5 Hal Tentang Ransomware Yang Harus Diketahui

Dahulu, Pop-up acak akan menyasar pengguna internet dengan pesan menakutkan seperti “Peringatan! Komputer Anda terinfeksi! ”Sambil mengeja semua bahaya yang menyertai infeksi. Ini hanya menakutkan karena sebagian besar waktu Anda mungkin belum pernah membuka situs jahat. Pesan peringatan biasanya disertai dengan ajakan untuk mengunduh atau membeli “pembersih” untuk membantu Anda menghilangkan infeksi. Satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan infeksi adalah menutup tab dengan pop up, dan ransomware dll akan hilang.

Saat ini, triknya menjadi berbahaya dan memiliki nama unik yang dikenal sebagai ‘ransomware’. Seperti malware sebelumnya, malicious software ini juga membajak komputer Anda tetapi berbeda dari malware. Jadi, inilah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang ransomware.



1. Apa itu ransomeware?

Malicious software ini paling sesuai dengan konsep penculikan di kehidupan nyata. Ransomware adalah sejenis malware yang membajak komputer Anda atau bagian dari dokumen penting Anda dan mencegah Anda melakukan apa pun hingga tebusan dibayarkan. Pesan ajakan bertindak di sini bisa ramah seperti: “Kami menjalankan pemeriksaan pada sistem Anda dan mendiagnosis bahwa komputer Anda terkena malware berbahaya. Teknisi kami bersedia memperbaiki masalah ini untuk Anda dengan sedikit biaya “, atau bisa agresif seperti” bayar atau kehilangan hard disk Anda “.

2. Cara tetap aman

Cadangan adalah salah satu cara yang paling dapat diandalkan untuk merasa aman. Dengan mengklik tombol dan data sensitif Anda akan muncul di udara. Sayangnya, ini tidak cukup untuk menyelamatkan Anda ketika program ransomware mengenai komputer Anda, sehingga Anda harus mencari untuk membuat beberapa salinan dan melihat produk cadangan dengan perlindungan malicious software ini



3. Perangkat apa yang harus saya lindungi?

Komputer yang berjalan di windows dan MAC rentan terhadap malicious software ini. Windows bisa dibilang sistem operasi paling populer di luar sana. Jadi, sebagian besar pengembang ransomware menargetkan PC dan MAC. Namun, dengan ponsel dan peralatan yang menjadi cukup pintar untuk dijalankan dengan sistem operasi, beberapa varian ransomware juga ditemukan mengganggu perangkat ini.

baca juga: Manfaat Virtual Private Network (VPN)?

4. Bagaimana penyebaran ransomware?

Malicious software ini sebagian besar menyebar melalui email spam dengan lampiran. Hindari mengklik file tipe .exe tak terduga yang dilampirkan ke email atau spam yang tidak terduga. Anda mungkin juga ingin menghindari lampiran yang tidak diharapkan dengan tipe file .zip, .doc, atau .pdf karena itu bisa berupa file ransomware .exe yang tersamar. Jauh dari email, program ransomware dapat diperoleh dengan mengunduh dan menjalankan program tidak aman yang datang dalam bentuk pemasang.



5. Bagaimana saya bisa menjelajahi internet dengan aman?

Sulit untuk menahan diri dari berselancar di internet dengan hati-hati, rasanya tidak enak. Jadi, saran di sini adalah menggunakan mode penyamaran – metode menjelajah web melalui browser web yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aktivitas mereka dari pengguna lain di komputer bersama atau pribadi dengan secara otomatis menghapus semua cookie dan riwayat di akhir setiap sesi. Dalam berurusan dengan email spam dengan potensi lampiran berbahaya, gunakan filter email untuk memblokir ini dan menghapusnya segera.



Seseorang tidak bisa terlalu aman dalam mencegah malware, jadi selalu perbarui peranti lunak antivirus atau malware Anda dan siap bekerja. Anda mungkin hanya ingin membayar dan menyelesaikan episode dengan cepat ketika terkena program ransomware untuk pertama kalinya, untuk menghindari kemungkinan hilangnya file berharga. Ini adalah risiko yang harus Anda ambil di tengah kemungkinan ditipu, tetapi jangan biarkan sistem Anda terkena program ransomware dua kali. Carilah tindakan pencegahan untuk menangani program malicious software ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *