang, maka kelak kita akan membutuhkan waktu dua kali lipat untuk menyelesaikannya.

Jika ada sesuatu yang penting tetapi tidak terlalu mendesak, maka rencanakan, jadwalkan di agenda kita. Dan berikan tenggat waktu untuk mengerjakannya!

Jika ada sesuatu yang mendesak tetapi tidak penting, maka delegasikanlah. Beri kepercayaan untuk anak buah atau tim kita untuk mengurusnya.

Terakhir, jika ada sesuatu yang tidak mendesak dan tidak penting, maka carilah cara untuk menghilangkannya.

baca juga: Cara Meningkatkan Fokus dari Gangguan

4. Hilangkan Gangguan

Segala sesuatu yang sudah kita niatkan, perhatikan dan fokus untuk melakukannya, maka akan tampak seperti suatu kebetulan Adi dalam hidup kita.

Cobalah untuk tetap fokus kepada sesuatu atau tempat yang ingin saya tuju daripada memikirkan sesuatu hal yang tidak kita inginkan.

Tetapi jika kita fokus pada gangguan yang kita hadapi, maka tanpa disadari kita akan menaruh perhatian dan niatpada gangguan tersebut, yang pada akhirnya kita menerima adanya gangguan tersebut.

Perhatikan apa yang kita inginkan untuk diri sendiri dan kesuksesan kita. Tetap fokus dan sadari bahwa kita akan meraih apa yang kita inginkan apabila kita senantiasa menjaga fokus untuk bisa meraihnya.

baca juga: 4 Cara Menghindari Gangguan Saat Work From Home

5. Maksimalkan telepon

Terakhir, saran terakhir untuk bekerja di rumah secara efisien adalah kita harus terampil dalam memaksimalkan penggunaan telepon. Telepon adalah salah satu media terbaik untuk membuktikan bahwa kita produktif, selalu terkoneksi, dan ramah. Komunikasi yang efektifsangatlah penting. Latihlah kemampuan memaksimalkan kegunaan telepon yang merupakan salah satu bentuk komunikasi termudah dan terbaik, dengan pengetahuan teknologi minimal yang diperlukan.

Dengan telepon kita memiliki kesempatan untuk mengirimkan frekuensi, intonasi dan konotasi di dalam konteks melalui suara di telepon. Data dapat mengalir di telepon menggunakan teks atau media sosial atau email, tetapi telepon berguna untuk menciptakan hubungan emosional, sesuatu yang sulit dilakukan apabila melalui teks.

Jika kita ingin memastikan bahwa kita produktif, mudah diakses, dan ramah, tunjukkan bahwa kita dapat membantu atau bersinergi dengan cara selalu terhubung dengan orang lai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *