4 Cara Menghindari Gangguan Saat Work From Home

Ketika wabah virus corona menyeruak, maka untuk mengurangi penyebarannya, setiap kantor menyarakan agar setiap pegawainya untuk bekerja dari rumah atau work from home.

Implikasinya adalah kita tidak lagi harus bangun pagi dan tidak akan ada lagi perjalanan pulang pergi ke kantor.

Sebenarnya, work from home sah-sah saja dilakukan. Yang penting adalah produktivitas kita tetap terjaga. Kita perlu membuat beberapa penyesuain agar rumah bisa menjadi tempat kerja yang memadai. Dan tentunya kita harus konsisten dan patuh terhadap jadwal tugas harian yang harus kita tuntaskan.

Hal yang terpenting lagi adalah jangan suka menunda-nunda. Segera selesaikan pekerjaan agar produktivitas tetap terjaga. Berikut adalah beberapa tips cara menghindari gangguan-gangguan saat kit aharus bekerja dari rumah.

1. Jadikan Rumah layaknya Kantor

4 Cara Menghindari Gangguan Saat Work From Home

Pertama-tama, mungkin kita bisa mengubah layout ruang tamu menjadi semacam kantor kecil agar kita bisa lebih merasa nyaman saat mengerjakan sesuatu.

Jika kita sulit mendapatkan ruang atau space yang cukup, kita bisa menggunakan beberapa sudut ruangan yang memiliki pencahayaan yang bagus di siang hari, agar mata tidak tidak menjadi lelah.

Siapkan juga minuman yang cukup sehingga kita tidak selalu bolak balik ke dapur ketika kehausan. Siapkan buah-buahan dan snack secukupnya agar energi kita tetap terjaga. Atur telepon ke mode silent agar konsentrasi kita tidak terganggu dengan suara notifikasi yang terus-terusan muncul.

2. Gunakan Aplikasi agar tetap Produktif

Gunakan Aplikasi yang membantu tetap Produktif

Hal yang penting juga saat kita bekerja di rumah adalah jangan sampai kita kehilangan fokus bekerja dan menghabiskan waktu terlalu lama menggunakan aplikasi sosial media seperti Youtube, Facebook dll.

Solusinya mungkin dengan menggunakan akun tersendiri di komputer yang dikhususkan untuk bekerja, dimana hanya diinstal aplikasi-aplikasi yang dikhususkan untuk pekerjaan saja. Jadi akun tersbut murni diperuntukan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kantor.

Gunakan juga aplikasi-aplikasi pelacakan waktu seperti Toggl, Tick dan RescueTime. Aplikasi-aplikasi itu mungkin berguna karena mereka mereka dapat mengukuran dan membuat sebuah report terhadap progres pekerjaan yang sudah kita lakukan.

3. Prioritaskan Yang Terpenting

Prioritaskan Yang Terpenting

Sekali lagi jangan pernah suka menunda pekerjaan. Hilangkan mindset dimana kita masih punya waktu besok untuk menyelesaikannya. Karena apabila kita menunda pekerjaan, keesokan harinya pekerjaan akan semakin menumpuk, kita harus begadang dll. Implikasi bisa jadi pekerjaan kita bisa dibawah standar dan selesai tidak tepat waktu.

Sekarang waktunya kita harus membuat prioritas utama. Buatlah suatu daftar tugas-tugas yang harus dikerjakan, tempel jadwal itu di sebuah papan kecil atau dinding. Kemudian atur tugas mana yang terpenting atau prioritas utama, lalu susunlah jadwal.

Dengan ada jadwal yang pasti kita tidak akan kehilangan arah. Pastikan juga kita konsisten mematuhi jadwal yang sudah kita buat.

4. Jaga Motivasi

Work from home

Banyak ahli mengatakan bahwa motivasi adalah bagian penting apabila kita tergoda untuk menunda-nunda pekerjaan. Jadi tetap jaga motivasi dan harapan agar selalu dalam keadaan tinggi. Galilah apa saja yang dapat menjaga motivasi kita selalu tinggi dan hindari dan hilangkan hal-hal yang dapat menurukan motivasi kita.

baca juga: 7 Tips Bekerja dari Rumah yang Produktif

Inti dari menghindari gangguan saat bekerja di rumah adalah buat kondisi di rumah senyaman mungkin, atur strategi menyelesaikan tugas kantor dan jaga motivasi kita agar senantiasa konsisten saat bekerja dari rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *