5 Tips untuk Meningkatkan Produktivitas Secara Optimal

Tentunya kita ingin meningkatkan produktivitas kita senantiasa meningkat secara optimal. Oleh karena itu diperlukan kiat-kiat tersendiri agar kita mampu memaksimalkan waktu dalam rangka meningkatkan produktivitas.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba jika kita ingin meningkatkan produktivitas secara optimal.

1. Buat Pengaturan Waktu

Memiliki suatu pengatur waktu bukanlah sebuah hal yang sia-sia. Dengan adanya pengatur waktu di sepanjang hari dapat membantu kita membagi waktu menjadi bagian-bagian yang lebih mudah untuk diatur. Selain itu juga sebagai pressure agar kita terus fokusĀ  untuk menyelesaikan pekerjaan dan tujuan akhir kita.

Dengan adanya bantuan pengatur waktu dapat membantu kita mengurangi beban kerja sehingga kita kita tidak terlalu stres.

Ada banyak aplikasi waktu yang lebih mendetail yang bisa membantu kita menganalisis cara kita membagi waktu sepanjang hari.

2. Fokus Pada Satu Tugas

Jika ada banyak daftar tugas yang harus diselesaikan, terkadang kita ingin menyelesaikannya sekaligus. Akan tetapi dengan mengerjakan banyak tugas secara bersamaan akan membuat kita makin ceroboh dan stres. Oleh karena itu cobalah untuk fokus pada satu pekerjaan atau tugas terlebih dahulu.

Dengan fokus pada satu tugas, akan memusatkan semua perhatian kita pada satu tugas saja pada satu waktu. Awalnya mungkin pendekatan ini agak sulit, namun yakinlah itu akan sepadan dengan usaha kita karena kita senantiasa fokus dan menghindari adanya gangguan.

Gunakan segala bantuan yang ada untuk membantu kita sennatiasa fokus dan terhindar dari gangguan-gangguan.

3. Buatlah Daftar Prioritas (dengan warna)

Saat mengerjakan banyak tugas, tentunya ada tugas yang harus diprioritaskan untuk diselesaikan terlebih dahulu. Oleh karena itu buatlah daftar tugas dari yang paling prioritas hingga yang terakhir. Gunakan juga pewarnaan untuk masing2 judul tugas agar membantu kita menetapkan prioritas.

Mulailah dengan menggunakan tiga warna. Tetapkan satu untuk tugas berprioritas rendah, satu untuk tugas berprioritas menengah, dan satu untuk tugas berprioritas tinggi untuk membantu kita melihat sekilas apa yang perlu dicentang terlebih dahulu dan tugas mana yang bisa dikerjakan selanjutnya.

4. Buat Pengelompokan Tugas/Pekerjaan

Tugas atau pekerjaan yang kita lakukan tentunya ada yang “dangkal” dan adanya yang “mendalam” untuk dikaji dan dianalisa. Oleh karena itu perlu dilakukan pengelompokan tugas ke dalam kelompok kerja “dangkal” yang membutuhkan perhatian dan fokus minimal tugas-tugas yang “mendalam” yang membutuhkan fokus dan tenaga maksimal.

Dengan ada pengelompokan terssebut kita dapat fokus pada pekerjaan-pekerjaan yang yang mendalam terlebih dahulu untuk kemudian melanjutkan tugas-tugas pekerjaan yang “dangkal” di penghujung hari atau setelah istirahat siang.

5. Gunakan Aturan Lima Menit

Jika kita suka menunda-nunda pekerjaan, maka inilah tips yang mungkin akan membantu. Tips ini dinamakan aturan lima menit. Aturan lima menit adalah teknik kognitif perilaku yang memanipulasi otak untuk memulai sesuatu yang coba dihindari.

Dengan berkomitmen hanya lima menit untuk mengerjakan tugas kita, maka setelah lima menit selesai kita dapat melakukan hal yang lain. Saat mencoba memulai kita niscaya akan mengatasi rintangan yang paling menantang, untuk kemudian lanjut menyelesaikan sisa tugas dengan lebih mudah.

Usahakan tetap fokus di saat lima menit tadi dan curahkan semua perhatian ke sana.

Kesimpulan

Dengan tips-tips diatas semoga membantu kita senantiasa bisa meningkatkan produktivitas saat bekerja. Tentunya kita tidak perlu menerapkan kesemua tips diatas secara bersamaan. Dengan memulai dengan satu demi satu tips secara bertahap niscaya akan membantu meningkatkan produktivitas kita secara bertahap.

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *