5 Tips Mencegah Kecanduan Internet

Kecanduan internet telah menjadi topik besar di media dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa orang menghabiskan begitu banyak waktu online sehingga berdampak negatif pada sisa hidup mereka. Jadi apa itu kecanduan internet dan bagaimana Anda bisa menghindari mengembangkannya?

Apa itu Ketergantungan Internet?

Anda mungkin pernah mendengar berita yang mengkhawatirkan tentang epidemi kecanduan internet dan bahaya yang dapat ditimbulkannya, terutama bagi kaum muda. Anda juga akan mendengar orang menggunakan istilah serupa seperti “kecanduan komputer” atau “kecanduan game”.

Di beberapa negara, seperti Cina, situasinya sangat serius sehingga pemerintah telah memperkenalkan peraturan yang dirancang untuk membatasi penggunaan internet di kalangan anak muda.

Efek Berbahaya dari Penggunaan Internet Berlebihan

Satu hal yang jelas: Beberapa orang menggunakan internet atau permainan sebagai cara untuk melepaskan diri dari masalah mereka. Tanda-tandanya bisa banyak:

  • Mereka mungkin begadang bermain game dan tidak cukup tidur.
  • Pekerjaan sekolah atau karier mereka mungkin menderita karena mereka menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer mereka.
  • Mereka mungkin kurang bersosialisasi dengan teman atau keluarga karena mereka terlalu sibuk dengan kehidupan virtual mereka.

Penggunaan internet yang berlebihan dapat menghentikan mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari kehidupan.

Bahkan orang yang tidak menderita pada tingkat ini mungkin memiliki beberapa masalah dengan ketergantungan yang berlebihan pada internet. Kita semua memiliki pengalaman mengetahui bahwa kita harus memulai proyek kerja itu, atau pergi ke pesta itu, atau bahwa kita perlu tidur.

Tetapi komputer ada di sana. Dan kami mengklik video lain atau duduk untuk menonton satu episode lagi. Kami tertarik pada cahaya layar yang nyaman bahkan ketika kami tahu kami harus melakukan hal lain.

Kami hanya merugikan diri kita sendiri dalam jangka panjang.

Apakah Ketergantungan adalah Kata yang Tepat?

Para psikolog tidak setuju apakah “kecanduan” adalah model yang bermanfaat untuk masalah ini.

Konsep kecanduan berasal dari masalah penyalahgunaan narkoba dan alkohol. Zat-zat ini biasanya menciptakan ketergantungan fisik dan psikologis. Tidak jelas bahwa menggunakan internet atau komputer benar-benar “membuat ketagihan” seperti halnya narkoba.

Jika seseorang menghabiskan terlalu banyak waktu di komputer mereka, itu mungkin merupakan gejala dari masalah daripada masalah itu sendiri. Mereka bisa menghadapi kecemasan atau depresi, dan berada di depan komputer membuat mereka merasa aman dan terkendali.

Mereka bisa mengalami isolasi sosial sehingga mereka bisa berteman online. Atau mereka bisa berjuang untuk memotivasi diri mereka untuk melakukan pekerjaan atau tugas sekolah mereka dan mulai menggunakan internet sebagai pengalih perhatian.

Tapi mari kita kesampingkan terminologinya. Untuk mencegah kecanduan internet menjadi masalah, Anda perlu mengatasi masalah yang lebih dalam ini.

Strategi untuk Menghindari Ketergantungan Internet

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal prihatin tentang ketergantungan berlebihan di internet, ada beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi daya tariknya dan membuat perubahan dalam hidup Anda.

1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Putuskan dengan tepat apa yang ingin Anda capai, yang tidak Anda capai karena penggunaan internet. Itu bisa menyelesaikan pekerjaan rumah Anda. Atau bisa jadi menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga. Atau bisa juga lebih banyak berolahraga.

Kemudian tuliskan tujuan ini di atas kertas. Pikirkan mengapa tujuan ini penting, dan seberapa baik hidup Anda jika Anda mencapainya. Idenya adalah untuk menggantikan perasaan negatif— “Urgh, aku punya semua pekerjaan rumah yang harus dilakukan” – dengan perasaan positif – “Aku akan jauh lebih sedikit stres dan lebih percaya diri di sekolah jika aku menyelesaikan pekerjaan rumahku.”

Kemudian tetapkan tujuan yang dapat ditindaklanjuti. Itu bisa jadi “Saya akan mengerjakan proyek ini selama 20 menit setiap hari.” Atau “Aku akan pergi ke gym tiga kali seminggu.” Buat sespesifik mungkin.

2. Buat Rencana

Apa pun masalah Anda, Anda perlu membuat rencana. Jika Anda berada di sekolah atau universitas, Anda dapat menetapkan rencana studi. Atau Anda bisa memetakan proyek kerja atau rencana kebugaran Anda.

Tuliskan berapa banyak waktu yang ingin Anda habiskan untuk proyek Anda setiap minggu. Tuliskan apa yang ingin Anda capai pada saat itu. Pikirkan kapan dan di mana Anda akan memiliki blok waktu tertentu untuk didedikasikan untuk proyek Anda daripada di internet.

Mulai dari yang kecil. Ingat, Anda tidak akan dapat mencapai tujuan Anda sekaligus. Butuh waktu dan kesabaran untuk bertemu mereka.

Anda bisa mulai dengan bekerja hanya lima menit setiap hari pada suatu proyek. Atau pergi ke gym seminggu sekali. Pilih sesuatu yang mudah dicapai, yang bisa Anda kelola bahkan jika Anda mengalami hari yang sangat buruk.

3. Hadiahi Diri Anda untuk Usaha Anda

Kredit Gambar: AlessandroZocc via Shutterstock.com

Setelah Anda mencapai apa yang ada dalam rencana Anda setiap hari, Anda dapat memberi diri Anda waktu di internet sebagai hadiah. Anda dapat mencoba teknik Pomodoro, di mana Anda mengerjakan sesuatu selama 25 menit, lalu istirahat lima menit.

Perencanaan untuk istirahat sangat penting. Ketika Anda mulai, Anda akan tergoda untuk mengatakan bahwa Anda akan bekerja selama empat jam setiap hari, dan tidak menggunakan internet sama sekali. Tapi itu tidak realistis. Anda bahkan bisa mengelolanya selama beberapa hari, tetapi kemudian Anda akan kehilangan motivasi dan menyerah sepenuhnya.

Jujurlah tentang waktu henti Anda. Mungkin Anda akan bekerja selama satu jam di malam hari, kemudian mengambil sisa malam itu untuk menonton TV atau menggunakan komputer. Nikmati saat ini mengetahui bahwa Anda telah mendapatkannya karena Anda menyelesaikan tujuan Anda.

4. Jadikan Itu Bekerja untuk Anda

Pertimbangkan apa itu tentang menggunakan internet yang menurut Anda sangat menarik. Apakah Anda suka aspek sosial dari berinteraksi online? Apakah Anda menikmati tantangan mencoba mengalahkan tim lawan di pertandingan? Apakah Anda menghabiskan waktu di Twitter karena Anda ingin merasa terkini dengan peristiwa terkini?

Temukan cara untuk mengikat apa yang Anda sukai dari internet ke dalam sisa hidup Anda.

Cari tahu apa yang membuat Anda tidak bisa melakukan perubahan. Mungkin Anda benci belajar karena Anda merasa bosan dan kesepian. Dalam hal ini, Anda dapat bergabung dengan grup belajar. Mungkin Anda benci pergi ke gym karena Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan di sana dan Anda merasa bodoh. Dalam hal ini, Anda dapat menyewa pelatih pribadi untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan peralatan.

5. Dapatkan Dukungan Sosial

Salah satu faktor terbesar dalam seseorang yang berhasil mengubah kebiasaan mereka adalah dukungan dari orang-orang di sekitar mereka. Jika seseorang yang Anda kenal mencoba membuat perubahan seputar cara mereka menggunakan internet, maka dukung mereka dan beri selamat ketika mereka membuat kemajuan.

baca juga: 4 Faktor yang Melejitkan Potensi Seseorang

Memalukan seseorang atas pilihan mereka dan membuat mereka merasa buruk bukanlah cara yang efektif untuk memotivasi perubahan.

Hentikan Kecanduan Internet dan Raih Tujuan Anda

Tidak mudah untuk mengubah kebiasaan yang sudah mendarah daging, dan mungkin sulit untuk melepaskan diri dari keakraban internet. Tetapi dengan berfokus pada tujuan yang ingin Anda capai dan meletakkan rencana di tempat, Anda dapat menghindari kemunduran dalam kebiasaan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *