11 Tips Menjadi Youtuber yang Sukses

Keberhasilan para influencer YouTube atau yang lebih dikenal sebagai Youtuber seperti Pewdiepie, Justin Bieber, Atta halilintar, Ria Ricis, dll telah membuat para pengiklan menggeser sasaran iklan mereka ke platform Youtube untuk mendapatkan lebih banyak audiens. Platform ini telah melibatkan banyak unsur bisnis dan marketing bahkan untuk orang-orang yang hanya ingin menyuarakan aspirasi dan kreativitasnya saja.

11 Tips Menjadi Youtuber Sukses
Pewdiepie

Berikut adalah 11 tips yang mungkin bisa mengubahmu menjadi seorang YouTuber sukses:

1. Tetapkan definisi kesuksesanmu sebagai Youtuber

Banyak yang mendefinisikan kesuksesan adalah dengan meraih uang/materi sebanyak-banyaknya.  Misalnya saja, kita menghasilkan banyak uang tapi dengan melakukan pekerjaan yang tidak kita sukai, apakah kita menganggap itu sebagai sebuah kesuksesan walapun kamu terpuaskan?. Sukses bisa datang dalam berbagai cara, dan kembali lagi terserah kita mendefinisikan sebuah kesuksesan itu seperti apa. Jika kita mendefinisikan kesuksesan tetapi ada di luar Youtube, ya tentunya buat apa bikin chanel Youtube. Sekali lagi, tetaplah fokus untuk meningkatkan jumlah viewer, subscriber, dan mungkin hanya berupa keterlibatan dan interaksi saja di chanel Youtube kita. Sedangkan untuk hal selain itu anggaplah sebagai bonus.

2. Sasaran dan Konten harus Jelas dan Dikembangkan

YouTube adalah media terkumpulnya video. Ada banyak konten bagus, buruk ataupun yang sangat mengerikan. Mengembangkan konten adalah bagian yang menyenangkan, tetapi juga merupakan sebuah pekerjaan tersendiri. Di sini, harus ada keselarasan antara chanel dan konten kita. Bahkan jika jika bermodalkan diri sendiri dan kamera, kita harus tetap membangun sebuah ‘image” dan ‘brand’ tersendiri. Cara termudah untuk mengembangkan Chanel Youtube adalah menjadi diri sendiri.

Kita harus memutuskan jenis konten apa yang akan disajikan di chanel youtube kita. Cakupannya sangat luas mulai dari video tutorial, komedi, reviu produk dll. Setelah selesai memilih, kemudian berkomitmenlah untuk konsisten membuat video sesuai tema yang kita pilih sesuai ‘brand image’ yang ingin kita tampilkan. Berilah ruang gerak untuk membahas topik yang sedang ngetren saat ini. Jika headline berita maupun topik yang sesuai dengan tema chanel kita, jangan ragu untuk ikut membahasnya. Sangatlah penting untut tetap relevan dengan tema chanel Youtube kita. Bahkan jika jika kita melakukan kerjasama dengan Youtuber lain, itu memberi feedback yang sangat berarti dan menambah interaksi dengan audiens yang ada diluar jangkauan kita.

3. Petakan dan Rencanakan

Setelah membuat dan memiliki konten, jangan berhenti disitu saja. Buatlah rencana yang jelas tentang segala sesuatu di bisnis Youtube ini. Buatlah semacam rencana bisnis dan sesekali kembali untuk memastikan kita mematuhi standar yang tealh kita buat. Kita juga bisa membuat semacam daftar hal-hal yang diperlukan dalam pembuatan saluran YouTube, termasuk peralatan dan perlengkapan yang diperlukan untuk menghasilkan video berkualitas. Selain itu, cobalah mencari tahu siapa lagi yang akan terlibat dengan chanel kita. Intinya, buat jadwal posting serealistis  mungkin, kumpulkan topik untuk konten kita, dan pastikan patuhi tindakan ini dengan konsisten sebagai Youtuber.

4. Tepat Mempresentasikan Profil Chanel

Profil di YouTube haruslah lengkap. Karena media adalah sebuah visual, presentasi adalah kuncinya. Foto profil atau logo harus diatur di lokasi yang benar dan gambar banner chanel kita harus memiliki dimensi yang benar. Selain itu yang perlu dipikirkan adalah gaya thumbnail video kita. Pastikan gaya visual chanel kita senantiasa direproduksi secara konsisten dan relevan.

5. Pergunakan SEO

Menyiapkan Search Engine Optimization (SEO) dengan benar sangatlah penting. Selain membuat dan mengupload video, jangan lupakan yang satu ini. YouTube adalah mesin pencari yang sangat canggih, dan banyak orang menggunakannya untuk menemukan konten baru. Yang berarti bahwa, dengan memilih kata kunci atau keyword yang tepat, chanel Youtube kita bisa ditemukan, dilihat, dan dinikmati dengan mudahnya. Jika ingin membuat video yang serupa,amati secara detail tumbnail dan keyword yang dituliskan di video tersebut. Kemudian cobalah sedikit membuat variasi untuk melihat perbedaan apabila ada perubahan satu kata atau lebih. Teliti kata kunci yang ingin digunakan, tingkat popularitasnya, dan kata kunci yang digunakan oleh Youtuber pesaing.

6. Konsisten adalah Kunci

Kita harus konsisten untuk bisa meraih berbagai macam kesuksesan. Jangan berharap kesuksesan didapatkan secara instan. Cobalah untuk tahap demi tahap, selangkah demi selangkah untuk membuat video yang berkualitas. Apa pun jenis konten yang dibuat, usahakan konsisten terhadap waktu dan jenis konten. Buatlah jadwal saat merilis video dan cobalah untuk mematuhinya. Secara konsisten merilis video pada hari dan waktu yang sama tidak hanya memberi tahu audiens tentang kapan mereka dapat melihat video baru kita, tetapi juga memberi semcam jadwal bekerja yang teratur dan harus diataati. Konsistensi bukan hanya soal waktu, tetapi lebih memastikan konten yang stabil dan sesuai ‘brand/ atau ‘image’ yang ingin dibangun.

Jangan buat audiens bingung. Jika ingin bereksperimen dengan konten Anda, akan lebih bijaksana untuk memberi pemberitahuan kepada mereka terlebih dahulu.

7.  Langsung pada intinya

Tahukan kamu apa yang mutlak, sama sekali tidak perlu untuk ada di dalam video di YouTube? Penjelasan yang betele-tele yang lama yang seharusnya bisa diringkas menjadi beberapa detik saja. Ya…kebanyakan audien tidak punya waktu adanya perkenalan, pembukaan atau apalah yang semacamnya. Inti dari sebuah video ini adalah untuk “menunjukkan” sesuatu kepada audiens kita.

8.  Jangan takut berkompetisi dengan Youtuber lain

Saat menyajikan video ke audiens kita, Kita ingin dilihat memiliki pengetahuan tentang apa yang kita sampaikan. Jadi tetaplah up to date mengkuti info atau berita yang relevan dengan niche kita. Mengikuti berita dan kejadian terkini maupun melihat chanel tetangga memungkinkan kita membuat konten yang relevan dan segar untuk audiens. Dengan menonton video kompetitor kita, kita dapat melihat substansi dan pendapat yang disampaikan kompetitor sebelum kita membuat video sendiri. Buatlah video seunik mungkin dari sumber daya yang telah kita peroleh dan jadikan sebagai saluran “masuk” bagi seseorang yang ingin selalu mengikuti perkembangan topik tertentu.

Baca juga: Wow, Ternyata Segini Penghasilan Seorang Youtuber

9. Dekat dengan komunitas

Jika kesuksesan diukur berdasarkan jumlah subscriber, perlakuakn subscriber kita layaknya emas. Bahkan mungkin lebih dari sekedar menjawab dan menyukai komentar mereka. Memiliki manajemen tersendiri mungkin dapat menjadi jembatan kita dengan audiens kita. Lakukan siaran langsung untuk terlibat dengan komunitas kita secara instan, karena kita adalah tuan rumah. Video siaran langsung sekarang semakin populer, karena memungkinkan kita berinteraksi langsung dengan audiens atau komunitas kita. Selain itu menunjukkan presentasi yang lebih jujur, tanpa adanya persiapan. Metode ini dapat sebagai saran tanya jawab antara Youtuber dengan audiensnya. Dan juga kita dapat meminta audiens untuk menuliskan pertanyaan-pertanyaannya pad kolom komentar. Ingat dunia bukan hanya youtube, ada banyak media sosial lintas platform yang bisa kita memanfaatkan untuk menambah audiens baru. Hadir baik melalui siaran langsung mauapun kegiatan offair menunjukan kita selalu “tersedia” dan berkomitmen untuk komunitas kita.

Atta Halilintar

10. Integrasikan Youtube dengan Website pribadi

Saat konten utama kita hanya dibuat untuk YouTube, mungkin sulit mengupload video itu ke platform lain. Padahal kita dapat membagikan video di jejaring sosial lain, dan memang harus demikian. Keuntungan besar dari website video adalah kita sebagai pemilik segalanya di website kita. Pada dasarnya, kita tidak terbatas pada apa yang ditawarkan platform media sosial. Karena sebenarnya memiliki website kita dapat menggunakan semua manfaat YouTube tanpa batasan apa pun. Dengan Website video, kita dapat dengan mudah menyinkronkan saluran YouTube ke website kita.

Baca juga: 4 Langkah Optimalisasi Website

11. Maksimalkan Fitur Analytics

Setiap yang terbaik bisa melakukan hal yang dengan lebih baik lagi. YouTube menawarkan bagian analitik khusus untuk chanel kita sehingga kinerja video kita dapat diukur. Analytics membuat kita mendapatkan wawasan tentang orang-orang yang menonton video kita, yang memungkinkan juga untuk mempelajari demografis target audien lebih jauh. Selain itu dapat memberikan ide atau jawaban mengapa satu video rating-nya lebih tinggi daripada video yang lain. Pada dasarnya, ini adalah alat yang sangat ampuh yang harus dimanfaatkan untuk chanel Youtube kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *