5 Keterampilan Penting untuk Sukses dalam Kerja dan Karir

Keterampilan dan keahlian memainkan peranan penting dalam kesuksesan kerja atau karir kita. Pengembangan kemampuan teknis profesional harus selalu menjadi perhatian kita.

Namun, ada suatu kondisi dimana tingkat kesuksesan di tempat kerja yang tinggi akan terhenti jika kita tidak memiliki kemampuan untuk menemukan dan membangun koneksi dan kerjasama dengan pihak-pihak yang dapat membantu kita meraih kesuksesan yang kita idam-idamkan.

Keterampilan orang-orang hebat disekitar kita tidak hanya memberikan kita berperan disuatu posisi, namun mereka juga akan memberikan rekomendasi atau lisensi untuk mengarahkan kesuksesan karier kita.

Berikut adalah keterampilan penting untuk bisa sukses dalam kerja dan karir

1. Keterampilan Memberi Pengaruh atau Persuasif

Keterampilan Memberi Pengaruh atau Persuasif

Ilmu dari Filsuf Yunani Aristoteles dapat membantu kita memperdalam pemahaman tentang hal ini. Patos, etos, dan logo merujuk pada tiga bagian berbeda dari fungsi kesadaran kita, kita perlu belajar bagaimana mengenali dan berbicara dalam rangka membangun hubungan penting di dalam pekerjaan kita.

Pathos adalah bagaimana kita perlu mengenali bahwa dengan mengakses emosional orang lain maka kita dapat membuka saluran komunikasi.

Sebagian orang sangat menghargai otoritas, pangkat dan kualifikasi yang lebih tinggi daripada yang lain. Mereka terkesan dengan kompetensi yang memiliki gelar dan sertifikasi profesional dan serta terbuka untuk mendengarkan dan menyetujui proposal atau ide yang dihasilkan

Sebagian orang lagi tidak tertarik dengan pencapaian dan rekomendasi dari masa lalu. Kepercayaan dapat diperoleh dengan merujuk kepada angka, fakta, dan angka. Bukti empiris obyektif adalah jalan paling alami untuk bisa didengarkan dan diakui orang lain.

Cari kombinasi pathos / ethos / logo berdarkan tipikal orang yang kita jumpai dan sesuaikan cara berkomunikasi kita.

baca juga: Cara Memberikan Pengaruh Positif kepada Orang Lain

2. Kembangkan sikap komersial

Kembangkan sikap komersial

Melakukan upaya bersama untuk mengembangkan perspektif bisnis komersial akan mampu mempercepat kesuksesan di tempat kerja kita. Investasikan diri kita dalam program dan pendidikan yang memperluas pemikiran yang sesuai dengan peran kita. Perluas kesadaran kita akan aspek-aspek yang lebih luas yang membuat organisasi bisa meraih tujuannya.

Ketika kita mampu menunjukkan penghargaan terhadap roda penggerak penting lainnya di dalam organisasi (misal. Keuangan, sosial, Kebijakan, lingkungan dan Mental), kita akan memiliki nilai kontribusi yang lebih tinggi. Kita akan diakui memiliki pemikiran yang luas dan kapasitas untuk melakukan dan mengelola tanggung jawab di tingkat yang lebih tinggi lagi.

Kemungkinan dan peluang yang lebih luas, koneksi dan gagasan berharga yang dapat memajukan karier kita, niscaya akan semakin terbuka lebar untuk kita raih.

baca juga: 6 Strategi Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

3. Mengambil Alih Komando

Mengambil Alih Komando

Mulailah mengambil risiko dengan mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan, pengalaman, dan intuisi kita sendiri. Berundinglah dengan para mentor untuk mengurangi risiko yang akan terjadi.

Dengan berkomitmen penuh terhadap kemajuan karier pribadi terlebih dahulu, merek pribadi kita akan mulai terbentuk. Kita akan mulai dianggap sebagai seseorang yang bisa dijadikan panutan. Berhati-hatilah bahwa beberapa orang akan ada yang menyukai kita dan akan ada orang lain yang tidak terlalu menyukai kita.

 Cobalah menilai setiap tingkat hubungan kerja yang kita miliki. Melangkah untuk memiliki karir yang cemerlang sangat dianjurkan, tetapi jangan sampai membuat kesalahan yang tidak perlu.

baca juga: 6 Keterampilan Berorganisasi Pemimpin yang Cerdas

4. Mampu Memberi Solusi

Mampu Memberi Solusi

Terlepas dari posisi yang kita tempati ke peran dan lingkungan yang baru, kita adalah tetap merupakan pendatanag baru. Dengan segera mencari cara untuk meningkatkan keterampilan kerja demi mencapai kemenangan dengan cepat akan dapat mempercepat proses inisiasi kita dalam bekerja.

Jika ada proyek yang ada yang macet, lihat apakah kita mampu berpartisipasi untuk memberikan solusi. Menjadi sukarelawan untuk mengambil alih tugas-tugas yang membosankan kemungkinan akan memberi kita nilai lebih, tetapi gunakan kesempatan untuk bekerja layaknya seorang pemenang. Delegasikan tugas untuk membagikan kendali yang kita tidak mampu mengambil alih sepenuhnya.

baca juga: 8 Skill Penting agar Sukses di Dunia Kerja

Ketika kita telah mampu menyelesaikan beberapa kesulitan yang ada, maka kita akan mendapatkan hak atau previledge untuk memberikan inisiatif atau ide baru. Berilah saran dan kontribusi positif kepada tim dan waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan kita dan sebaliknya.

5. Mahir mengatasi stres dan memiliki ketahanan

Mahir mengatasi stres dan memiliki ketahanan

Depresi adalah penyebab utama kegagalan dan menyebabkan kondisi kesehatan mental menjadi semakin buruk. Ketika mampu  menunjukkan, mengajari, dan mendukung tim, maka kita akan lebih banyak memperoleh respek dan dihargai tinggi.

Bekerja secara proaktif dengan bantuan psikolog atau pakar kinerja akan sangat membantu kita meningkatkan ketahanan mental dan emosional dalam menghadapi tekanan kerja yang semakin berat.

baca juga: 7 Cara Efektif Menghilangkan Stres

Melihat kita mampu mempercepat kapasitas kinerja, orang lain akan cenderung menjadi terinspirasi dan termotivasi untuk mengikuti cara cemerlang yang sudah kita lakukan. Ketika kita mampu maju, orang lain akan menjadi ikut terpacu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *