5 Tips Agar Bisnis Bisa Lebih Sukses di Tahun 2021

Tahun 2020 bisa jadi merupakan tahun terberat bagi seluruh umat manusia yang akan dikenang sepanjang sisa hidup kita. Ini adalah tahun dimana semua aspek kehidupan terpengaruh akibat adanya pandemi yang tidak diketahui kapan berakhirnya.

Lantas apakah di Tahun 2021 kita hanya pasrah dan diam saja? Tentu saja tidak. Di Tahun 2021 kita perlu membuat aksi comeback untuk bangkit dari keterpurukan dan ketakutan.

Banyak kisah dimana bisnis baru lahir dan bisa meraih kesuksesan di tengah pandemi. Di lain sisi juga ada bisnis yang berguguran, dan lainnya sedang berjuang untuk bisa survive hari demi hari.

Poin penting dari situasi ini adalaha mendorong setiap pemilik bisnis untuk bertindak strategis untuk bereaksi terhadap ketidakpastian.

Saat kita menyambut tahun 2021, sebagian besar bisnis dikelompokan sebagai berikut:

a. Berkembang, tetapi tidak yakin adanya kesuksesan ke depan.

b. Bisa survive tapi ragu untuk melakukan gebrakan atau terobosan yang berani

c. Hancur belur, tetatih-tatih dan merasa kecewa

Tidak peduli dimana posisi mana bisnis kita berada, kemungkinan besar kita mungkin akan mamandang tahun 2021 dengan penuh kehati-hatian. Kita optimis tetapi tidak berani untuk membuat sasaran visioner yang besar dimana mungkin biasa dilakukan di masa lalu.

Bahkan mungkin kita merasa sulit untuk memimpikan masa depan yang lebih baik. Tenang saja, kita tidak sendirian dalam perasaan itu.

Jangan putus asa.

Tahun baru adalah kesempatan baru untuk mencanangkan visi strategis yang berbeda dari masa lalu dan untuk menciptakan lebih banyak kesuksesan dan pertumbuhan dalam bisnis dan kehidupan kita.

Berikut lima tips agar bisnis bisa lebih sukses di tahun 2021:

1. Rangkul dan Terima Perubahan

Perubahan bisa jadi akan membuat resah kebanyakan orang. Perubahan juga bisa terjadi tiba-tiba dengan kecepatan yang menakutkan.

Kita mungkin menyadari bahwa cara lama yang dapat diandalkan untuk mendapatkan klien dan melayani mereka sedang goyah. Pekerjaan rumah kita yang perlu kita perhatikan mungkin akan semakin bertambah. Jadi hentikan masalah ini sejak awal.

Jika perubahan sudah terjadi dalam bisnis kita, mengapa tidak mendahului saja? Saat kita bereaksi terhadap perubahan ini, cobalah menangani gejalanya. Pendekatan yang lebih baik adalah merangkul dan menerima perubahan untuk mengatasi masalah.

Dengan menangani masalah, kita akan menerapkan perubahan agar bisa bekerja dengan kita, bukan untuk melawan kita. Orang cenderung menyambut perubahan strategis terutama jika perubahan tersebut juga membuat hidup mereka lebih baik.

Salah satu cara yang solid untuk kecermatan dan inovasi ke dalam bisnis adalah dengan menerapkan perencanaan strategis per triwulanan dan senantiasa meninjaunya setiap akhir triwulan.

Ritme perencanaan ini membuat upaya kitatetap fokus dan dengan mudah bisa ditindaklanjuti.

Sebagai bagian dari proses, tanyakan pada diri kita beberapa pertanyaan sebagai berikut:

  • Hal apa yang cukup mengganggu bisnis kita?
  • Bagaimana bisnis kita bisa menjadi yang terdepan dengan adanya perubahan itu?
  • Bagaimana bisnis kita bisa relevan dan menghasilkan profit beberapa tahun ke depan?

2. Prioritaskan Kebutuhan Konsumen

Aturan lama tentang supply dan demand bisa jadi sudah berubah. Dengan adanya masalah di segi manufaktur dan distribusi, bisnis berbasis produk akan merasakan kesulitan.

Mengubah kebutuhan klien dan jarak sosial telah membuat bisnis yang tahan resesi berjuang keras. Bisnis berbasis layanan ternyata menyadari bahwa layanan mereka tidak lagi penting atau dibutuhkan. Tidak ada model bisnis yang kebal.

Alasannya karena kebutuhan pelanggan dan permasalahan mereka selalu berubah-ubah

Strategi sederhananya adalah selalu aktif terlibat dengan klien kita untuk mengidentifikasi adanya peluang. Strateginya bisa berupa pertanyaan di akhir setiap interaksi dengan klien. Bisa juga berupa survei atau masukan dari pihak eksternal.

Bisa tetap selaras dengan kebutuhan pelanggan dan masalah mereka sangatlah penting. Ini adalah pintu gerbang untuk pertumbuhan dan inovasi di masa depan.

3. Bekerja Lebih Cerdas, Bukan Keras

Beberapa pelaku bisnis mungkin bekerja terlalu keras hanya untuk menemukan kesuksesan yang sulit dipahami. Bukti bahwa sukses bukanlah hanya tentang kerja keras.

Kesuksesan menuntut adanya fokus, tekad, dan ketahanan. Bisa jadi kerja keras adalah salah satu syaratnya.

Bekerja lebih cerdas adalah tentang memanfaatkan bakat orang di sekitar kita dan melakukan kolaborasi. Saat kita menghilangkan rintangan dan hambatan yang ada, maka akan mengahasilkan suatu kemudahan.

Apa yang mudah dicapai. Itu berarti mampu menghasilkan lebih banyak pendapatan dengan sumber daya yang kita miliki. Kita kemungkinan besar akan melihat peningkatan semangat di dalam tim dan lebih sedikit konflik di dalam tim.

Aplikasikan teknologi dan sistem yang tepat untuk merampingkan bisnis, memungkinkan segala sesuatu bisa berjalan dengan lancar. Suatu organisasi bisa menurunkan biaya operasional hingga 30% dengan menggabungkan teknologi otomatisasi dengan proses operasional yang didesain ulang.

Pertimbangkan tentang pengalaman pengguna dan layanan dengan melalui otomatisasi, menyimpan hal yang penting untuk interaksi manusia. Efisiensi organisasi yang diperoleh dapat mengimbangi pertumbuhan investasi dan menghasilkan tim yang lebih efisien.

4. Jadikan Profit Sebagai Niat, Bukan Hadiah

Kuitpan yang sering ada yaitu Ikuti passion kita dan uang akan datang dengan sendirinya. Bisa jadi tepat dan bisa jadi tidak seandainya semuanya sesederhana itu.

Jika kesuksesan adalah hadiah dari kerja keras, kutipan ini menempatkan profit pada tumpuan yang tidak bisa diraih. Pada akhinya passion belum tentu sejalan dengan profit atau keuntungan produktif yang didapat.

Dengan mengubah pola pikir tentang profit dan metrik lainnya dalam bisnis kita, maka kita akan mulai berfokus pada inisiatif yang memberikan hasil dan berdampak pada profit kita.

Banyak orang yang percaya bahwa perusahaan harus melakukan lebih dari sekadar menghasilkan uang saja. Mereka juga harus bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Dengan kombinasi tujuan dan keuntungan ini adalah contoh di mana setiap bisnis akan sukses.

5. Menjadi pemimpin yang percaya diri yang memberdayakan orang lain

Dengan adanya ketidakpastian seperti saat ini mungkin akan mengikis kepercayaan diri kita untuk mengambil risiko dan mengambil langkah berani. Tetapi kita juga menginginkan sesuatu untuk diperjuangkan.

Bisa jadi memberdayakan orang lain adalah hal yang menentukan kesuksesan pemimpin puncak. Apa yang membuat kita di sini berpusat pada siapa kita dan apa yang bisa kita capai.

Definisi lama tentang kepercayaan diri adalah tentang apa yang dapat bisa kita lakukan. Keyakinan masa depan kita harus tentang tim dan keyakinan pada apa yang bisa dilakukan oleh tim.

Jadikan tahun 2021 menjadi awal dari aksi comeback kita. Mungkin kita perlu mengambil tindakan yang sedikit berbeda untuk menggerakkan bisnis kit.

Lakukan gerakan berani yang memajukan dan melindungi bisnis yang sudah kita buat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *