5 Alasan Perlu Belajar Dari Kesalahan

Mengapa kebanyakan orang sukses hanya berbicara tentang prestasi dan kesuksesan mereka saja dan jarang mengekspose kegagalan mereka. Bisa jadi kegagalan merupakan rahasia dapur mereka untuk meraih kesuksesan. Kesuksesan adalah buah dari rentetan kegagalan-kegagalan yang pernah mereka alami. Karena faktanya, kebanyakan orang sukses lebih menitikberatkan proses belajar dari kesalahan itu sangatlah penting.

Setiap upaya yang gagal dapat membantu kita mendapatkan pengalaman yang berharga.

Suatu kesalahan bahkan bisa lebih berharga daripada sebuah prestasi. Berikut adalah beberapa alasan perlu belajar dari kesalahan:

1. Menambah Pengalaman

Coba ingat kegagalan apa saja yang pernah Anda alami? gagal diterima ujian masuk? gagal saat mencari pekerjaan? atau bahkan gagal dalam kehidupan rumah tangga? Semua kegagalan tentunya memberikan pengalaman tersendiri bagi kita. Dan kemungkinan dari adanya kegagalan adalah apakah kita bisa menerima itu sebagai sebuah pengalaman yang berharga.

Setelah memiliki pengalaman di tempat kerja, mungkin kita tidak akan mengualngi kesalahan untuk kedua kali. Ketika kita membuat kesalahan, kita belajar darinya.

Terkadang perlu mendengarkan saran dari teman, kolega dan keluarga. Tetapi, ketika kita benar-benar mengalami dan membuat kesalahan, itu melekat pada pikiran kita dan memberi kita pelajaran untuk tidak mengulanginya.



2. Memunculkan Ide Lain

 

Memunculkan Ide Lain

Ketika kita melakukan kesalahan, kita seperti menghilangkan cara-cara tertentu untuk mencapai tujuan kita. Jadi ketika suatu pendekatan terbukti salah, coba cari alternatif cara yang lain yang mungkin bisa membuat kita berhasil.

Pada dasarnya, kesalahan mendorong ditemukannya solusi baru. Jika ide awal tidak berhasil, jangan ragu-ragu untuk mengambil pendirian yang berbeda dan memikirkan ide-ide yang tidak akan Anda pikirkan jika itu tidak terjadi.

3. Membentuk Karakter

Kesalahan dan kegagalan bisa juga membentuk karakter Anda.

Seringkali terlalu banyak kesalahan membuat orang depresi. Terlalu banyak kegagalan meyakinkan mereka untuk menyerah pada impian mereka.

Namun, tetaplah bangkit dan belajar dari kesalahan, maka kepercayaan dari suatu kesalahan akan senantiasa timbul. Hal itu akan membantu Anda membangun karakter yang lebih kuat dan menjadi orang yang yang bersemangat menuju kesuksesan.



4. Memunculkan langkah alternatif

‘Fool me once, shame on you. Fool me twice, shame on me’.

Pernahkan mendengar pepatah itu?

Ketika seseorang gagal sekali, itu sangat normal. Lagipula, jarang seseorang mencapai tujuan besar hanya dalam satu upaya. Namun, jika mengambil langkah yang sama dan menggunakan strategi yang sama meskipun mengalami kegagalan, Anda tidak akan mengharapkan untuk melihat hasil yang berbeda.

Ketika Anda gagal dalam sesuatu, Anda harus mencari cara yang lebih baik untuk mencapai tujuan Anda. Ini akan mendorong Anda untuk berpikir out of the box dan mencari solusi yang dapat membawa Anda ke jalur yang berbeda.

5. Menunjukkan Adanya Kelemahan

Apakah Anda tipe orang yang hanya berfokus pada hal-hal yang Anda kuasai, lalu mengabaikan  bagian yang tidak dapat dikuasai? Walaupun ini bisa menjadi strategi yang baik ketika ada pihak lain yang mengerjakan bgaian itu, tetapi sebenarnya adalah hal terburuk yang dapat Anda lakukan jika Anda perlu mencapai tujuan sendiri.

Menunda-nunda adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang. Yang terjadi terkadang Kondisinya adalah menunda mengurangi kelemahan yang dimiliki dan terlalu fokus pada hal-hal yang mudah untuk dilakukan.

baca juga: Kegagalan Kunci Kesuksesan



Kesimpulan

Hanya beberapa orang saja yang bisa langsung sukses pada kesempatan pertama. Sebagian lainnya harus bekerja keras untuk meraih kesuksesan pertamanya. Kita harus selalu berusaha dan berlatih. Apabila gagal, lekaslah bangkit kembali. Jika ingin sukes mulailah dengan belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *