5 Tips Belajar Lebih Cepat dan Mudah

Apakah ingin menjadikan belajar lebih cepat dan mudah di kehidupan sehari-hari? Simak lima tips berikut yang mungkin akan mengubah cara belajar menjadi lebih efektif ke depannya.

1. Cari Gaya Belajar Dominan dan Terapkan secara Konsisten

Cari Gaya Belajar Dominan dan Terapkan secara Konsisten

Misalnya, jika ingin belajar cara memasak, apakah lebih suka belajar dari tutorial video yang ada di Youtube atau meminta langsung kerabat untuk menunjukkan cara memasak secara langsung.

Contoh lagi yaitu ketika kita berusaha mencoba mengingat nama seseorang, bisa jadi kita mencoba mengeceknya melalui smartphone kita.

Jadi, temukanlah gaya belajar paling sesuai untuk menilai bidang mana yang harus diperbaiki, dan di mana dapat mengadopsi gaya belajar lain dalam situasi dan kondisi tertentu.

baca juga: 4 Metode atau Gaya Belajar Seseorang

2. Latih Terus Menerus

Jika otot dapat tumbuh dan menguat jika selalu berolahraga, otak pun demikian. Otak akan menjadi kuat dan terlatih jika kita mencoba keluar dari rutinitas belajar yang normal alias melakukan hal-hal baru.

Sebuah studi dari Sekolah Kedokteran Johns Hopkins menjelaskan bahwa “Sebenarnya kita menjadi belajar lebih banyak dan lebih cepat sewaktu kita terus berlatih hal yang sama persis berkali-kali dan berulang-ulang”.

baca juga: 7 Keterampilan Agar Cepat dalam Belajar

3. Tingkatkan Area Terlemah

Jika kita bukanlah seorang yang auditori (belajar lewat pendengaran) misalnya kita adalah seorang yang kinestetik, kita harus melihat gaya belajar lain sebagai tantangan yang menarik untuk peningkatan kemampuan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba secara gigih semisal mendengarkan podcast, ceramah, presentasi dan audiobook.

Belajar hanyalah masalah mengasah dan meningkatkan bagian-bagian mana yang dirasa kurang. Dan tentunya jika konsisten memperkuat keterampilan kognitif secara keseluruhan, belajar akan menjadi terasa lebih mudah.

4. Selalu Membaca

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Waterloo menemukan bahwa “berbicara atau membacakan kalimat di dalam bacaan akan membantu memasukkan kata-kata ke dalam memori jangka panjang.”

Pernahkah mencoba melakukan itu ketika membaca artikel atau buku?

Tentu, hal itu terlihat akan memperlambat kita dalam membaca buku atau bacaan. Tetapi manfaat dari hal tersebut bisa jadi akan sangat membantu untuk menanamkan informasi yang dibaca (dan ucapkan) ke dalam pikiran dan ingatan.

5. Tantang Diri Secara Reguler

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan menerima informasi adalah dengan menguji diri sendiri.

Misalnya, saat menonton video tentang cara memulai bisnis, jangan hanya menonton dan kemudian melupakannya. Cobalah untuk langsung menguji diri sendiri dengan mengikuti pesan-pesan penting dan utama dari video itu.

Dengan melakukan hal tersebut, akan membantu kita untuk selalu mengingat dan memahami secara detail konten dari video yang pernah kita lihat.

Kesimpulan

Semoga tips ini akan membuat belajar lebih cepat dan lebih mudah. Tapi tentu saja langsung menerapkan tips ini niscaya akan memiliki efek yang nyata.

Yang pertama adalah tentang membaca sesuatu, dan yang kedua adalah melakukan sesuatu dari yang kita baca.

Motivasi diri untuk menerapkan dan mendapat manfaat dari kiat-kiat ini sangatlah penting. Dan jika langsung menerapkannya, dijamin belajar akan terasa lebih baik dari sebelumnya, dan konsekuensinya adalah adanya sebuah wujud kecintaan baru untuk selalu belajar yang mungkin akan awet seumur hidup.

“Belajar haruslah menjadi sebuah sukacita dan penuh kegembiraan. Ini adalah sebuah petualangan terbesar dalam hidup; Pembelajaran adalah suatu perjalanan yang tergambar dan terpatri ke dalam pikiran orang-orang terpelajar. ”- Taylor Caldwell

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *