5 Dampak Positif Bermain Game untuk Kesehatan Mental

Ada istilah “terapi sambil bermain”. Ya, umumnya itu digunakan sebagai metode terapi untuk anak-anak berusia 3 hingga 12 tahun untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi dan pemecahan suatu masalah.

Selain itu kegiatan itu juga bisa membantu anak-anak untuk mengekspresikan diri mereka lebih bebas melalui kegiatan atau proses bermain game daripada sesuatu hal yang penuh tekanan, paksaan dan bersifat traumatis.

Ternyata bermain game juga memiliki dampak yang sama dengan “terapi sambal bermain” pada anak-anak maupun orang dewasa. Bermain game bukan lagi sekadar kegiatan santai yang dimaksudkan untuk dinikmati oleh anak-anak saja.

Penelitian menunjukkan bahwa bermain game sebenarnya dapat menghilangkan tingkat stres dan kecemasan, dan bahkan membantu melawan depresi di kalangan orang dewasa.

bermain game

Yang lebih menarik adalah jika melihat demografi, usia rata-rata gamer sebenarnya bukan anak-anak atau remaja, tetapi ternyata orang dewasa yang sebenarnya berusia 34 tahun. Dan yang mengejutkan, bahkan ada lebih banyak gamer dewasa wanita daripada anak laki-laki di bawah 18 dan wanita dewasa mencakup 33% dari populasi bermain game.

baca juga: Apex Legends: 13 Tips biar jago

Jadi sebelum melarang anak-anak bermain game, sebaiknya baca artikel ini terlebih dahulu dan mengetahui bagaimana sejumlah game yang “sehat” dapat benar-benar memberikan keajaiban bagi kesehatan mental kita semua.

1. Meningkatkan Keterampilan Kognitif

Banyak orang berargumen bahwa Nge-game buruk bagi kesehatan. Namun, hasil dari beberapa dekade penelitian berbicara sebaliknya. Bermain game sebenarnya dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Faktanya, sebuah studi 15 tahun yang dilakukan oleh para psikolog di University of Geneva di Swiss menemukan bahwa permainan game sebenarnya meningkatkan keterampilan kognitif subjek mereka terutama dalam hal persepsi, pengakuan spasial, pengambilan keputusan, perhatian, dan waktu untuk bereaksi.

2. Meningkatkan Memori

Ini adalah suatu kabar baik, bahwa pemain yang berusia lebih tua juga dapat memperoleh manfaat kesehatan dari Nge-game.

Game Asah Otak seperti permainan memori, teka-teki, dan yang melibatkan logika kompleks spasial dan tugas penyelesaian masalah dapat merangsang otak untuk memperlambat keausan memori dan benar-benar dapat meningkatkan otok memori dan kekuatan otak di antara pemain yang berusia 45 dan 70.

3. Menghilangkan Stres

Bagi banyak orang, permainan video hanyalah istirahat yang mereka butuhkan setelah melalui hari-hari yang melelahkan. Ini seperti saat mandi air hangat setelah seharian bekerja atau meminum kopi agar merasa lebih baik dan rileks.

Nge-game justru memberikan sebagian orang keseimbangan emosional yang dibutuhkan setelah mengalami banyak tekanan dari pekerjaan atau urusan pribadi.

Menurut Penelitian, ada peningkatan dalam variabilitas detak jantung dan penurunan gelombang otak alfa frontal kiri yang terikat untuk mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood.

4. Mengurangi Kecemasan

Selain membantu menghilangkan stres, game juga bisa mengurangi tingkat kecemasan. Bermain game sangat bagus untuk merelaksasi suasana hati atau mood kita agar menjadi lebih tenang dan rileks.

Hal itu karena saat bermain game kita menggeser fokus mental kita ke satu aktivitas spesifik yang menyenangkan dan memberikan rasa damai dan penuh kesenangan.

5. Meningkatkan Kemampuan Sosial dan Belajar

Dengan bermain game online, bisa memungkinkan kita untuk terhubung dan bertemu orang lain dari seluruh penjuru dunia. Munculnya game online multiplayer telah memungkinkan pemain untuk bersosialisasi dan bermain bersama untuk membentuk tim dengan orang lain, dan dapat membangun persahabatan. Sehingga stereotip bahwa gamer adalah seorang introvert yang sebagian besar terisolasi dari dunia luar tidak 100% persen benar.

Faktanya, 63% gamer dewasa bermain dengan teman-teman atau sahabat mereka. Selain mendorong interaksi sosial, nge-game juga menjadi suatu platform hebat untuk menampilkan unsur-unsur edukasi dan mengajarkan memecahkan suatu permasalahan.

Dampak Positif Bermain Game

Kesimpulan

Ngegame ternyata dapat bermanfaat untuk menjaga pikiran menjadi sehat karena membantu melepaskan agresi atau rasa frustrasi, dan menjaga keseimbangan emosional sepanjang hari. Namun hal itu perlu diimbangi dengan waktu bermain game yang proporsional dan wajar.

Jadi, aturlah jadwal sewajarnya kapan waktunya bermain game dan kapan waktunya untuk kembali ke dunia nyata untuk bekerja, belajar dan berinteraksi sosial di kehidupan yang sebenarnya.

So…Selamat bermain game!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *