5 Tips untuk Belajar Lebih Cepat dan Lebih Mudah

Merasa kesulitan untuk belajar sesuatu? Merasa kesulitan menyerap ilmu pengetahuan yang baru? Masih bingung gaya belajar apa yang paling tepat bagi kita?

Mungkin saatnya untuk mencoba menerapkan lima tips berikut agar menjadikan pembelajaran kita menjadi lebih cepat dan mudah.

1. Temukan Gaya Belajar Favorit dan Tahu Cara Menerapkannya

Kita harus bisa mengidentifikasi apa gaya belajar favorit kita. Misalnya, ketika kita ingin membuat sesuatu, apakah kita merasa lebih mudah apabila melihat video tutorial, atau justru meminta bantuan seseorang untuk mempraktekan langsung ke kita.

Kemudian misalnya saat kita hendak mengingat nama orang, apakah merasa lebih mudah apabila mencatat namanya di kontak smartphone kita untuk menyimpan informasi.

Setelah kita bisamemahami jenis gaya belajar apa yang paling cocok untuk kita, maka kita akan dapat menilai aspek mana yang harus diterapkan, dan paham saat dimana kita dapat mengadopsi gaya belajar lain dalam situasi tertentu.

2. Gabungkan dengan Metode Belajar Lain

Seperti layaknya otot yang dapat tumbuh dan berkembang saat kita berolahraga, demikian pula juga otak kita, terutama jika kita bisa keluar dari rutinitas belajar normal sehari-hari.

Jika kita belajar sesuatu hal yang baru dan sedikit berbeda, maka sebenarnya kita telah belajar lebih banyak dan lebih cepat daripada jika kita terus berlatih hal yang sama persis beberapa kali berturut-turut.

Jadi tidak ada salahnya menggunakan metode belajar lain untuk memaksimalkan gaya belajar favorit kita sebelumnya.

3. Tingkatkan Aspek Yang Lemah

Mungkin kita telah meyakini bahwa kita bukanlah seorang yang yang auditori atau belajar lewat mendengar. Daripada menolak mentah-mentah asumsi itu, lebih baik untuk menantang diri sendiri untuk bisa meningkatkan aspek belajar ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah rajin mendengarkan podcat apapun, webinar atau seminar apapun itu.

Belajar hanyalah masalah mengasah dan meningkatkan kemampuan kita pada bidang yang belum kita kuasai.  Jadi dengan fokus untuk belajar meningkatkan aspek terlemah lemah kita, akan membuat kita menjadi cepat untuk belajar.

Saat kita mampu memperkuat keterampilan kognitif secara keseluruhan, belajar akan terasa menjadi lebih mudah bagi kita.

4. Baca Apa Pun Itu untuk Retensi Yang Lebih Baik

Pernahkah kita mencoba melakukan ini ketika membaca artikel atau buku?

Tetapi dengan hal itu akan membantu kita untuk “menenggelamkan” informasi yang kita peroleh ke dalam pikiran dan ingatan kita. Berbicara teks dengan keras dan lantang dapat membantu kita memasukkan kata-kata dan kosakata baru ke dalam memori jangka panjang kita.

5. Uji Diri Secara Reguler

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan retensi informasi adalah dengan menguji diri sendiri. Misalnya, jika kita menonton video tentang cara memulai bisnis, jangan hanya menonton dan melupakannya saja.

Coba ujilah diri untuk mengingat pesan-pesan utama yang ada di dalam video. Ini pasti akan membantu kita untuk mengingat dan memahami konteksnya secara menyeluruh.

Kesimpulan

Semoga tips diatas membantu kita belajar lebih cepat dan lebih cerdas. Dan dengan menerapkannya di dalam kehidupan maka akan memiliki efek nyata di kehidupan kita sehari-hari.

Ada saatnya kita membaca dan mempelajari sesuatu hal, dan ada saatnya pula untuk menerapkannya dan mengaplikasikannya di kehidupan kita sehari-hari.

Dengan memulai action yang benar dan tepat, maka kita belajar lebih baik dari sebelumnya, sehingga kecintaan untuk terus belajar akan senantiasa awet sepanjang hidup kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *